Career Tips

Tips Mengatur Waktu Agar Bekerja Lebih Produktif

Waktu merupaka hal yang paling berharga untuk para pekerja, tidak bisa mengatur waktu dengan baik maka akan membuat segala pekerjaan menjadi berantakan. Tips Mengatur Waktu Agar Bekerja Lebih Produktif ini akan membantu Anda untuk bisa lebih menghormati waktu dan bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Waktu selama bekerja harus dimanfaat sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan hal yang lebih maksimal ketika bekerja.

Tips Mengatur Waktu Agar Bekerja Lebih Produktif

Sponsored by: pemutih wajah

Apalagi jika Anda memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang tepat maka pengolahan dan manajemen waktu sangat dibuthkan. Dengan mengatur waktu yang baik juga akan membuat Anda bisa lebih santai dalam bekerja. Tidak perlu membuang waktu seharian penuh namun dengan bekerja yang cerdas dengan melakukan pengaturan waktu yang baik maka akan membuat Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari setiap pekerjaan  yang Anda dapatkan. Karir yang semakin melejit dan juga hasil yang maksimal akan menjadi satu hal penting yang pasti akan Anda dapatkan.

  1. Buat To-Do List

Dalam bekerja Anda juga butuh rencana untuk bisa melakukan pekerjaan dengan lebih baik lagi. Tanpa rencana maka segala pekerjaan justru tidak akan tertangani dengan baik dan Anda tidak akan mendaptakan hasil yang maksimal dari pekerjaan Anda. Anda akan bingung ketika harus mengerjakan pekerjaan, Anda akan bingung manakah yang harus Anda lakukan lebih dulu dan manakah yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Untuk menghindari hal tersebut maka yang harus Anda lakukan adalah selalu menuliskan tentang apa saja yang akan Anda kerjakan di esok harinya. Dengan daftar to-do list ini Anda akan lebih tertata dan lebih mudah untuk menyelesaikan satu persatu tugas atau pekerjaan yang akan Anda lakukan.

  1. Buat Daftar Tugas Mingguan

Saat ada begitu banyak tugas yang harus dilakukan dalam waktu seminggu kedepan maka Anda juga bisa membuat list apa yang akan Anda lakukan dalam waktu seminggu. Weekly task list  ini juga akan membuat setiap pekerjaan Anda dari hari kehari menjadi lebih baik. Anda pun juga akan lebih semangat untuk melakukan setiap pekerjaan karena Anda akan mencapai satu demi satu list yang sudah Anda buat. Paling tidak dalam menulis list mingguan Anda setidaknya menulis maksimal 10 pekerjaan paling penting. Sebab, jika hanya kebanyakan tugas justru akan membuat Anda menjadi tidak bisa berkonsentrasi dan merasa terbebani saja.

  1. Satu Tugas Dalam Satu Waktu

Memiliki ide untuk bisa melakukan 2 hingga 3 tugas dalam satu waktu hanya akan menjadi satu ide tak berguna. Ide ini sama sekali tidak akan membantu Anda untuk bisa menyelesaikan segala tugas dengan baik tetapi justru akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih kacau. Apalagi jika Anda sudah melakukan pekerjaan lain ketika satu pekerjaan saja belum selesai Anda lakukan. Anda harus memastikan jika satu pekerjaan sudah selesai kemudian Anda baru bisa untuk melaksanakan tugas selanjutnya. Cara ini jauh lebih efektif dan menjaga waktu untuk membuat Anda lebih produktif.

  1. Gunakan Teknik Pomodoro

Waktu biasanya juga akan kalah dengan rasa bosan, rasa kantuk ataupun hal lainnya yang bisa menggangu. Untuk menghindari hal ini, yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan teknik pomodoro. Dengan teknik ini Anda benar-benar bisa melakukan pekerjaan dengan baik karena Anda akan mendapatkan pembagian waktu yang sangat maksimal. Caranya adalah batas waktu Anda bekerja adalah 25 menit. Setelah 25 menit terlewati Anda bisa menggunakannya untuk beristirahat selama 5 menit. Istirahat seperti hanya berbaring di sofa, pergi ke toilet atuapun membuat minuman. Kemudian ulangi hal ini hingga 25 menit x 4. Jika sudah melewati 4×25 menit maka Anda bisa mengambil waktu 30 menit untuk istirahat. Cara ini tidak akan membuat Anda bosan dan merasa kelelahan.

  1. Buang Pikiran ‘Selalu Ada Waktu’

Mengolor-ngolor waktu juga bukan hal yang baik untuk diterapkan dalam pekerjaan. Buang jauh-jauh setiap pikiran yang menjurus pada ‘selalu ada waktu’ karena setiap Anda berpikir hal yang satu ini sebenarnya Anda sedang membuang-buang waktu. Satu kali saja Anda menunda maka yang akan terjadi justru Anda akan membuat pekerjaan Anda menjadi semakin menumpuk. Hasilnya Anda malah justru akan stress dan akan membuat pekerjaan tidak bisa untuk selesai tepat waktu.

  1. Hindari Menambah Jam Kerja

Menambah jam kerja juga bukan solusi yang baik untuk bisa mendapatkan waktu untuk bisa lebih produktif. Justru dengan menambah jam kerja nanti tubuh akan menjadi terasa sangat lelah dan otak juga akan semakin stress. Sebaiknya selalu manfaatkan jam kerja yang sudah disediakan dengan baik dibandingkan harus menambah jam kerja.

  1. Prioritaskan Pekerjaan

Susunan pekerjaan yang akan Anda kerjakan terlebih dahulu juga menjadi hal yang sangat penting. Mengerjakan pekerjaan yang lebih prioritas akan membuat Anda bisa mendapatkan waktu kerja yang lebih bak lagi. Jangan sampai tugas yang lebih prioritas malah akan dikerjakan di akhir karena pasti waktu yang Anda miliki akan terbuang untuk pekerjaan yang lainya.

Berbagai cara diatas bisa menjadi satu cara jitu untuk mengatur waktu hingga mendapatkan hasil kerja yang jauh lebih produktif. Dalam dunia kerja produktifitas kerja sangat dibutuhkan untuk bisa mendapatkan karir yang lebih baik. Semakin baik produktifitas kerja maka akan semakin baik nilai yang diberikan oleh atasan. Sudah saatnya untuk mengatur waktu menjadi lebih baik dan dapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top