Tips & Trik Parent

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak

Salah satu permasalahan yang sering menghampiri anak ketika tidak mendapatkan cairan yang cukup adalah masalah pencernaan terutama masalah sembelit. Diperlukan Tips Mengatasi Sembelit pada Anak yang tepat supaya bisa membuat anak menjadi lebih sehat dan segera teratasi masalah sembelit. Sembelit jika dibiarkan akan menyebabkan berbagai permasalahan yang tentunya akan mengganggu pada anak. Sembelit yang tidak juga diatasi justru akan membuat anak mendapatkan virus yang menyebar pada sistem pencernaan.

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak

Sponsored by: cream perawatan wajah

Ada beberapa penyebab yang menjadi penyebab kenapa anak kemudian mengalami sembelit. Seperti misalnya karena pola makan yang tidak baik pada anak, anak yang kuran gmendapatkan asupan air karena kurang minum dan juga bisa juga terjadi karena anak kurang mendapatkan serat yang cukup. Anak yang mengalami kesulitan untuk BAB juga memiliki berbagai ciri yang bisa diwaspadi oleh para orang tua. Anak yang sudah mulai terkena kesusahan untuk melakukan BAB akan mengalami BAB yang menjadi jarang bahkan bisa sampai dengan jangka waktu tiga kali sehari, sekalinya ia melakukan BAB yang ia keluarkan adalah tinja yang keras dan ia pun mengalami kesulitan ketika melakukan BAB. Untuk mengatasinya maka ikuti berbagai cara berikut ini.

  1. Pastikan Terlebih Dahulu

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak 1

Sebelum memulai melakukan berbagai cara untuk meredakan sembelit, hal yang harus dilakukan adalah dengan memastikan terlebih dahulu apakah anak benar-benar mengalami sembelit ataukah tidak. Ciri-ciri orang sembelit harus dilengkapi dengan betul baru dipastikan jika anak memang sedang mengalami sembelit, namun jika anak hanya mengalami rewel bisa juga disebabkan karena hal lain. Jika memang sudh dipastikan jika anak mengalami sembelit maka selanjutnya tinggal melakukan langkah-langkah pengobatan berikutnya.

  1. Perhatikan Konsumsi Air Putih

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak 2

Hal yang menyebabkan  anak menjadi mengalami sembelit adalah karena anak kurang mendapatkan asupan air yang cukup terutama untuk air putihnya. Air putih pada anak harus dilengkapi dan harus dikonsumsi dengan jumlah yang cukup. Jika tubuh anak kurang mendapatkan asupan air putih maka akan membuat anak tidak bisa melakukan proses pencernaan dengan baik. Selain itu pada bagian kotoran anak juga akan mengeras dan bisa menyebabkan sakit ketika akan dikeluarkan karena kekurangan cairan pada anak.

  1. Anak Jangan Sampai Menahan BAB

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak 3

Anak yang terlalu sering menahan untuk buang air besar akan mendapatkan infeksi pada bagian pencernaan. Jika terlalu lama menahan rasa BAB kemudian bagian pencernaan anak akan mengalami pengerasan dan juga pada bagian tinja juga akan menjadi sangat kering hingga BAB menjadi keras. Hal ini jika diterus-teruskan akan membuat anak menjadi kurang mendapatkan pencernaan yang kurang bagus. Bahkan, jika terus dipaksakan hingga anak bisa melakukan buang air besar malah justru akan melukai bagian anus dari anak.

  1. Berikan Obat Pencahar Alami

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak 4

Hal lain yang bisa membuat anak bisa lebih lancar untuk mengatasi sembelitnya adalah dengan memberikan obat pencahar alami. Sebaiknya berikan obat pencahar yang alami dibandingkan dengan membelinya di apotik atau obat kimia sebab ditakutkan akan membuat anak merasakan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan anak. Obat untuk pencahar alami yang ampuh untuk mengalami sembelit anak adalah buah plum. Caranya adalah dengan mencampurkan buah plum dan juga air panas kemudian diamkan dahulu semalam penuh. Setelah itu berikan pada anak satu sendok kepada anak.

  1. Ajak Anak Berolahraga

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak 5

Sembelit yang dirasakan anak sebenarnya juga bisa diatasi dengan baik. Caranya adalah dengan melakukan olahraga lebih rajin untuk membuat usus menjadi lebih aktif bergerak. Bukan olahraga yang berat yang perlu dilakukan pada anak, melainkan ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh anak yang merupakan olahraga ringan. Olahrga seperti lari pagi, jogging dan bersepeda akan menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan namun bisa menyehatkan untuk anak.

  1. Berikan ASI Eksklusif

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak 6

Jika anak masih dalam usia dibawah 8 bulan atau masih berusia bayi dan membutuhkan ASI eksklusif maka sebaiknya untuk ibu  memberikan ASI eksklusif hingga dirasa anak sudah bisa mengkonsumsi susu formula. ASI merupakan konsumsi bayi yang paling penting untuk anak. ASI memiliki kandungan nutrisi, protein hingga lemak baik yang terkandung akan sangat baik untuk menjaga kesehatan bagi anak. Sistem pencernaan pada bayi pun akan lebih terjaga dengan adanya konsumsi ini sehingga bisa membuat anak menjadi lebih sehat.

  1. Makanan Mengandung Serat

Tips Mengatasi Sembelit pada Anak 7

Makanan yang sangat penting untuk anak adalah makanan yang mengandung serat yang tinggi. Serat ini akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik sehingga proses BAB akan lebih lancar dan anak tidak akan mengalami sembelit. Makanan yang mengandung serat yang cukup seperti buah-buahan, sayuran dan berbagai jenis makanan lainnya. Dengan memberikan makanan ini maka akan membuat anak bisa lebih sehat dan bisa melakukan pembuangan sisa makanan dengan lebih lancar lagi.

Cara-cara diatas tentu harus menjadi cara yang wajib untuk diperhatikan. Apalagi bagi anak yang saat ini sedang mulai menjalani latihan ibadah puasa yang pastinya harus bisa mencukupi kebutuhan anak dengan baik. Tanpa makanan dan asupan air yang cukup tentu akan membuat anak akan mengalami kesulitan bahkan untuk bisa BAB secara lancar setiap hari pun tidak bisa. Dengan cara-cara diatas maka anak pun bisa lebih sehat dan mampu menjalani ibadah puasa dengan lebih baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top