Olahraga

Tips Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga

Tips Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga

Saat berlari ataupun jogging, kadang kita sering mengeluh rasa sakit pada daerah perut bagian kiri atau kanan bawah. Jika hal tersebut sering terjadi saat olahraga, tentu akan membuat tubuh tidak nyaman dan membuat jadwal olahraga jadi terganggu. Sangat disayangkan bila perut tiba-tiba sakit atau kram saat sedang berlari. Oleh sebabnya, ada alasan mengapa perut bisa sakit dan tips mengatasi keram perut saat olahraga.

Sponsor: perawatan wajah

Menurut penjelasan medis, timbulnya rasa sakit atau kram di perut selama olahraga dapat terjadi karena tubuh kekurangan suplai oksigen atau bisa karena hilangnya cairan dalam tubuh (dehidrasi). Tubuh juga kekurangan zat pottasium dan elektorit sebab selama berolahraga tubuh lebih aktif memproduksi keringat sehingga elektrolit tubuh juga akan berkurang. Sakit perut biasanya sering terjadi pada daerah bawah tulang rusuk akibat kurangnya aliran darah menuju diagfarma. Hal tersebut muncul sebab darah hanya tersalurkan ke bagian otot-otot kaki, dan akan reda saat Anda menurunkan intensitas olahraga. Untuk membantunya, pastikan meminum cukup air putih sebelum berolahraga dan kendalikan pernafasan.

Penyebab dan cara mencegah sakit perut saat berlari:

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut terasa sakit saat berlari atau jogging. Selain yang sudah disebutkan diatas, perut terasa sakit bisa disebabkan oleh:

  1. Tubuh kekurangan pasokan oksigen. Tidak tepatnya teknik mengontrol pernafasan bisa menimbulkan sakit pada diafragma perut. Ditambah lagi terjadinya sakit pada otot dapat menjalar ke tempat lain terutama perut bagian bawah.
  2. Kram perut. Kram perut bisa muncul akibat kurangnya pemanasaan saat perut dalam keadaan kenyang atau mengkonsumsi makanan berat saat akan berlari.
  3. Masalah pada usus besar dan kandung kemih. Saat organ tubuh seperti usus besar, kandung kemih dan otot panggul sedang terganggu, maka akan berdampak pada timbulnya rasa sakit pada perut saat berlari.
  4. Dehidrasi. Seperti yang telah disebutkan diatas, sakit perut dapat terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan cairan dalam tubuh atau tubuh sedang kekurangan asupan air minum. Sebaiknya mengkonsumsi air putih secukupnya sebelum atau selama berolahraga.
  5. Tidak melakukan pemanasa. Hal utama sebelum melakukan lari adalah pemanasan. Disamping itu, pemanasan juga dapat membantu mencegah terjadinya sakit pada daerah perut. Cara tersebut sangat penting untuk tubuh dapat mempersiapkan diri sebelum olahraga dan menghindari cedera atau kram.
  6. Berbicara saat berlari. Jika tidak penting sebaiknya hindari bicara saat sedang berlari. Hal tersebut dapat memunculkan nyeri atau sakit pada perut. Saat bicara selama berlari maka udara akan masuk ke dalam perut dan menimbulkan rasa sakit.
  7. Selesai makan dan minum. Sebaiknya, tidak berlari ketika baru saja selesai makan dan minum karena pada saat lambung telah terisi, maka lambung akan memproses makanan dan minuman
15
71%
like
4
19%
love
1
4%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
4%
angry

Comments

comments

To Top