Motivation

Tips Mengatasi Kecemasan Di Awal Kerja

Orang yang baru lulus dari pendidikan, pasti akan mulai mencari pekerjaan untuk masa depannya. Setelah seseorang yakin diterima kerja, pasti ia akan berada di lingkungan kerja yang baru. Masalahnya, kecemasan terkadang muncul secara tiba-tiba, dan membuat pikiran jadi tidak tenang. Perasaan takut, was-was atau tidak percaya diri juga tak luput. Kecemasan di awal bekerja memang biasa terjadi, tetapi bagi orang yang sudah biasa maka masalah tersebut mudah diatasi. Untuk mengembalikan semangat dan motivasi kerja Anda, berikut tips mengatasi kecemasan di awal  kerja yang tak boleh Anda lupakan.

Tips Mengatasi Kecemasan Di Awal Kerja

Sponsor: cream pemutih wajah

1. Bersikap dan berpikiran positif

Sikap dan fikiran positif bisa dimulai sejak Anda ingin berangkat kerja. Pikiran positif adalah energi yang terus tumbuh bila Anda lakukan sepanjang hari. Jangan mudah berfikir cemas sebelum berada di lingkungan kerja. Ladahal, masalah yang anda cemaskan belum tentu akan terjadi. Untuk mengatasinya, hadapi dengan sikap tenang, sambil terus berpikir positif. Pikirkan hal-hal positif tentang orang-orang yang akan ditemui, tentang atasan, atau tentang tugas yang nanti akan Anda dapatkan. Sebaliknya, berfikir negatif justru akan mudah membuat hati tidak nyaman dan prasangka buruk pada orang lain juga akan mudah mempengaruhi hubungan sosial. Yakinlah bahwa hari pertama Anda kerja, adalah kesempatan baru memulai masa depan yang indah.

2. Pelajari hal-hal yang membuat Anda  cemas

Adalah hal yang lebih positif untuk mengatasi kecemasan di awal kerja. Anda harus yakin, dan bijak dalam mengenal dan mempelajari sesuatu dimana hal tersebut dapat memicu timbulnya perasaan cemas. Anda harus melakukan tindakan penyelesaiannya agar terjauh dari situasi kerja yang jauh berbeda dengan situasi biasa yang selalj Anda hadapi sepanjang hari. Tapi yang terpenting adalah tahu bagaimana cara mengatasi kecemasan berlebih saat yang akan pertama kali masuk di dunia kerja baru  Anda. Anda bisa melihat apa saja hal yang memancing kecemasan probadi. Pecahkan dan cari solusi terbaiknya.

3. Jangan segan bertanya

Jika kita berharap mendapatkan sesuatu yang berguna saat bekerja nanti, maka jangan sungkan untuk bertanya. Pastikan Anda mengetahui dan memahami segala sesuatu yang bersangkutan dengan pekerjaan Anda di kantor. Seorang tidak akan mendapatkan kesempatan untuk memahami semua system atau prosedir kerja. Pekerja baru akan membutuhkan waktu dan proses cukup lama agar mereka siap diberi tanggung jawab lebih. Oleh karena itu, mintalah bantuan pada senior atau rekan kerja lainnya bila Anda mengalamk kendala selama menyelesaikan tugas. Dan di awal masa kerja adalah  waktu yabg tepat untuk bertanya banyak kepada atasan dan rekan kerja. Semua pihak pasti akan mau memberikan masukan dan arahan kepada setiap pekerja baru.

4. Perluas pengetahuan teknis

Ketika Anda mendapat kesempatan untuk bertanya banyak, maka jangan malas untuk mempelajari hal yang berhubungan dengan pekerjaan beserta teknisnya. Mempelajari lebih dalam system dan prosedur kerja di perusahaan, akan membantu Anda menyelesaikan tugas dengan benar. Dengan mempelajari lebih dalam  teknik perusahaan, maka sangat mudah untuk Anda mendapat lebih banyak pengetahuan, menguasi pekerjaan dan mengajarkan Anda bekerja lebih mandiri.

5. Bina relasi dengan semua pihak

Jika Anda ingin disukai oleh lingkungan kerja, maka bergaulah dengan banyak orang didalamnya termasuk atasan dan rekan kerja. Anda bisa temui semua tekan kerja satu persatu dan hindari bergaul dengan beberapa rekan saja atau memihak pada satu kelompok tertentu. Buatlah relasi lebih banyak dan kuat kepada semua rekan agar hubungan Anda jauh dari konflik dan ketidak sukaan.

6. Hindari konflik

Sikap dan perilaku manusia yang berbeda, kadang bisa memicu terjadinya konflik pribadi.  Sama juga dengan orang-orang yang berada di tempat kerja, pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Untuk mengatasi resiko terjadinya konflik, maka tempatkan diri Anda diantara mereka, dan rebut perhatian mereka dalam sikal baik yang Anda tunjukan. Bila ada perbedaan besar yang terjadi, baik didalam jam kerja atau di luar jam kerja, maka berusahalah untuk tidak terjebak pada konflik dan buatlah kondisi kerja tetap kondusif.

7. Ikhlas dalam bekerja

Jobdes pekerjaan kadang ringan namum kadang berat. Bila pekerjaan berat selalu hadir sepanjang hari, maka butuh keiklasan besar untuk menyelesaikannya. Mendapatkan kerja lembur, kadang membuat Anda lelah namun juga menambah penghasilan. Tapi yang penting adalah melakukan pekerjaan harus dengan hati tulus dan ikhlas, sehingga semua pekerjaan yang didapat bisa  dilakukan dengan mudah. Jadikan setiap pekerjaan berat Anda sebagai sebuah tantangan dan bukan beban.

8. Introspeksi dan menyenangkan diri

Baik kelebihan ataupun kekurangan Anda bisa dijadikan introspeksi agar tetap menjadi pribadi yang baik. Ketika Anda berbuat salah, buat hal itu sebagai pembelajaran hidup untuk memperbaiki diri. Karena belajar dari kesalahan adalah bentuk instropeksi diri paling berharga. Sementara bila Anda merasa tertekan dengan penyesalan yang dilakukan, maka buatlah diri Anda senyaman mungkin dengan hal-hal baru. Jangan terlalu pusing memikirkan kesalahan yang sudah berlalu. Buatlah kesenangan Anda sendiri dan jangan terlalu berharap  pada orang lain. Suasana menyenangkan yang Anda buat akan menghindarkan Anda dari perasaan bersalah dan frustasi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top