Career Tips

Tips Mengatasi Bosan Saat Bekerja

Saat bekerja terlalu keras dan giat, pasti Anda pernah merasakan rasa penat yang luar biasa ditengah-tengah pekerjaan tersebut. Memang pekerjaan pasti akan sangat menyita perhatian dan juga energi Anda sehingga jika terus berlama-lamaan akan membuat diri Anda merasa penat dan bosan. Bekerja dengan frekuensi yang terlalu keras dan begitu-begitu saja pasti akan membuat otak Anda menjadi sangat jenuh dan lelah. Ketika dihadapkan dengan kondisi seperti ini, berarti Anda membutuhkan Tips Mengatasi Bosan Saat Bekerja untuk membuat Anda bisa kembali fresh dan siap untuk bekerja lagi.

Tips Mengatasi Bosan Saat Bekerja

Sponsored by: cream pemutih wajah

Rasa lelah dan bosan bisa saja sangat menganggu produktifitas Anda dalam bekerja. Bahkan, jika terus dibiarkan dan hanya memelihara rasa bosan tanpa diatasi akan membuat karir Anda menjadi terancam. Rasa bosan bisa menyebabkan rasa lelah yang tidak tertahankan dan nantinya akan sangat merugikan bagi diri Anda.

1. Gunakan Waktu Makan Siang Dengan Baik

Saat istirahat makan siang, hal ini bisa Anda gunakan sebagai waktu terbaik untuk membuat Anda kembali segar dan membuat Anda terhindar dari rasa bosan saat bekerja. Ketika jam makan siang tiba, jauhkan dan hentikan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Kemudian manfaatkan dengan sangat baik waktu luang yang Anda miliki pada saat Anda istirahat tersebut. Anda bisa memanfaatkan untuk berkumpul bersama teman kantor ataupun melkaukan hal ringan yang semestinya bisa membuat Anda segar dan mendapatkan pasokan energi untuk memulai lagi pekerjaan Anda setelah makan siang.

2. Terapi Musik

Pasti Anda memiliki satu lagu yang menjadi penyemangat untuk Anda. Jika belum memiliki lagu penyemangat Anda bisa mendengarkan lagu dengan bit yang bersemangat. Dengarkan lagu-lagu sepeti ini ketika Anda merasa bosan dan jenuh dalam bekerja. Anda bisa mendengarkan sembari bekerja yang akan membuat Anda tidak terasa dan bisa menyelesaikan tugas kerja Anda dengan cepat. Jika hal ini tetap saja membuat Anda bosan, sempatkan diri sejenak untuk menikmati terapi musik dengan cara mendengarkan musik kesukaan Anda tersebut dengan kondisi yang rileks. Cara ini akan sangat membantu untuk menjauhkan Anda dari perasaan penat dan bosan dalam bekerja.

3. Jalan-jalan Berkeliling

Berada didepan laptop seharian penuh dan dengan posisi duduk secara terus menerus memang akan sangat membosankan jika dilakukan tanpa jeda sedikitpun. Anda bisa mengatasi kebosanan seperti ini dengan cara keluar dari meja kerja Anda ataupun keluar dari ruangan kantor Anda. Mencari udara segar sebentar dengan keluar dari kantor dan menghirup udara yang segar, memandangi taman yang menghijau bisa menjadi mood tersendiri dan penyegaran untuk tubuh Anda. Setelah mengisi mood dan sudah merasakan lebih segar, Anda bisa kembali untuk melakukan pekerjaan Anda tersebut.

4. Olahraga Ringan

Saat tubuh harus berdiam diri di posisi yang sama selama berjam-jam tentu akan membuat tubuh merasa pegal dan membuat badan menjadi sangat kaku. Ketika tubuh sudah berada dalam posisi yang pegal dan kaku, hal ini juga bisa memicu rasa bosan yang luar biasa menyebalkan karena badan dirasa sudah tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk membuat gerakan kecil dan ringan dalam jangka waktu 2 jam sekali. Bukan gerakan olahraga yang berat karena Anda berada di kantor dan bukan di gym. Tetapi pilihlah olarhaga yang bisa meregangkan otot, membuat kepala tidak pegal dan juga membuat badan kembali nyaman. Gerakan seperti berjalan, meregangkan tubuh, menggelengkan kepala dan berbagai gerakan sederhana lainnya bisa menjadi cara terbaik untuk menjauhkan Anda dari rasa bosan.

5. Tata Ulang Ruang Kerja

Rasa bosan yang bisa saja Anda rasakan bahkan setiap hari bisa Anda atasi secara total dengan merubah tempat kerja ataupun meja kerja Anda. Memberikan pembaharuan pada setiap sudut ataupun menata ulang ruang dan tempat kerja Anda pastinya akan membuat suasana baru dan membuat pikiran Anda kembali fresh. Usahakan untuk membuat ruangan tetap dalam kondisi yang bersih dan jauhkan dari serakan dan tumpukan kertas, buku ataupun berbagai hal yang membuat meja dan ruangan akan terlihat sumpek. Anda juga bisa mendapatkan mood tambahan setiap hari ketika meja Anda dihadapkan ke matahari sehingga membuat anda tambahan sinar alami yang bisa menjadi pembangkit semangat.

6. Lakukan Relaksasi

Bisa saja rasa bosan yang melanda pada saat Anda bekerja dikarenakan Anda terlalu berat dalam memikir beban dan juga deadline dari pekerjaan Anda. Tak perlu terus untuk dipikirkan terlalu berat dan terus menerus dimana hanya akan menimbulkan beban pikiran semakin tinggi dan berat, tetapi akan lebih membantu jika Anda mengambil aktu untuk merelaksasikan diri dan tubuh Anda. Caranya adalah dengan melemaskan otot-otot yang ada pada tubuh seperti muka, lengan, leher, bahu, dada, lambung hingga kaki. Tegangkan setiap bagian otot ini paling tidak selama 5-7 detik kemudian lemaskan dalam jangka waktu 12-15 detik. Cara ini akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mood kerja anda akan kembali.

Rasa bosan memang tidak bisa dihindari dengan mudah. Apalagi jika rasa bosan ini bersamaan dengan deadline kerja yang begitu banyak dan tanggung jawab kerja yang sangat banyak setiap harinya. Untuk membuat Anda bisa terus bekerja dan mengatasi rasa bosan ini, berbagai tips diatas akan mengatasinya dengan sangat baik. Anda pun bisa bekerja dengan lebih produktif dan membuat karir Anda terus meningkat setiap saat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top