Tips & Trik Parent

Tips Mengatasi Belekan pada Anak

Saat musim angin berhembus dengan kencang dan menerbangkan debu kesegala arah tentunya bisa membuat anak mendapatkan satu masalah pada mata yaitu berupa belekan. Penyakit yang satu ini hampir sama dengan iritasi mata hanya saja belekan memiliki efek yang lebih buruk yaitu membuat mata menjadi sangat lengket dan membuat anak tidak bisa membuka mata dengan sempurna. Hal ini juga diikuti dengan rasa pegal pada mata yang  sangat menganggu dan membuat anak menjadi sangat rewel dan terganggu, berbagai aktifitasnya bahkan mungkin harus dihentikan sementara waktu karena harus istirahat total diatas tempat tidurnya. Jika hal ini sudah dirasakan oleh anak, maka tentunya mama perlu untuk memiliki tips mengatasi belekan pada anak yang benar dan juga tepat.

tips mengatasi belekan pada anak

Sponsored by: perawatan wajah

Berbagai tips berikut ini tentu menjadi tips yang harus mama lakukan untuk membuat anak kembali sehat tanpa iritasi pada mata, sehingga anak dapat kembali melakukan berbagai aktivitsnya seperti semula.

1. Perhatikan Kondisi Mata Anak

Pertama kali yang harus anda lakukan untuk mengatasi anak yang mengalami belekan adalah perhatikan kondisi mata pada anak apakah masih normal ataukah tidak. Mama tidak perlu panik lebih dulu ketika anak mengalami iritasi atau belekan dan tidak perlu untuk melakukan berbagai hal yang sekiranya memang tidak dibutuhkan. Dengan memperhatikan terlebih dahulu tentang kondisi mata anak tentunya akan membuat mama bisa melakukan cara penanganannya yang tepat untuk mengatasi belekan pada anak.

 Jika memang anak tidak mengalami belekan yang parah dan hanya pada sebagian mata saja maka yang perlu mama lakukan hanyalah dengan membersihkan mata pada anak. Cara membersihkannya dengan menggunakan kain kapas dan air hangat kemudian arahkan pada bagian mata anak secara perlahan. Namun jika kondisi mata anak sudah mengalami kondisi belekan yang sudah parah dengan artian mata mengalami belekan hingga lengket maka kapas dan juga air hangat tersebut digunakan untuk mengompres mata yang mengalami iritasi tersebut. Hal ini akan membuat kotoran yang ada pada mata bisa diatasi dan mudah untuk dibersihkan.

2. Jangan Gunakan Obat Tetes

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah jangan sampai mama langsung mencari dan menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi belekan yang dialami oleh anak. Apalagi jika anak masih dibawah usia 5 tahun dimana obat tetes mata masih menjadi obat keras dan sangat berbahaya untuk digunakan pada anak-anak. Cobalah untuk menggunakan cara mengompres seperti yang dilakukan diatas. Namun, jika memang cara pertama tidak bisa dilakukan dan tetap membuat anak dalam kondisi yang kurang sehat serta tidak menunjukan kondisi yang membaik maka sebaiknya Mama segera membawa anak ke dokter terlebih dahulu.

3. Perhatikan Ketika Mata Menjadi Kemerahan

Sangat penting bagi mama untuk terus memperhatikan kondisi mata pada anak terutama jika mata sudah mengalami kemerahan. Mata yang kemerahan ini bisa menjadi satu tanda jika mata anak mengalami infeksi dan mengalami kondisi yang kurang bagus yang disebabkan oleh debu ataupun penyebab lainnya. Jika hal ini sudah terjadi jangan langsung untuk memberikan obat pada anak. Ada baiknya untuk memeriksakan mata anak ke dokter.

Namun jika memang anak belum mengalami iritasi yang terlau parah mama bisa melakukan cara dengan membuka penyumbatan yang terjadi pada mata anak. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencuci tangan mama terlebih dahulu kemudian pijatlah bagian pangkal hidung bayi dimana pada bagian itulah terdapat saluran air mata yang berguna untuk membuka penyumbatan saluran. Anda bisa melakukan hal  ini paling tidak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Namun jika hal ini masih belum bisa meredakan kemerahan pada mata anak maka baiknya untuk membawa anak ke dokter.

4. Periksakan Ke Dokter

Jika kondisi anak tidak membaik dalam hitungan 3 hari maka mama sangat dianjurkan untuk membawa anak ke dokter Mata. Mata anak yang mengalami iritasi atau belekan dengan hitungan tiga hari sudah menunjukan jika kondisi anak memang sedang tidak baik. Oleh karena itu, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar kondisi anak segera membaik dan tidak mengalami iritasi kembali.

Berbagai tips mengatasi belekan pada anak diatas tentunya bisa menjadi salah satu cara yang paling ampuh dan bagus untuk mama dalam mengatasi penyakit iritasi pada mata anak, dengan mempelajari tips-tips di atas akan membuat mama terampil dan pintar dalam mengatasi masalah kesehatan mata pada anak, dengan demikian mata anak pun akan selalu terjaga dengan baik. dan dengan demikian secara otomatis pun di saat penyakit mata dialami oleh anak maka mama dapat langsung mengambil tindakan untuk mengatasinya dan segera membuat mata anak kembali sehat lagi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top