Tips & Trik Parent

Tips Mengajari Anak Berbicara Sopan

Mengajari anak untuk berbicara dengan sopan sejak kecil tentu saja merupakan salah satu kewajiban orang tua yang harus dilakukan. Ya, tentu semua orang tua ingin memiliki anak yang pandai menjaga gaya bicaranya. Di era yang sekarang ini, kita sering melihat bagaimana anak-anak kecil sudah mengenal beberapa kata yang tidak sopan dan enteng saja untuk menggunakannya saat bermain dengan temannya atau bahkan saat berbicara dengan Anda, sebagai orang tuanya sendiri. Tentu saja fakta ini merupakan fakta yang menyedihkan dan harus menjadi tantangan yang baru bagi Anda dalam mendidik anak Anda menjadi pribadi yang lebih menyenangkan dan menjunjung tinggi sopan santun. Nah, berikut kita akan membahas beberapa tips mengajari anak agar bericara sopan yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah sejak anak Anda masih kecil. Simak beberapa ulasan berikut ini.

Tips Mengajari Anak Berbicara Sopan.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Mengenalkan kata-kata sopan

Tidak dipungkiri bahwa salah satu cara agar anak bisa berbicara dengan sopan setiap hari sebagaimana yang Anda inginkan adalah dengan mengenalkan beragam kata-kata yang sopan kepadanya. Harus disadari bahwa anak terlahir di dunia tentu dengan pengetahuan yang sangat minim dan tidak mengetahui hal di sekitarnya sama sekali. Hal inilah yang membuat peran orang tua menjadi sangat besar karena menjadi pondasi kepribadian anak Anda. Dengan begini, usahakanlah untuk mengenalkan kata-kata yang sopan pada anak Anda sejak dini. Kata-kata sopan yang Anda kenalkan tentu dapat mengendap dengan sangat baik di neuron otak Anda dan akan menjadi pengetahuan yang baru bagi anak Anda. Dengan proses yang terus menerus, tentu saja hal ini bisa menjadi kebiasaan dan membuat anak Anda bisa berbicara sopan dengan lancar setiap hari.

  1. Saling menghormati

Sikap saling menghormati antara anak dengan orang tua juga merupakan faktor penting yang harus Anda biasakan sejak dini. Sikap saling menghormati ini tentu saja memiliki peran yang sangat besar untuk mengajari anak Anda berbicara dengan sopan dan baik sejak ia masih kecil. Terkadang anak tidak sadar berkata kasar ketika ia sedang merasa kecewa atau marah. Nah, lantas apa yang bisa menyebabkan anak mengekspresikan kemarahan dan kekecewaannya dengan cara ini? Bisa saja anak meniru sikap Anda saat marah. Coba instropeksi diri, apakah kita pernah memarahi anak kita dengan mengucapkan kata-kata yang cenderung kasar? Jika ya, maka kita tentu sudah melakukan sebuah kesalahan dan harus segera diperbaiki.

  1. Kontrol lingkungan anak

Tentu kita menyadari bahwa kondisi lingkungan memiliki peran yang sangat besar terhadap perkembangan anak. Dewasa ini, tentu kita akan merasa sedikit miris dengan fakta lingkungan yang ada karena banyaknya hal yang sudah melenceng dari norma masyarakat yang dapat memberikan dampak negative bagi anak. Dalam hal ini, salah satu cara untuk mengajari anak berbicara sopan sejak dini adalah dengan cara mengontrol lingkungan tempat anak bermain dan bersosialisasi. Pastikan jika anak bermain di lingkungan yang baik dan terjaga dari hal-hal negative. Jangan segan-segan untuk membatasi anak dalam bergaul. Menjaganya sejak dini dengan hanya membatasi pergaulan dengan anak-anak yang baik dan lingkungan yang baik pula tentu lebih ideal dibandingkan dengan membebaskan pergaulannya.

  1. Senantiasa mengingatkan anak

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan dalam usaha mengajari anak untuk senantiasa berbicara sopan adalah dengan senantiasa mengingatkannya. Ya, mengingatkan anak untuk selalu berbicara sopan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap hari. Pada dasarnya, anak memang selalu membutuhkan pendampingan setiap hari. Kita tentu tahu bahwa anak memiliki pengetahuan yang kurang dan sikap yang senantiasa berubah. Bisa saja di satu hari ia ingat tentang apa yang Anda ajari dan di hari yang lain, ia akan lupa. Hal ini wajar dan sebagai orang tua, tentu saja Anda harus senantiasa bersabar untuk mengingatkannya. Dengan terus diingatkan, tentu saja anak Anda akan menjadi lebih terbiasa untuk berbicara sopan setiap hari.

  1. Batasi menonton acara televisi

Dewasa ini, TV sudah menjadi salah satu hiburan murah, mudah nan menyenangkan yang bisa didapatkan oleh masyarakat setiap hari. Memang, TV menyediakan beragam acara yang tentu saja bisa menghibur Anda di waktu senggangg Anda. Namun, bagi Anda yang ingin mengajari anak Anda berbicara dengan sopan sejak dini, maka membatasi waktu anak untuk menonton TV adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kita tentu tahu bagaimana tayangan TV dewasa ini yang cenderung sangat bebas dan tentu kurang mendidik. Nah, hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi Anda. Tayangan TV secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kebiasaan dari anak Anda dalam pergaulan. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa mengontrol anak Anda saat menonton TV. Jangan sampai anak Anda yang masih harus belajar menjadi korban sinetron di TV.

Beberapa tips di atas dapat menjadi beberapa contoh yang cukup mudah yang bisa Anda lakukan dirumah setiap hari. Nah, tentu saja Anda tidak bisa mengajari anak Anda hanya dalam satu waktu. Perlu waktu yang cukup panjang untuk mengajari anak Anda agar hasil yang di peroleh juga lebih maksimal.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top