Tips & Trik Parent

Tips Menenangkan Bayi Menangis Histeris Untuk Ibu Muda

Bayi yang baru lahir dan masih masuk awal-awal bulan usianya, bayi biasanya akan terus mengalami situasi dimana ia menangis secara terus menerus. Bahkan pada saat malam hari sekalipun bayi akan terus menangis entah karena bayi sedang merasakan lapar, mimpi buruk ataupun gangguan pada saat malam hari. Bagi orangtua yang sudah berpengalaman memiliki anak lebih dari 2 orang anak pasti akan bisa mengatasi hal tersebut dengan baik, namun berbeda halnya jika yang mengalami bayi yang menangis histeris setiap malam adalah orang tua muda yang baru saja memiliki anak untuk pertama kali.

Sponsored: pemutih wajah

Tips Menenangkan Bayi yang Menangis Histeris Untuk Ibu Muda

Beragam cara pasti akan dicoba dan pasti juga akan mengalami kebingungan terlebih dahulu sebelum menemukan cara yang tepat. Tak jarang juga orang tua muda sering meminta bantuan ibu ataupun orang tuanya untuk merawat dan menjaga bayi pada saat malam hari. Namun tentu saja tidak mungkin bagi mereka untuk terus merepotkan orang tua dalam menjaga anak bayi mereka. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan bagi orang tua muda Tips Menenangkan Bayi Menangis Histeris. Cara ini adalah cara sederhana yang pasti bisa langsung untuk anda praktekkan.

  1. Tetap Tenang

Saat malam hari dan mendengarkan suara tangisan bayi tentu akan langsung menimbulkan rasa panik yang luar biasa apalagi bagi orangtua baru pasti akan langsung kebingungan akan apa yang harus dilakukan. Hal pertama yang sangat wajib untuk dilakukan ketika bayi menangis tanpa henti saat malam hari adalah tetap bersikap tenang namun tetap sigap. Rasa panic dan cemas merupakan rasa yang harus dibuang jauh-jauh sebab jika terus menghinggapi tentu malah justru akan memperburuk suasana. Tetap tenang dan lakukan beberapa sentuhan untuk bayi dengan terus mencari tahu sekiranya apa yang diinginkan oleh mereka. Mungkin untuk seminggu hingga dua minggu menjadi hal yang kurang biasa, namun setelah berjalan beberapa minggu pastinya orang tua tidak akan kaget dan mampu mengatasi lebih baik dan lebih tenang.

  1. Tenangkan Bayi

Ada banyak sekali penyebab kenapa bayi menangis tanpa henti pada saat malam hari. Bisa saja karena lapar ataupun juga karena mimpi buruk yang mereka alami. Menenangkan bayi dengan cara berbicara dengan halus, suara yang lembut dan bahkan orang tua juga bisa memberikan nyanyian-nyanyian ringan sembari kembali menidurkan si bayi akan sangat membantu untuk membuat bayi kembali tidur lagi. Jangan sampai mengatasi bayi yang sedang menangis dengan nada yang kesal sebab hal ini bisa saja membuat bayi menjadi tidak nyaman dan pastinya akan terus dan terus menangis.

  1. Menggendong Bayi

Meskipun terlihat sangat sederhana dan sangat umum, namun nyatanya menenangkan bayi dengan cara digendong adalah salah satu cara ampuh untuk menenangkan bayi yang terus menangis pada saat malam hari. Bayi yang tiba-tiba menangis bisa saja dikarenakan mereka mengalami mimpi buruk dimana membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak hingga terbangun dan rewel. Dengan menggendong dan mendekap si bayi, hal ini bisa memberikan rasa tenang dan juga rasa aman pada bayi. Namun dalam menggendong anda juga harus tetap dalam kondisi yang tenang dan jangan panic, sebab bayi memiliki kemampuan untuk membaca detak jantung anda dan jika anda dalam keadaan yang panic dan kesal maka tak mengherankan jika bayi juga akan tetap rewel dan bahkan tidak akan berhenti untuk menangis.

  1. Minta Bantuan Suami

Dalam mengurus anak terutama pada saat masih berusia bayi ada baiknya untuk dilakukan secara bersama-sama oleh istri dan suami. Selain untuk lebih meringankan beban sang ibu, dengan bantuan suami juga akan membuat anak menjadi lebih dekat dengan sosok seorang ayah. Meskipun ayah memang lebih sering untuk merasakan kelelahan pada saat malam hari namun tetap saja si ibu berhak untuk meminta bantuan dari ayah. Ibu bisa meminta dan membicarakan pembagian tugas kepada ayah untuk mendapatkan cara asuh dan merawat bayi yang tepat. Oleh karena itu dengan pembagian tugas yang benar pastinya akan membuat orang tua bisa mengasuh dan menangani bayi yang rewel dengan cepat dan efektif.

Bayi yang terus menangis pada saat malam hari memang bisa menjadi satu hal yang sangat lumrah yang dialami oleh bayi pada saat awal-awal usianya. Bagi orang tua muda yang baru saja memiliki anak untuk pertama kali bisa mengatasi hal tersebut dengan cara yang mudah. Dengan mempraktekkan beberapa tips dan trik diatas tentu akan sangat membantu orang tua untuk menangani bayi yang menangis dan pastinya membuat bayi akan kembali terkendali dan bisa tidur kembali dengan nyenyak. Dengan kualitas tidur yang baik pastinya akan membuat anak menajdi lebih sehat dan bisa bangun saat pagi hari dengan suasana hati yang riang dan sangat menyenangkan. Meskipun sangat merepotkan namun masa-masa inilah yang menjadi masa yang indah ketika memiliki anak pertama kali.

 

Baca juga: Tips Untuk Mengatasi Pertengkaran Kakak dan Adik

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top