Tips & Trik Parent

Tips Mendidik Anak Berani Tidur Sendiri

Salah satu kebiasaan yang seharusnya segera dilatih oleh orangtua pada anak adalah kebiasaan untuk anak bisa tidur sendiri. Menggunakan berbagai cara dan juga Tips Mendidik Anak Berani Tidur Sendiri seperti berikut ini akan sangat membantu demi kelancaran anak isa lebih mandiri. Meskipun bukan masalah yang besar dan patut untuk diwaspadi namun jika hal ini benar-benar diamalkan maka akan membuat perkembangan anak menjadi lebih baik lagi.

Tips Mendidik Anak Berani Tidur Sendiri

Sponsored by: perawatan wajah

Ada berbagai hal yang mungkin kurang baik bagi dirasakan jika nanti anak beranjak besar. Anak yang terlalu terbiasa tidur bersama dengan orangtua atau tidak bisa tidur sendiri akan menjadi anak yang manja karena ia terbiasa untuk mendapatkan perlakukan baik bagi orang sekitarnya. Selain itu, dengan membiarkan ia terus untuk ditemani oleh orangtuanya juga akan membuat dirinya tumbuh menjadi anak yang kurang berani dan bahkan cenderung menjadikan dirinya menjadi sosok yang terlalu penakut. Oleh karena itulah, gunakan beragam tips berikut ini untuk membuat anak bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri.

1. Lakukan Ritual Khusus

Anak memang tidak bisa untuk langsung dilepas untuk tidur sendiri. Melainkan juga butuh bimbingan untuk membuat anak lama kelamaan bisa terbiasa untuk kemudian tidur sendiri. Oleh karena itulah sebelum anak mulai untuk melakukan istirahat dan tidur orang tua bisa menemani anak terlebih dahulu. Caranya adalah melakukan ritual khusus sebelum tidur seperti mengajak anak ke kamar kemudian ajak anak untuk membaca buku cerita. Hal ini akan membuat anak lebih rileks sehingga dirinya bisa lebih merasa aman dan tidak takut.

2. Bersabar

Untuk mengendalikan anak dan kemudian bisa membuatnya tidur sendiri tentu dibutuhkan cara tersendiri untuk membuat anak bisa mengikuti keinginan orangtua. Selalu bersabar saja kepada anak jika memang anak belum mau untuk dipisah dengan orang tuanya. Anak pasti akan membutuhkan waktu untuk kemudian bisa beradaptasi sehingga ia bisa tidur sendiri nantinya. Hanya saja, selalu berusahalah jika memang anak bisa untuk selalu diberikan pengarahan. Dengan bersabar melatih anak untuk tidur sendiri pun akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

3. Pilih Warna Kamar

Saat anak-anak Anda pun pasti juga senang jika kamar terlihat lebih cerah. Selain bisa membuat anak menjadi lebih nyaman dengan warna yang tepat juga akan membuat anak bisa lebih betah dan bisa lebih rilex saat berada dikamarnya. Warna-warna yang kemudian bisa dipilih untuk menjadi warna terbaik untuk kamar tidur anak seperti warna pink, biru dan krem untuk kamar tidur anak perempuan. Sedangkan untuk warna kamar untuk anak laki-laki bisa memilih warna-warna seperti abu-abu, cokelat dan juga merah. Warna ini bisa menjadi satu daya tarik untuk membuat anak tetap bisa tidur dengan nyaman dikamarnya.

4. Pintu Penghubung

Jika anak masih merasa takut untuk tidur berjauhan dari orangtuanya, Anda bisa memberikan ide dan mengakali hal tersebut dengan membuat pintu penghubung antara kamar anak dan kamar orang tua. Meskipun tidak langsung berhubungan, kamar anak dan orang tua juga bisa untuk diletakkan didekat seperti disamping ataupun di depan kamar orang tua pas. Hal ini akan memberikan kesan pada anak jika orang tuanya masih menjaga mereka meskipun berbeda ruangan.

5. Tanyakan Penyebabnya

Berbagai cara sudah dilakukan namun anak tetap bersikeras untuk tidak mau tidur sendiri berarti Anda harus mencari tahu terlebih dhulu apa sebenarnya yang ditakuti oleh anak. Apakah karena takut sendiri, kesepian ataukah ada hal yang lain. Berbagai penyebab ini kemudian bisa menjadi cara untuk membuat hati anak menjadi lebih besar dan tidak ada lagi rasa takut yang ia alami. Alasan-alasan tersebu bisa orang tua atasi seperti misalnya jika ia takut gelap maka bisa menyalakan lampu ataupun hal lainnya.

6. Atur Penerangan Lampu

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika lampu juga menjadi satu bagian yang penting. Jangan sampai anak merasa takut karena teror lampu yang terlalu gelap atau remang-remang. Jika anak ketakutan bisa jadi ketika ia terbanun saat tengah malam nanti justru dirinya akan merasa takut dan akhirnya kapok untuk tidur sendiri. Bahkan, efek parahnya hal ini bisa berakhir sebagai hal seperti trauma bahkan hingga ia besar nantinya.

7. Temani Hingga Anak Tertidur

Melatih kebiasaan tidur sendii bisa dilatih dengan cara sedikit demi sedikit. Tidak langsung meninggalkan anak begitu saja dan membiarkannya tertidur sendirian dikamarnya, melainkan Anda harus menemaninya terlebih dahulu. Hal ini akan membutat anak tetap merasa aman hingga nanti ketika ia bangun lama kelamaan juga akan terbiasa tanpa harus ditemani.

8. Berikan Teman

Orang tua juga bisa memberikan teman untuk anak seperti mainan kesayangannya ataupun sprei dan selimut kesayangannya. Dengan teman-temannya tersebut ia juga tidak akan merasa sendiri justru ia akan merasa dijaga oleh teman-temannya itu. Cara ini tentunya membuat anak bisa lebih aman dan bisa terbiasa untuk tidur sendiri.

Berbagai cara terbaik untuk membiasakan anak tidur sendiri diatas bisa menjadi cara yang pas untuk Anda terapkan. Anak yang tadinya merasa terganggu dan merasa tidak percaya diri untuk tidur sendiri, ia pun akhirnya bisa untuk kemudian tidur dengan nyenyak. Memang butuh waktu untuk bisa melakukan aktivitas ini namun dengan kesabaran nanti pasti akan berbuah hasil yang baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top