Tips & Trik Parent

Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Karakter anak bisa terbentuk dari pola asuh yang ibu dan ayah terapkan kepada si kecil. Karakter ini akan terbentuk sesuai dengan apa yang sudah ibu lakukan dimana bisa menciptakan berbagai karakter seperti karakter anak yang manja, keras kepala, mandiri ataupun berbagai karakter lainnya. Namun saat ini, banyak orang tua muda yang baru saja memiliki anak terlalu memanjakan anaknya hingga ia tumbuh menjadi anak dengan sifat yang sangat manja.

Sponsored: kezia skin expert

Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Tentu saja hal ini bisa menjadi hal yang kurang baik untuk anak jika diteruskan tanpa ada pengontrolan dan pembendungan ataupun pola asuh yang tepat. Dengan melakukan beberapa tips dan cara akan membuat sang buah hati tidak akan memiliki sikap yang manja. Ia pun akan tumbuh menjadi karakter yang mandiri dan tidak terlalu bergantung kepada orang lain. Sifat yang manja ini jika diteruskan hingga ia tumbuh menjadi dewasa tentu menjadi hal yang kurang baik untuk diri mereka dan orang-orang yang ada dilingkungan mereka. Berikut ini Tips mendidik anak agar tidak manja yang bisa ibu dan ayah terapkan.

  • Ajarkan Kemandirian

Ibu dan ayah biasanya memiliki rasa yang was-was jika anak akan mengalami luka ataupun kecelakaan kecil yang tentu akan membuat buah hati menjadi terluka. Rasa inilah yang bisa menimbulkan rasa jika anak harus selalu diberikan pertolonngan ketika mereka sedang melakukan berbagai hal. Tindakan seperti ini tentu harus ibu dan ayah hindari jika ingin menumbuhkan sikap seorang anak yang tidak manja. Biarkan anak mencoba berbagai hal sendiri namun tetap dibawah pengawasan dari orang tua. Dengan cara ini pastinya akan membuat anak terbiasa untuk melakukannya sendiri. Mulai saja dari hal-hal yang sederhana dari menggunakan baju, menggunakan sepatu, memilih pakaian yang akan digunakan dan berbagai hal lainnya.

  • Berikan Tanggung Jawab yang Ringan

Jika anak sudah menginjak usia yang cukup mengerti seperti usia sekolah ada baiknya untuk memberikan berbagai tanggung jawab ringan untuk membuat anak lebih merasa memiliki tanggung jawab. Latih dengan cara memberikan anak tanggung jawab untuk menjaga adik ataupun dengan memberikannya mainan yang kemudian harus dia rawat dengan baik. Dengan cara ini akan membuat anak lebih mendapatkan rasa tanggung jawab yang berlebih. Sampai ia dewasa nanti tentu hal ini akan membuat ia memiliki rasa yang lebih bertanggung jawab dengan apa yang ia miliki dan juga apa yang ia lakukan.

  • Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

Saat anak sudah mulai paham dan mengerti akan beragam hal biasanya meraka akan merasakan rasa ingin tahu yang terlalu berlebih. Hal ini tentu akan menjadi satu cara yang bisa menjadikan anak tumbuh dengan sifat yang mandiri karena dengan rasa ingin tahu yang tinggi akan membuat ia ingin mencari tahu tentang beragam hal yang memang ingin mereka ketahui. Pastinya dengan cara ini akan benar-benar membuat anak jauh dari rasa manja.

  • Ciptakan Kemampuan Berpendapat Anak

Sangat penting bagi anak untuk bisa mengemukakan pendapat tentang apa yang mereka pikirkan. Memberikan pelatihan dengan terus mendengarkan apa yang diutarakan oleh anak tentu akan sangat membantu bagi anak dalam mendapatkan rasa percaya diri dan membuat ia bisa lebih memberikan rasa mandiri dan tidak manja. Rasa percaya diri yang timbul ini juga membuat ia tidak terlalu bergantung dengan orang lain. Pastinya cara ini akan memberikan rasa percaya diri yang tinggi dan membuat anak bisa lebih mandiri.

  • Jadilah Contoh yang Baik

Hal terpenting dalam menanamkan karakter pada seorang anak adalah dengan memberikan contoh yang terbaik untuk anak. Orang tua adalah panutan bahkan tidak hanya orang tua, seluruh anggota keluarga bisa menjadi panutan bagi seorang anak dalam masa tumbuh kembangnya. Jika ibu dan ayah ingin membuat anak yang jauh dari sikap yang manja dan tidak mandiri, maka dengan memberikan hal-hal seperti ini adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Berikan contoh jika anda dan seluruh anggota keluarga mampu melakukan sendiri apapun yang harus memang dilakukan sendiri dan juga berikan contoh tentang tanggung jawab kepada anak. Dengan contoh yang terus bisa ia lihat secara terus menerus setiap hari tentu menjadi hal yang sangat mudah terekam pada pikiran mereka. Sehingga, dengan contoh yang baik sudah pasti akan menciptakan anak dengan karakter yang baik pula.

Dengan melakukan berbagai tips diatas dengan pola asuh yang tepat tentu akan membuat anda bisa mendapatkan anak dengan karakter yang jauh dari kata manja dan lebih  menciptakan anak dengan karakter yang mandiri dan baik. Karakter bisa dibentuk dengan cara pola asuh yang paling tepat pada saat sedini mungkin. Dengan terus menanamkan pola asuh yang benar dan dengan cara-cara yang tepat pastinya akan membuat anak menjadi lebih baik dalam memiliki karakter yang terbaik. Dengan tips-tips diatas pastinya akan membuat ibu dan ayah memiliki pola asuh yang benar dan pastinya akan membuat anak menjadi lebih memiliki karakter yang terbaik.

 

Baca juga: Tips Sederhana Untuk Menjaga anak dari jajanan tak higienis

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top