Career Tips

Tips Mendapatkan Pekerjaan Meski Belum Lulus Kuliah

Meskipun masih dalam jenjang kuliah bukan berarti tidak bisa mendapatkan upah tambahan dengan bekerja disuatu tempat. Ada beberapa Tips Mendapatkan Pekerjaan Meski Belum Lulus Kuliah untuk Anda yang menginginkan mendapatkan pekerjaan bahkan saat masih duduk di bangku kuliah. Bukan hal yang mustahil untuk bisa bekerja di saat masih kuliah pun. Pekerjaan yang memang Anda impikan sebenarnya juga bisa mulai Anda incar sejak kuliah sehingga Anda nantinya ketika sudah lulus bisa langsung untuk bekerja.

Tips Mendapatkan Pekerjaan Meski Belum Lulus Kuliah

Sponsored by: produk pemutih wajah

Namun sebaiknya tetap perhatikan waktu ketika harus bekerja sembari kuliah. Jangan sampai waktu bekerja menyita waktu untuk kuliah karena bisa sangat mengganggu jika tidak dibagi dengan baik. Sebaiknya mulai mencari pekerjaan pada saat kuliah ketika mata kuliah yang dijalani sudah tidak terlalu banyak atau waktu kuliah juga sudah senggang. Sehingga, bekerja pun tidak akan bertubrukan dengan waktu untuk menuntut ilmu.

1. Mengikuti Lomba Atau Pelatihan

Jika ada suatu perlombaan ataupun pelatihan yang sedang diadakan dikampus jangan pernah ragu untuk mengikutinya. Bukan berarti hanya membuang-buang waktu saja, melainkan ini nantinya akan berpengaruh dengan kesempatan juga raihan sebagai bekal untuk melamar pekerjaan nanti. Dengan mengikuti pelatihan ataupun perlombaan Anda juga bisa lebih tahu seberapa jauh keahlian ataupun kemampuan dari diri Anda. Selain itu, setelah mengikuti perlombaan atau pelatihan ini akan membuat Anda bertemu dengan teman-teman baru yang berarti akan membuat Anda untuk membuka jaringan lagi dan m embuka jaringan yang baru. Ikuti perlombaan ataupun pelatihan yang sekiranya nyambung dengan jurusan ataupun keahlian Anda.

2. Membangun Jaringan

Semamkin banyak jaringan yang Anda miliki maka semakin banyak pula peluang yang bisa Anda manfaatkan. Terkadang ada lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang tidak disebar secara umum sehingga Anda tidak mengetahuinya. Namun, dengan terus memperluas jaringan baik secara faktual ataupun di media sosial maka Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan kesempatan bekerja meskipun saat ini status Anda masih sebagai mahasiswa. Selain itu, dengan jaringan yang seluas-luasnya juga akan membuat Anda bisa lebih dilihat oleh pihak yang mencari potensi yang Anda miliki.

3. Manfaatkan Waktu Luang

Saat jadwal kuliah sudah mulai senggang dibandingkan hanya digunakan untuk bermain sebaiknya manfaatkan waktu luang ini dengan sebaik-baiknya. Sebagai contoh pada saat libur semester anda bisa mencari pekerjaan part time ataupun magang disuatu perusahaan sebagai freelance. Ini nantinya akan sangat berguna untuk menambah resume pada diri Anda dengan keterangan pengalaman pekerjaan. Hal ini nantinya juga akan lebih mempermudah Anda dalam mencari pekerjaan karena dilihat dari pengalaman yang pernah Anda miliki. Memanfaatkan waktu luang adalah cara terbaik untuk bisa bekerja meskipun belum lulus kuliah.

4. Menulis Artikel Atau Cerpen

Bagi Anda yang senang dengan dunia tulis menulis saat ini kebiasaan ini juga bisa menghasilkan uang yang lumayan. Menulis secara rutin kemudian coba kirim ke beberapa media masa yang Anda inginkan maka Anda akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan terbaik sesuai dengan minat dan passion Anda. Bahkan, jika Anda sangat senang dengan dunia penulisan cerita Anda juga bisa untuk memulai menerbitkan buku sejak masih menjadi Mahasiswa.

5. Magang

Karir impianmu bisa dimulai dari magang di suatu perusahaan. Meskipun pada awalnya mungkin ada juga magang yang hanya di gaji dengan gaji yang rendah dan bahkan tidak digaji namun nantinya jika pekerjaanmu bagus pasti perusahaan tersebut akan kembali untuk mencarimu. Selain itu, jika Anda bisa magang di perusahaan yang ternama dan memiliki nama yang bagus, nantinya pengalaman ini juga berguna untuk menjadi nilai tambah di resume mu. Pengalaman magang yang ditempat yang ternama tentu akan membuat Anda bisa lebih dilirik oleh perusahaan nantinya.

6. Konsisten

Hal yang paling terpenting adalah Anda harus bisa lebih konsisten ketika Anda ingin mendapatkan pekerjaan meskipun masih kuliah. Konsisten disini artinya adalah selalu optimis dan terus mencari pekerjaan hingga Anda mendapatkan tempat yang Anda inginkan. Jika memang kesempatan pertama yang Anda gunakan belum membuahkan hasil yang baik tetaplah berusaha untuk terus mencari hingga mendapatkan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Bisa saja, pekerjaan yang Anda dapatkan saat ini akan menjadi pekerjaan di masa depan dan menentukan bagaimana nasib karir Anda.

7. Asah Terus Keahlian

Nantinya saat masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya ada berbagai skill atau keahlian yang memang harus Anda miliki. Tidak cukup dengan hal yang berhubungan dengan jurusan Anda saja melainkan ada juga berbagai keahlian tambahan yang harus Anda kuasai untuk menunjang dari keterampilan yang Anda miliki. Semakin banyak pengetahuan dan keahlian tentu perusahaan akan semakin melirik Anda sebagai aset yang berharga untuk perusahaan nantinya. Hal ini juga berguna nantinya karena keahlian dan keterampilan akan menjadi aset berharga seumur hidup.

Dengan melakukan berbagai hal diatas tentu Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, baik itu pada saat masih duduk di bangku kuliah ataupun nanti setelah kuliah. Tak ada salahnya memang untuk mencoba membagi waktu antara bekerja dengan kuliah. Asalkan bisa membagi waktu dengan baik maka Anda bisa mendapatkan uang tambahan dan juga pengalaman.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top