Parenting Info

Tips Mencari Tahu Bakat Terpendam Anak

Mengenal bakat anak merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus dikerjakan oleh orang tua sedini mungkin. Mengapa demikian? Hal ini menjadi sangat penting karena dengan mengenal bakat anak sejak dini, tentu saja orang tua dapat membantu mengembangkan minat dan karier Anda mereka di masa yang akan datang. Ini memang merupakan persoalan yang seringkali ditanyakan orang tua dalam seminar atau dalam forum yang lain. Keterbatasan informasi atau kesibukan orang tua yang terlalu padat seringkali membuat mereka menjadi mengesampingkan hal yang satu ini. Bila Anda ingin memiliki anak yang sukses di masa depan, kenali bakat mereka sejak dini. Berikut ada beberapa tips mencari tahu bakat terpendam anak yang dapat Anda lakukan dengan cara yang cukup praktis.

Tips Mencari Tahu Bakat Terpendam Anak.2

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Berikan stimulasi pada anak

Pada dasarnya, anak belum mengetahui berbagai macam hal secara detail. Mereka hanya mengetahui beberapa hal secara umum saja. Akan tetapi, untuk perkembangan pertama, kecerdasan majemuk yang membuat mereka mengetahui hal-hal secara umum, merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, untuk mengetahui bakat terpendam anak Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan stimulasi pada anak agar ia melakukan eksplorasi. Rangsang anak dengan beberapa hal, misalnya dengan memberikan mobil-mobilan, lego, buku gambar, atau hal lain. Jangan terburu-buru untuk memberikan penjelasan. Biarkan anak Anda melakukan eksplorasi sesuai pengetahuan dasarnya. Jika anak Anda menanyakan sesuatu, baru berikan penjelasan secukupnya saja.

  1. Beri waktu mereka beraktivitas

Setelah Anda melakukan beberapa stimulasi pada anak sebagaimana dijelaskan di poin sebelumnya, hal lain yang harus Anda lakukan adalah memberikan waktu pada anak untuk beraktivitas. Ini adalah poin lanjutan yang penting sebagai dasar mengetahui bakat terpendam yang dimiliki oleh anak Anda. Nah, dari beberapa stimulasi sebelumnya, tentu saja Anda dapat menyimpulkan apa aktivitas yang lebih menarik bagi anak Anda dan merangsang anak Anda untuk senantiasa melakukannya. Nah, biarkan anak Anda melakukan hal yang ia senangi. Sebaiknya, Anda juga memberikan pendampingan secukupnya pada mereka. Dampingi tetapi jangan mendikte agar kreativitas anak menjadi terbangun, bukan hanya sekedar mengikuti apa yang menjadi keinginan Anda.

  1. Ketahui perilaku seru anak

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk menemukan bakat terpendam dari anak sejak dini adalah mengetahui perilaku seru anak Anda. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat melakukan pengamatan terhadap perilaku anak Anda sebelum, selama dan juga sesudah melakukan aktivitas. Rekam dengan baik apa saja sikap dan perilaku yang ditunjukkan anak Anda selama ia beraktivitas. Pada dasarnya, perilaku seru anak memiliki beberapa ciri. Ciri pertama adalah cepat belajar. Ini berarti bahwa karena rasa ingin tahu anak tinggi, maka ia akan cepat belajar terhadap suatu hal yang baru ia ketahui. Selain itu, ciri dari perilaku seru anak adalah asyik dan puas. Aktivitas yang ia sukai tentu saja akan membuat anak menjadi asyik untuk melakukannya dan puas jika ia berhasil. Pada perkembangannya, anak akan merasa selalu ingin mengulang aktivitas tersebut.

  1. Beri penilaian dari pengamatan

Dari beberapa aktivitas yang Anda amati sebelumnya, tentu saja Anda bisa mengenali dan menyimpulkan perilaku seru anak. Nah, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan dalan tahapan ini adalah memberikan penilaian terhadap perilaku seru anak Anda. Memberikan penilaian adalah salah satu hal yang sangat penting karena nilai merupakan tanda apresiasi dan sebuah dukungan atas apa yang sudah dikerjakan oleh anak Anda. Dalam penilaian ini, tentu saja Anda tidak boleh terlalu serius. Buatlah suasana yang menyenangkan dan sampaikan penilaian Anda secara unik, misalnya dengan membuat sebuah poster atau memberikan bonus. Anak yang merasa diapresiasi oleh ibunya tentu akan merasa senang dan mereka akan menjadi lebih aktif serta lebih semangat untuk melakukan aktivitas dan belajar.

  1. Ajak anak berkomunikasi

Hal praktis terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengenali dan menemukan bakat terpendam anak Anda adalah dengan mengajaknya berkomunikasi. Komunikasi yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui penilaian dari sisi anak Anda mengenai aktivitas yang ia lakukan sebelumnya. Dari sini, Anda dapat menggali pikiran anak Anda tentang kenapa ia melakukan aktivitas tersebut, bagaimana ia ingin mengembangkan aktivitas tersebut, dan lain sebagainya. Tentu saja, dengan komunikasi yang terjalin antara orang tua dengan anak, Anda dapat mengetahui langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk terus mengembangkan bakat yang setidaknya sudah mulai nampak. Lakukan komunikasi ini secara intens agar anak juga dapat menjadi lebih aktif dan peka.

Beberapa langkah praktis di atas merupakan contoh yang cukup untuk mencoba mengenali potensi dan bakat terpendam dari anak Anda sedini mungkin. Perlu ditekankan sekali lagi, mengetahui bakat anak Anda sejak dini merupakan hal yang sangat penting agar orang tua dapat mengembangkan potensi anak dengan lebih baik. Selain itu, Anda memang membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk melakukan beberapa langkah di atas. Jangan sesekali langsung menghakimi anak Anda atau memarahinya karena hal tersebut selain berdampak buruk juga dapat menyebabkan trauma. Jadi, bila Anda sudah mengetahui bakat sang buah hati, kelak Anda tidak akan kerepotan dalam menentukan masa depan anak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top