Tips Kesehatan

Tips Mempertahankan Fokus dan Konsentrasi Otak Saat Puasa

Ketika puasa, kebanyakan dari kita pasti pernah mengalami kombinasi antara lapar, haus, dan ngantuk. Jika hal ini terus terjadi, maka bisa mengganggu konsentrasi kerja. Meski begitu, puasa bukan lagi alasan untuk bermalas-malasan sehingga banyak pekerjaan yang dibiarkan terbengkalai.

Sponsor: pemutih wajah

Selama menjalankan pekerjaan di bulan puasa Ramadan, harus sama berkualitasnya seperti hari-hari biasa. Memaksa diri untuk fokus saat puasa memang sulit karena tubuh harus menahan lapar dan haus.
Konsentrasipunbmudah terpecah, akibatnya produktivitas di tempat kerja jadi lambat dan menurun. Anda juga akan butuh waktu lama untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Jadi, solusi agar fokus tetap ada seperti apa? Berikut tips mempertahankan fokus dan konsentrasi otak saat puasa.

1. Pastikan jam tidur Anda cukup

 Tips Mempertahankan Fokus dan Konsentrasi Otak Saat Puasa

Banyak orang modern sibuk dengan tutinitas kerja terutama saat puasa dan menjelang lebaran. Akibatnya jam tidur jadi berkurang. Tak hanya itu, tidur larut malam ditambah harus bangun pagi untuk sahur bisa mengganggu proses kognitif dimana proses tersebut berkaitan dengan kemampuan konsentrasi,  proses belajar dan berpikir. Manfaat tidur yaitu menyatukan berbagai ingatan, sedangkan kurang tidur bisa mengganggu konsentrasi, dan daya nalar. Jadi, usahakan untuk tidur cukup 7-8 jam per malam dan hindari begadang. Pertimbangkan juga waktu untuk bangun sahur, dengan cara tidur lebih awal selama Ramadan.

2. Konsumsikan sayur dan buah mengandung vitamin B, C, E dan magnesium

Tips Mempertahankan Fokus dan Konsentrasi Otak Saat Puasa

Penting juga untuk memperhatikan makanan yang Anda konsumsi selama Ramadan. Mulai dari makanan dan minuman sehat, bernutrisi dan bergizi. Makanan sehat juga akan membantu menjaga kesehatan dan metabolisme serta berat badan tetap ideal. Pilih asupan seimbang dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B, C, dan E, serta magnesium. Jenis makanan yanv bisa Anda dapatkan dari buah -buahan seperti jeruk, pisang atau blewah dan sayuran seperti wortel, bayam dan sayuran hijau lain.

3. Olahraga

Tips Mempertahankan Fokus dan Konsentrasi Otak Saat Puasa

Supaya produktifitas kerja tetap meningkat meski tengah berpuasa, usahakan untuk rutin berolahraga. Olahraga baik untuk tingkatkan aliran darah, oksigen dalam tubuh dan metabolisme juga daya konsentrasi. Seimbangkan hiduo dengan berolahraga di pagi hari seperti lari pagi atau aerobik ringan. Manfaat olahraga bagi konsentrasi sudah diteliti oleh tim dari Univeristas Illinois dimana olahraga dapat memperbaiki fungsi jangka pendek dan jangka panjang di daerah otak. Lakukan olahraga 30 menit di pagi hari, menjelang berbuka atau 1-2 jam setelah berbuka.

4. Pastikan Anda fokus dan hindari hal yang mengganggu fokus dan jika perlu istirahat sejenak

    Tips Mempertahankan Fokus dan Konsentrasi Otak Saat Puasa

Agar produktifitas kerja tetap meningkat, maka perlu memiliki fokus dan konsentrasi. Jadi pastikan Anda tetap fokus dengan menjauhi hal yang dapat mengganggu konsentrasi seperti matikan handphone jika tak dipakai. Dan jika memungkinkan, Anda bisa nyalakan musik untuk membuat pekerjaan lebih mudah. Pilihlah musik yang dapat mempertahankan konsentrasi seperti musik instrumental yang membuat Anda rileks dan tetap fokus. Terakhir jangan lupakan untuk istirahat sejenak, setidaknya 15 menit. Cara ini berguna untuk mengembalikan tenaga dan semangat sehingga pekerjaan lebih mudah dilakukan. Jika perlu bisa pilih untuk membaca novel, peregangan ringan atau berjalan-jalan di sekitar ruangan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top