Tips dan Trik

Tips Mempersiapkan Budget Untuk Bayi

Mempersiapkan kelahiran seorang anak pasti menjadi satu moment bahagia yang selalu di tunggu-tunggu dan harus dipersiapkan dengan sangat matang. Dalam mempersiapkannya pasti akan sangat menguras tenaga apalagi jika ini adalah anak pertama. Pastinya ingin segala hal yang dipersiapkan dengan sangat detail dan juga sempurna, tak terkecuali dengan Mempersiapkan budget untuk bayi. Tentu saja bunda, hal ini haruslah diperhatikan dengan sangat baik sebab budget sangat penting untuk kelancaran dari masa kelahiran dan untuk bisa mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan bayi dan perlengkapannya.

Sponsored : kezia skin expert

budget untuk bayi

Mempersiapkan budget untuk bayi tentu menjadi satu hal yang sangat penting sebelum proses kelahiran dari bayi tersebut. Ada banyak sekali factor yang harus diperhatikan untuk mempersiapkan segala peralatan bayi. Berbagai factor juga harus anda abaikan dan harus belajar bagaimana mendapatkan segala perlatan bayi dengan baik, tanpa mengeluarkan budget yang terlalu berlebih. Yang perlu bunda ingat adalah, kelahiran bayi memang memerlukan budget, tetapi setelah kelahiran juga sangat membutuhkan budget yang lebih banyak lagi. Sehingga, pengaturan budget dan persiapan budget sangatlah penting. Berikut tips untuk mempersiapkan budget supaya tetap aman di kantong dan bayi tetap mendapatkan fasilitas terbaiknya.

  1. Jangan Berpatok Pada Brand

Salah satu hal yang sangat sering diperhatikan dan menjadi pertimbangkan utama ketika membeli peralatan bayi adalah brand dari peralatan tersebut. Selain beralasan dari segi kualitas dan daya tahan dari peralatan tersebut, factor gengsi juga biasanya malah justru lebih mendominan, apalagi jika ini adalah kelahiran anak pertama. Memberikan segala hal yang terbaik dan terlihat sangat melindungi tentu menjadi nilai tambah dari segi penampilan.

Tapi, coba kita hitung lagi. Bayi memang membutuhkan peralatan yang terbaik, namun tentu peralatan tersebut memiliki masa dan nantinya harus dipakai dengan yang baru lagi. Misalnya saja, membelikan baju untuk buah hati dengan harga lebih dari ratusan ribu rupiah, padahal dengan pertumbuhan bayi yang cepat pasti nanti dalam waktu satu hingga dua bulan harus diganti lagi dengan yang baru. Justru yang paling penting bukanlah brand, tetapi bahan-bahan yang digunakan untuk memberikan kenyamanan terbaik untuk buah hati.

  1. Buat List Kebutuhan

Sebelum berangkat berbelanja peralatan bayi, ada baiknya untuk membuat list kebutuhan terlebih dahulu. Tanpa adanya list kebutuhan ketika bunda ada di toko perlengkapan bayi nantinya justru ingin membeli seluruh isi toko, karena memang sangat lucu-lucu dan juga memang sangat dibutuhkan oleh bayi. Buatlah list, hal apa yang sekiranya memang sangat dibutuhkan oleh bayi mulai dari pakaian sehari-hari, baju hangat, topi, sepatu, tempat minum dan sebagainya. Usahakan untuk memasukan peralatan yang memang dibutuhkan untuk saat itu juga dan jangan memikirkan perlatan yang terlalu jauh. Gak apa-apa memang jika budget cukup, namun jika harus berhemat cari saja yang paling dibutuhkan saat ini juga.

  1. Lakukan Riset Barang

Sangat penting memang untuk melakukan riset barang-barang yang akan anda beli terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan internet dan mencari perbandingan harga dari toko satu ke toko yang lain dengan jenis barang yang sama. Perbandingan inilah nantinya yang akan memberikan anda pilihan harga yang terbaik dan menurut anda paling cocok untuk anda pilih. Bunda pasti bisa mendapatkan beragam harga yang akan menjadi perbandingan dan memilih perlatan bayi yang paling tepat untuk bunda pilih. Selain membandingkan harga, bunda juga bisa mencari tahu tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing barang dari keterangan yang bunda dapatkan. Bunda bisa menentukan manakah barang yang memiliki kualitas yang bunda harapkan dan manakah yang kurang sesuai. Dengan cara ini tentunya bunda akan semakin mendapatkan barang terbaik untuk buah hati.

  1. Beli Barang Second

Untuk peralatan yang lebih besar misalnya seperti keranjang bayi, tempat tidur bayi atau lainnya bisa kok bunda mencari barang second. Saat ini ada banyak sekali situs ataupun tempat yang menjual barang-barang second namun tetap memiliki kualitas yang terbaik. Hal ini bisa untuk bunda manfaatkan untuk menemukan barang yang dibutuhkan oleh bayi. Perlengkapan bayi yang sekiranya membutuhkan harga yang lebih mahal tentu bisa menjadi pilihan untuk membeli barang secara second. Tak ada salahnya kok bunda, apalagi jika barang masih dalam keadaan yang bagus dan masih bisa digunakan dengan baik, justru akan menjadi peralatan bayi yang terbaik.

  1. Mulai dengan Cara DIY

Nah, jika memiliki barang-barang dirumah yang tidak terpakai kemudian bisa didaur ulang menjadi barang untuk buah hati, kenapa tidak digunakan? Bunda dan ayah bisa mengubah segala hal yang tidak terpakai dan mendaur ulangnya menjadi barang buatan hasil tangan sendiri. Ada banyak sekali barang yang bisa bunda buat, misalnya tempat tidur anak, sepatu anak, baju anak dan hiasan kamar anak hingga mainan anak semuanya bisa dibuat sendiri. Tentu saja dengan cara ini akan sangat mengurangi pengeluaran budget bunda dan tidak terlalu banyak hanya untuk membeli peralatan yang mungkin saja tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Memberikan hal yang terbaik untuk anak apalagi kelahiran pertama memang sah-sah saja. Namun, ada hal lain yang harus juga bunda perhatikan dan atur dengan baik supaya buah hati mendapatkan fasilitas hidup yang terbaik. Dengan melakukan tips Mempersiapkan budget untuk bayi yang benar ini tentunya akan semakin membuat bunda mendapatkan peralatan terbaik dan membuat buah hati nyaman.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top