Tips dan Trik

Tips Memilih Tabir Surya Yang Baik

Tips Memilih Tabir Surya

Paparan sinar matahari secara terus menerus dapat membakar kulit sehingga kulit akan menjadi kusam, gelap, dan kering. Penggunaan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet dari matahari. Kali ini kita akan membahas sebuah tips kecantikan mengenai perlindungan kulit menggunakan tabir surya. Perhatikan tips memilih tabir surya di bawah ini agar kulit Anda tetap terlindungi sepanjang hari.

sponsor: kezia skin expert.

Tips Memilih Tabir Surya

  1. Hindari produk anti serangga

Anda harus menghindari jenis produk ini, karena produk ini dapat membahayakan kulit Anda. Produk anti serangga mengandung bahan kimia yang dapat membuat Anda terhindar dari nyamuk, semut, dan semisalnya. Namunn, produk ini dapat dengan mudah menyebabkan alergi pada kulit Anda. Jika Anda memang benar-benar membutuhkannya gunakan hanya 1 kali dalam sehari. Lalu tetap gunakan tabir surya setiap 2 atau 3 jam sekali.

  1. Jangan menggunakan tabir surya biasa untuk berenang

Ketika Anda pergi ke pantai atau berenang, maka sudah tentu Anda akan membutuhkan tabir surya tahan air. Biasanya terdapat keterangan water resistant atau waterproof pada kemasan produk tabir surya tersebut. Produk tabir surya jenis ini mampu melindungi kulit Anda selama sekitar 40 hingga 60 menit. Jadi Anda perlu menggunakannya setiap 1 jam sekali agar kulit Anda terlindungi sepanjang hari.

  1. Hindari tabir surya yang tidak mengandung UVA atau UVB

Ketika Anda memilih sebuah produk tabir surya selalu perhatikan kandungannya. Pastikan bahwa tabir surya yang akan Anda beli dapat memberikan perlindungan UVA atau UVB. UVA atau UVB adalah jenis sinar yang sangat berbahaya yang dapat menjadi pemicu kanker kulit. Tabir surya yang baik dapat melindungi Anda dari kedua jenis sinar ini. Sinar UVB dapat menyebabkan kulit Anda terbakar sehingga menjadi kusam, gelap, dan kering. Sedangkan sinar UVA merupakan salah satu penyebab keriput.

  1. Jangan membeli tabir surya dengan bahan yang tidak jelas

Ketika Anda memilih tabir surya, hal yang paling membingungkan adalah apa saja kandungan dan bahan yang baik untuk kulit Anda. Anda tidak perlu bingung, karena secara singkat Anda harus menghindari bahan atau kandungan tabir surya dengan 3 komponen utama.

3 komponen atau bahan utama yang harus Anda hindari dari produk tabir surya adalah retinyl palmitate, oksibenzon, dan paraben. Paraben dan oksibenzon dapat meningkatkan risiko kanker payudara, sedangkan retinyl palmitate dapat menyebabkan kanker kulit.

Biasanya tabir surya juga mengandung bahan-bahan tertentu yang mungkin belum Anda ketahui. Di bawah ini merupakan sedikit penjelasan dari beberapa bahan-bahan yang biasa terdapat pada tabir surya. Sehingga dengan tips memilih tabir surya dengan cara mengenali bahan-bahan di bawah ini anda dapat lebih mudah menentukan tabir surya yang baik dan tepat:

  1. SPF

SPF merupakan singkatan dari “Sunscreen Protection Factor” atau faktor pelindung dari sinar matahari. Setiap produk kecantikan dan tabir surya biasanya akan menginformasikan tingkat SPF yang terkandung di dalamnya. Misalnya SPF 15, atau SPF 30, dan seterusnya. Tingkatan SPF disini merupakan tingkatan untuk menentukan waktu aman bagi kulit jika terkena sinar matahari. Misalnya SPF 15, hal ini berarti bahwa Anda akan terlindungi 15 kali lebih lama dari daya tahan alami tubuh terhadap sinar matahari.

  1. UVA dan UVB

Sinar ultraviolet yang terpancar dari matahari bermacam-macam. Pancaran sinar tersebut dapat menembus ke bumi dalam radius A, B, dan C. Biasanya lebih dikenali dengan UV-A, UV-B, dan UV-C. UV-C dapat dihambat dengan baik oleh lapisan ozon. Sedangkan UV-A dan UV-B dapat menembus permukaan bumi, jadi Anda harus melindungi kulit dengan tabir surya yang mampu menangkal kedua jenis sinar ini.

  1. Sweatproof

Terdapat keterangan sweatproof pada tabir surya yang menAndakan bahwa, tabir surya tersebut tahan terhadap keringat sehingga tidak akan memudar dan tidak berkurang manfaatnya ketika terkena keringat.

  1. Water resistant

Keterangan water resistant pada produk tabir surya tertentu menawarkan bahwa tabir surya tersebut tahan terhadap air. Biasanya tabir surya ini akan bertahan selama 40 menit.

  1. Waterproof

Sama seperti water resistant, tabir surya dengan label waterproof juga tahan terhadap air namun dapat memberikan perlindungan yang lebih lama yaitu sekitar 80 menit.

  1. Sunblock

Sunblock adalah tabir surya jenis fisik yang mampu mencegah dan memantulkan cahaya matahari dari permukaan kulit. Biasanya tabir surya jenis ini mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang berfungsi melingungi kulit dari sinar UB.

  1. Organic sunscreen

Sunscreen dapat memberikan perlindungan lebih kuat daripada sunblock. Produk tabir surya jenis ini mampu melindungi kulit Anda dari radiasi sinar UV-A dan UV-B. Kandungan yang terdapat pada tabir surya jenis ini biasanya adalah para-aminobenzoic, octylcrylene, avobenzoneoctinoxate, homosalate, oxybenzone, atau 4-MBC.

Demikian beberapa tips memilih tabir surya yang baik dan berkualiatas.Sebaik atau sebanyak apa pun tabir surya yang anda kenakan, tidak dapat melindungi kulit anda sepenuhnya dari sinar matahari. Kulit masih dapat terbakar oleh paparan sinar matahari sehingga tetap saja berpotensi menjadi lebih hitam dan kusam. Oleh sebab itu, selain menggunakan tabir surya anda juga harus memakai perlindungan lainnya seperti topi, kacamata, atau pakaian yang tertutup. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top