Tips & Trik Parent

Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi orangtua, terutama bagi orang tua baru yang baru saja memiliki anak pertamanya. Susu formula memang bisa menjadi pendamping dari MPASI ataupun susu ASI murni dari si ibu. Dalam memilih susu formula sendiri memang sangat penting untuk diperhatikan dan terus dipilih dengan cara yang tepat sebab susu formula mengandung berbagai tambahan nutrisi yang tentunya akan berpengaruh dari kandungan susu formula itu sendiri.

Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Oleh karena itulah, demi mendapatkan susu formula yang tepat untuk bayi maka orang tua harus paham betul bagaimana cara mendapatkan susu formula yang paling tepat. Jika tidak tepat nanti ditakutkan akan menyebabkan berbagai risiko yang bisa menjadi hal yang kurang baik untuk bayi. Seperti misalnya bayi akan mengalami masalah pencernaan, kembung hingga muntah karena salah pilih susu formula. Meskipun tidak seutuhnya salah dari si susu formula, namuns ebaiknya tetap saja harus memilih susu formula untuk bayi dengan cara-cara berikut ini.

  1. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Memberikan susu pada bayi tentu memiliki maksud supaya bayi bisa mendpatkan asupan nutrisi yang lengkap dan tepat. Oleh karena itulah ketika memilih susu yang akan dipergunakan untuk bayi haruslah susu yang memiliki nutrisi yang paling lengkap. Anda bisa membandingkan dari setiap komposisi yanga da pada susu formula yang Anda temui sehingga dengan begitu Anda pun akan mendapatkan susu formula dengan kandungan yang paling bagus untuk anak.

  1. Sesuai Dengan Usia Anak

Tak kalah pentingnya untuk selalu memperhatikan faktor umur ketika akan memberikan susu kepada buah hati. Saat ini ada banyak sekali jenis susu formula yang juga dibagi berdasarkan usia si bayi. Susu formula ini akan memiliki kandungan dan juga komposisi gizi yang berbeda dengan sasaran yang berbeda pula. Anak yang memiliki umur semakin tinggi pastinya akan membutuhkan susu yang bisa memasok nutrisi yang lebih banyak lagi dibandingkan dengan bayi yang baru berusia 2 bulanan. Terutama untuk jumlah kalori dan protein dimana akan berbeda karena kebutuhan akan hal tersebut berbeda berdasarkan aktifnya anak tersebut.

  1. Pastikan Anak Alergi Atau Tidak

Permasalahan yang juga sering  muncul ketika akan memberikan susu formula pada anak adalah anak memiliki alergi terhadap susu formula dari susu sapi. Biasanya orangtua akan bingung dan memilih untuk tidak memberikan asupan susu tambahan pada anak. Hal lain yang juga akan dilakukan oleh orang tua adalah memberikan susu formula yang terbuat dari susu kedelai. Padahal sebenarnya pada dasarnya jika anak mengalami alergi pada susu sapi maka biasanya juga akan alergi pada susu kedelai juga. Sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu susu apa yang memang cocok untuk anak yang mengalami alergi. Selain itu, hindari juga untuk memberikan susu kedelai pada anak yang berusia di bawah usia 6 bulan.

  1. Kenalkan Susu Formula Pada Anak

Saat anak masih berusia bayi atau dibawah 6 bulan jangan langsung memberikannya susu formula begitu saja. Apalagi jika harus memaksa anak untuk menghabiskan satu botol susu tersebut sekaligus. Hal ini tidak akan membantu jika memang anak masih belum mau untuk mengkonsumsi susu selain ASI. Karena memang sebenarnya ASI menjadi susu yang paling bagus dan paling enak dibandingkan dengan susu yang lain. Saat anak kemudian tidak suka atau belum mau untuk mencicipi susu formula maka biarkan saja anak untuk mengkonsumsi ASI terlebih dahulu serta berikan sedikit demi sedikit secara perlahan susu formula teresbut.

  1. Perhatikan Komposisi Susu

Bukan hanya nutrisi saja yang harus diperhatikan dengan betul ketika Anda memilih susu formula untuk anak. Hal lain yang juga tak kalah penting adalah komposisi secara menyeluruh dari susu tersebut. Susu formula untuk bayi sudah memiliki peraturan tersendiri dimana paling tidak kandungan yang ada didalamnya harus memiliki kandungan yang mirip dengan apa yang dibuat oleh WHO. Oleh karena itulah, pilih susu formula yang paling lengkap dan paling sehat demi mendapatkan susu formula yang sehat dan tidak mengandung risiko buruk untuk anak.

  1. Perhatikan Cara Pembuatan

Orang tua sebenarnya bisa memberikan susu formula baik itu yang cair ataupun yang bubuk kepada anak. Tidak ada yang berbeda karena keduanya sama-sama memiliki kandungan gizi yang mungkin malah hampir mirip dan sama. Yang membedakan adalah bagaimana cara membuat dua jenis susu tersebut. Oleh karena itulah untuk bisa mendapatkan manfaat terbaik dari susu ini Anda harus bisa memperhatikan bagaimana sebenarnya membuat susu dengan benar dan sesuai dengan takaran untuk bay i.

  1. Boleh Susu Bubuk ataupun Cair

Tidak ada aturan jika susu bubuk ataupun  yang cair dilarang untuk diberikan kepada anak terutama bayi. Proses pembuatan dari dua jenis susu ini juga sama sehingga tidak akan memiliki kandungan yang berbeda jauh diantara keduanya. Susu bubuk juga merupakan hasil dari proses susu cair sehingga pasti tidak akan memiliki risiko ataupun kandungan yang berbeda. Jadi untuk bayi pun sebenarnya sama boleh menggunakan susu formula cair ataupun bubuk asalkan dengan kandungan dan takaran yang tepat.

Memilih susu untuk bayi memang harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika susu memiliki kandungan yang tidak sesuai bukannya memberikan asupan gizi tapi akan menjadi satu permasalahan tersendiri yang bisa mengganggu anak. Memberikan susu dengan jenis yang tepat akan memberikan manfaat yaitu menambah kepintaran dari anak dan menambah pertumbuhannya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top