Tips & Trik Parent

Tips Memilih Mainan untuk Anak yang Benar

Mainan pastinya menjadi satu hal yang tak bisa dilepaskan dari anak-anak. Memilih makanan yang tepat lengkap dengan spesifikasi yang pas tentunya membuat anak bisa memainkannya dengan baik dan juga aman. Tapi sebenarnya tidak hanya itu lho mam, memilih mainan yang tepat untuk anak juga mempengaruhi perkembangan anak terutama bisa membantu untuk mengembangkan perkembangan otak pada si kecil. Dengan memilih  mainan yang tepat untuk anak, bunda bisa membantu dalam meningkatkan kecerdasan dan juga bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuan sistem motorik yang ada pada anak.

Sponsored by: perawatan wajah

tips-memilih-mainan-untuk-anak

Nah, mengingat manfaat yang begitu besar tentunya anda memerlukan tips memilih mainan untuk anak yang tept dan benar kan mam. Jangan sampai justru mainan yang mama pilih justru memberikan efek yang kurang baik untuk anak. Mama ataupun Ayah harus bisa memilih mainan mana kiranya dibutuhkan untuk anak dan cocok untuk dimainkan anak. Dengan berbagai hal ini tentunya membuat anak tidak hanya bermain saja, tetapi anak juga belajar dan berkembang dari mainan yang mama pilih. Nah, berikut ini cara yang paling tepat untuk memilih mainan untuk anak.

1. Mainan Dengan Fungsi Ganda

Anak-anak pastinya sangat suka bermain dan juga senang untuk terus mengeksplor mainan yang mereka miliki. Anak akan mudah bosan jika hanya menggunakan satu mainan saja apalagi hanya dengan satu fungsi saja. Ada baiknya mama memilih mainan yang bisa berfungsi lebih dari satu. Selain menghindarkan anak dari kebosanan dengan adanya permainan yang lebih dari satu cara ini juga membuat anak bisa lebih meningkatkan kreatifitasnya. Setiap permainan yang dimainkan bisa dimainkan dengan kreasi yang berbeda sehingga dengan semakin banyak kreasi yang didapatkan akan semakin banyak pula hal yang isa anak eksplor.

2. Pilih Mainan yang Juga Bisa Untuk Belajar Membaca

Pilih mainan yang juga mengandung alphabet untuk mengenalkan lebih mudah bagaimana cara membaca yang benar. Dengan memilih mainan yang juga mengandung alphabet akan membuat anak bisa belajar membaca dengan lebih baik lagi. Anak bisa mulai mengenal alphabet yang kemudian mama bisa mengajarkan sedikit demi sedikit bagaimana membaca. Hal ini tentunya membuat anak bisa lebih tertarik untuk belajar membaca dan bahkan secara tidak sadar mereka sudah belajar karena mereka asik bermain. Mainan yang biasanya mengandung alphabet sepeti puzzle, mobil-mobilan, lego ataupun mainan lainnya.

3. Pilih Mainan yang Menantang

Mainan y ang menantang juga menjadi salah satu mainan yang biasanya sangat menarik perhatian si kecil. Mereka akan merasa penasaran dan merasakan serunya memecahkan permainan yang mereka temui. Selain menarik perhatian anak, permainan yang menantang juga bisa melatih adrenalin anak juga meningkatkan daya kreatifitas dan cara berpikir anak. Anak akan belajar untuk mencoba berbagai hal dan juga mencoba memecahkan permasalahan yang ada pada permainan tersebut. Mainan yang bisa menjadi pilihan tepat untuk mama yang bisa sangat menantang namun aman untuk dilakukan adalah rubric. Mainan ini bisa berguna untuk membantu tingkat kreatifitas anak dan sangat menarik anak karena warnanya yang sangat cerah.

4. Pilih Mainan yang Sederhana

Bentuk dari mainan juga sangat menentukan tentang jenis permainan yang akan mama pilih. Untuk bisa digunakan dengan lebih baik lagi. Mama bisa memiih permainan yang memiliki bentuk yang sederhana saja. Jangan memilih permainan dengan bentuk yang tajam ataupun bentuk yang membahayakan bagi buah hati. Pilih juga bentuk yang sederhana sehingga tidak terlalu rumit untuk dimainkan oleh anak. Tentu saja sebenarnya hal ini tergantung dari bagaimana anak menggunakannya, namun tetap lebih baik jika memilih dengan tampilan yang sederhana untuk dipilih.

5. Mainan yang Sesuai Umur

Sangat penting tentunya memilih mainan yang sekiranya bisa seusai dengan umur dari si kecil. Jangan sampai mama memberikan mainan yang kurang sesuai sehingga juga bisa menganggu cara bermain dan juga bagaimana anak menggunakannya. Selain itu, memilih mainan yang sesuai dengan umur anak juga berguna untuk menghidarkan anak dari berbagai bahaya. Misalnya saja jika anak dibawah umur 3 tahun diberi mainan dengan bentuk yang mudah untuk di masukkan ke dalam mulut tentu hal ini bisa menyebabkan anak tersedak dan membahayakan bagi anak. PIlih mainan yang sesuai demi keamanan dan juga kenyamanan dari anak saat bermain.

6. Pilih Warna yang Sesuai

Warna tentunya juga menjadi satu bagian yang sangat penting untuk dipehartikan ketika memilihkan mainan untuk anak. Pilih warna yang menarik dan juga menjadi warna kesenangan bagi anak. Hal ini bisa sagnat membantu untuk membuat anak tidak mudah bosan dan juga bisa bermain dengan mainan tersebut setiap saat. Anak pun akan lebih senang dan bisa bermain dengan sepenuh hati dengan mainan tersebut. Warna ini juga bisa menjadi cara untuk mama mengenalkan warna-warna bagi anak ya mama.

Dengan tips memilih mainan untuk anak  diatas tentunya sekarang mama sudah bisa menentukan mainan apa yang pas untuk buah hati. Terlihat sangat sederhana, namun ternyata mainan merupakan bagian yang paling penting untuk mempengaruhi tumbuh kembang anak kan mama. Pilih  mainan yang tepat untuk membuat anak mendapatkan permainan yang tepat lengkap dengan fungsi yang maksimal. Anak pun bisa bermain dengan baik, berkembang dengan baik dan juga belajar dengan baik.

 

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top