Tips dan Trik

Tips Memilih Hijab Syar’i

tips memilih hijab syar'i

Sesuai dengan tuntunan di dalam Al Qur’an, surat An Nuur : 31 yang menjelaskan bahwa setiap wanita muslimah yang sudah baligh wajib menutup aurat. Aurat muslimah yaitu seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajahnya . Salah satu bagian yang harus ditutup adalah bagian kepala terutama rambut, dengan memakai khimar (jilbab panjang) sampai menutup dada. Bagaimana tips memilih hijab syar’i  sesuai tuntunan didalam Al Qur’an dan Sunnah . Jilbab syar’i wajib dikenakan setiap muslimah salah satunya adalah untuk menjaga izzah (harga diri) muslimah sendiri. Jilbab juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari cuaca yang dingin dan panas .Islam sangat memuliakan kaum wanita. Auratnya hanya boleh terlihat untuk yang muhrim dan berdosa jika terbuka di depan non muhrimnya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih jilbabsyar’i untuk para muslimah :

tips memilih hijab syar'i

sponsor; dr rochelle skin expert.

  1. Bahan Tebal Dan Tidak Terawang

Bahan untuk hijab pun sangat dipentingkan dan dipilih dengan teliti . Carilah jilbab yang bahannya tebal atau tidak temerawang (tembus pandang) seperti bahan cisffon , sebaiknya apabila anda ingin menggunakan dengan bahan tersebut untu menambahkan furing atau bahan lain yang dapat menutupinya sehingga tidak terawang. Bahan jilbab yang tebal pada zaman sekarang ini berbagai macam, seperti kain satin, katun, wolfis, tissue, dan lain sebagainya. Bahan seperti ini biasanya digunakan cukup hanya satu lapis saja sudah dapat dipastikan tidak akan tembus pandang. Berbeda  lagi dengan jilbab bahan siffon, beberapa bahan siffon masih ada yang menerawang, meskipun ada bahan siffon yang tebal. Jilbab berbahan siffon biasanya minimal dipakai dua lapis pada jilbab agar tidak menerawang. Namun setiap muslimah memiliki selera masing masing dalam memilih bahan jilbab sesuai dengan nyaman tidaknya .

  1. Bukan Jilbab Punuk Unta

Jilbab yang dikenakan para muslimah, beberapa di antaranya adalah nyaman saat dipakai tanpa menggunakan dalaman (ciput) lagi seperti dalaman topi atau dalaman ninja. Sehingga dapat memakainya secara langsung dengan lapisan jilbab tanpa alas lagi di dalamnya. Namun beberapa jilbab di antaranya, membutuhkan dalaman sebelum mengenakan jilbab yang utama. Dalaman jilbab ini pun berbagai macm bentuknya, dari mulai dalaman berbentuk ‘bando’ rambut, dalaman jilbab berbentuk topi agar jilbab mudah dibentuk, hingga dalaman jilbab yang berbentuk ninja agar bagian leher tidak terlihat.

Dalaman jilbab ninja dapat dibagi menjadi beberapa kategori,yaitu beberapa di antaranya dalaman jilbab ninja biasa seperti jilbab yang dipakai langsung , atau pun dalaman jilbab yang terkenal seperti memakai sanggul di bagian ujung belakang jilbab sehingga Nampak seperti punuk unta . Inilah yang harus kita perhatikan. sanggul yang dipakai dalaman jilbab, inilah yang dimaksud dengan jilbab berpunuk unta dan hal ini sebaiknya dihindari karena di dalam hadist telah disebutkan bahwa hal tersebut dilarang dan diharamkan.

Ada dua golongan penghuni neraka yang belum aku melihat keduanya, kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia [maksudnya penguasa yang dzalim  dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu [jarak jauh sekali]”. (HR. Muslim dan yang lain)

  1. Jilbab Panjang Yang Menutupi Dada

 Jilbab yang dikatakan syar’i sesuai dengan tuntunan pada Al Qur’an adalah jilbab dengan khimar yang menjulur ke depan hingga menutup bagian dada.

Allah SWT berfirman : “Dan hendaklah mereka [perempuan beriman] menutupkan kain kerudung ke dadanya.” (QS An-Nuur [24] : 31)

  1. Kreasi Jilbab Yang Tidak Terlalu Berlebihan

Islam mengajarkan kita semua tentang kesederhananaan dan melarang ummatnya untuk berlebih lebihan dalam hal apapun. Termasuk dalam memilih jilbab sekali pun harus diperhatikan . disarankan agar kita harus memilih jilbab yang sederhana dan tidak berlebihan, begitupun dengan aksesoris yang dikenakan . Namun kita juga tidak hanya asal-asalan dalam memilih jilbab. Keserasian, kecocokan, padu padan busana, juga harus diperhatikan. Dengan demikian anda akan tetpa terlihat stylish dan fashionable .

  1. Tidak Membentuk Tubuh

Bentuk tubuh disini maksudnya adalah bagian leher . hijab dan busana yang syar’i yaitu pakaian yang tidak melihatkan bentuk tubuhnya . terutama pada bagian leher yang harus longgar .

  1. Pakailah Hijab Yang Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Dengan menggunakan hijab yang sesuai dengan jenis bentuk wajah anda hal tersebut dapat mendukung penampilan anda yang semakin menawan . oleh karena itu perlu anda ketahui anda termasuk dalam jenis bentuk wajah apa dan sebaiknya menggunakan bahan hijab apa yang sesuai .

tips memilih hijab syar'i

Nah inilah beberapa tips memilih jilbab syar’i sebagai panduan para muslimah untuk memilih dan mengenakan hijab terbaiknya sesuai dengan tuntunan yang telah ditetapkan dalam Al Qur’an dan sunnah Nabi. Hal ini harus diperhatikan oleh setiap para muslimah agar meraih ridho Allah SWT dan memperoleh syurgaNya karena keistiqomahannya menjaga izzah muslimah melalui hijab syar’I . Afwan kabiir, barakallahufiikum.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top