Tips & Trik Parent

Tips Memiih Pengasuh untuk Anak dan Bayi

Tenaga pengasuh untuk anak dan bayi memang bisa menjadi satu kebutuhan yang harus dilengkapi bagi orang tua, terutama mama yang harus bekerja selain mengurus anak. Dengan adanya bantuan dari pengasuh anak atau bayi ini diharapkan anak-anak tetap mendapatkan perhatian dan juga pola asuh yang baik meskipun tidak selalu didampingi oleh mamanya. Namun, sebagai orang tua sudah pasti harus memperhatikan berbagai Tips Memiih Pengasuh untuk Anak dan Bayi sehingga bisa mendapatkan pengasuh dengan kualitas yang terbaik.

Tips Memiih Pengasuh untuk Anak dan Bayi.2

Sponsored by: cream perawatan wajah

Memilih tenaga pengasuh untuk anak dan bayi tentu harus dilakukan dengan teliti dan berhati-hati demi menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Mengingat saat ini juga semakin banyak modus kejahatan yang berkedok pengasuh anak dan bayi. Tetapi, hal ini tentu bisa saja dihindari asalkan orang tua bisa teliti dalam memilih pengasuh bayi dan anak dengan kriteria tertentu. Berbagai hal berikut ini bisa menjadi tips mudah supaya bisa mendapatkan pengasuh bayi dan anak yang terbaik untuk buah hati tercinta.

Buat Daftar Kriteria Pengasuh

Sebelum memulai untuk mencari sekiranya seperti apakah pengasuh yang akan Anda pilih, sebaiknya mulai terlebih dahulu dengan menuliskan tentang kriteria pengasuh seperti apa yang Anda inginkan untuk anak Anda. Mulai dari waktu kerja, karakter orangnya hingga anggaran atau gaji yang Anda sediakan untuk pengasuh tersebut. Kriteria ini nantinya yang akan menjadi patokan untuk Anda bisa menerima setiap pengasuh  yang menawarkan diri sebagai tenaga pengasuh untuk Anda. Dengan daftar kriteria ini juga akan membuat Anda tidak sembarangan dalam menerima orang sehingga Anda bisa mendapatkan pengasuh yang benar-benar sesuaid engan apa yang Anda harapkan.

Pengasuh yang Kredibel

Pengasuh yang baik dan mumpuni untuk bisa Anda percayai mengasuh anak dan bayi Anda adalah pengasuh yang sudah kredibel dibidangnya. Jika memang Anda menginginkan pengasuh dari suatu yayasan atau penyalur pengasuh anak, maka yang harus Anda pilih adalah yayasan yang juga memiliki track record yang baik. Dengan memperhitungkan hal ini maka Anda akan dihindarkan pada penyalur atau bahkan pada pengasuh yang memiliki niat yang kurang baik.

Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Informasi yang Anda terima akan menjadi satu hal yang sangat berharga ketika Anda sedang mencari tenaga pengasuh anak. Cari informasi dari orang-orang terdekat yang sekiranya sudah pernah menggunakan jasa pengasuh. Sekecil apapun informasi dari mereka pasti nantinya akan Anda butuhkan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih pengasuh manakah yang akan Anda pilih. Cari tahu tentang dimanakah mereka bisa mendapatkan pengasuh, kualitas dari pengasuh tersebut dan berbagai informasi yang sebaiknya harus Anda cari hingga mendetail, pastinya cara ini akan sangat membantu bagi Anda untuk bisa mendapatkan pengasuh yang terbaik.

Datang Langsung ke Penyalur

Memilih pengasuh memang harus benar-benar sesuai dengan apa yang Anda inginkan bersama pasangan. Dengan datang ke penyalur secara langsung Anda bisa mencari manakah yang sekiranya memang terbaik dan paling pas untuk Anda pilih. Bahkan saat di tempat penyalur ini Anda juga bisa untuk melihat secara langsung tenaga pengasuh yang nantinya akan menjadi pengasuh dari anak-anak tersayang Anda. Memperhatikan secara teliti tentang penampilannya apakah rapi dan bersih atau tidak, bagaimana cara berkomunikasinya ataupun bagaimana mereka berkomunikasi dengan anak-anak juga bisa Anda uji ditempat penyalurnya ini.

Wawancara Calon Secara Langsung

Tidak perlu terburu-buru dan langsung pilih saja pengasuh anak yang sudah Anda temui. Bukan hanya dari kesan pertama Anda bertemu dari penampilannya saja yang bisa meyakinkan Anda dan menjadi pengasuh di rumah. Ambil kesempatan juga untuk bisa mewawancari atau hanya sekedar berbincang-bincang secara langsung dengan para calon dari pengasuh yang sudah Anda pilih tersebut. Jangan lupa, ajak anak juga untuk memilih manakah yang cocok untuk mereka apabila anak sudah berusia lebih dari tiga tahun, tetapi jika masih Balita tentu saja insting dari orang tua sanga diandalkan. Wawancarai calon pengasuh tersebut dengan berbagai pertanyaan yang bisa membuat Anda lebih mengenal dirinya sangat membantu untuk lebih memantapkan diri Anda atas pilihan Anda tersebut.

Buat Perjanjian Secara Tertulis

Setelah Anda sudah memutuskan manakah pengasuh yang memang layak untuk Anda pilih kemudian tahap selanjutnya buatlah perjanjian antara diri Anda dan juga pengasuh tersebut. Perjanjian yang mengikat ini akan membuat kedua belah pihak untuk bisa bekerja dan melakukan tugasnya dengan lebih baik. Pengasuh bisa mendapatkan apa yang seharusnya menjadi hak dari Anda dan Anda pun juga sebaliknya bisa mendapatkan bantuan yang terbaik dari pengasuh.

Berkomunikasi Dengan Anak

Jika pengasuh sudah mulai bekerja maka yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah bagaimana kinerja dari pengasuh tersebut apakah baik atau tidak. Untuk lebih mengetahuinya, Anda juga bisa menanyakan bagaimana kinerja dari pengasuh tersebut kepada anak secara langsung. Ajak anak bicara apakah pengasuhnya memperlakukan dengan baik atau tidak. Cara ini bisa membuat orang tua lebih mengontrol kinerja dari pengasuh meskipun tidak secara langsung.

Dengan melakukan berbagai tips diatas maka Anda tidak perlu khawatir lagi ketika harus meninggalkan anak untuk bekerja dan membiarkannya bersama pengasuhnya. Tetapi, yang perlu diingat oleh orang tua adalah meskipun memang anak sudah ada yang mengurusi tetapi bukan berarti orang tua bisa lepas tangan begitu saja. Anak tetap harus mendapatkan perhatian dan kasih sayang seutuhnya dari orang tuanya supaya ia tetap bisa berkembang dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top