Tips & Trik Parent

Tips Membuat Kulit Bayi Tetap Halus

Merawat dan menjaga kulit bayi tetap dalam kondisi yang baik dan sehat tentu menjadi kewajiban bagi orang tua. Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi tetap terlihat sehat adalah dengan menggunakan beberapa Tips Membuat Kulit Bayi Tetap Halus. Kulit bayi menjadi area yang penting untuk terus diawasi dan dilindungi sebab kulit bayi bisa menjadi biang masalah dan membuat anak menjadi rewel jika tidak diatasi dengan cara yang tepat. Bahkan, efek yang paling buruk adalah anak bisa mendapatkan berbagai penyakit kulit hingga iritasi kulit yang tentunya sanga tidak bagus untuk bayi.

Tips Membuat Kulit Bayi Tetap Halus

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Kulit bayi yang halus dan bersih pasti menjadi idaman bagi hampir seluruh orang tua. Kulit bayi yang bersih dan halus menandakan jika memang anak dalam kondisi yang sehat. Jika tidak dirawat dengan cara benar masalah kulit seperti timbulnya kemerahan, bentol-bentol, biang keringat hingga kulit yang kering akan mengganggu keseharian anak. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan anak kurang memliki kulit yang halus diantaranya seperti masalah bahan pakaian, kulit yang terlallu sensitif dan berbagai faktor lainnya. Untuk itulah, atasi dengan cara berikut ini dan dapatkan kulit bayi yang tetap halus dan sehat.

1. Waktu Menjemur Bayi

Saat pagi hari pasti akan ada jadwal tersendiri untuk bayi berjemur supaya bisa mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk kulit dan juga tulang bayi. Selain itu, vitamin D ini juga berfungsi untuk membuat kesehatan anak menjadi lebih baik lagi. Tetapi, dalam menjemur bayi juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan tetapi harus dilakukan dengan cara-cara yang tepat. Yang paling penting adalah kapan waktu yang tepat menjemur bayi. Saat pagi hari dimna cahaya matahari masih bersinar hangat dan tidak terlalu penas merupakan waktu yang paling tepat untuk menjaga kulit bayi dan tidak membuat kulit bayi menjadi rusak.

2. Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Menjaga kebersihan dari tubuh bayi menjadi satu cara untuk membuat kulit bayi tetap haluls dan juga terlihat sehat. Memandikannya secara rutin menjadi satu cara yang palilng tepat untuk bayi bisa mendapatkan kullit yang halus dan bersih. Tetapi meskipun mandi memang dibutuhkan untuk menjaga tubuh bayi tetap sehat bukan berarti Anda harus berlebihan dalam memandikan anak. Mandi dua kali sekali saja sudah sangat cukup untuk bayi supaya bis menjaga kulitnya tetap halus dan terjaga. Air yang digunakan untuk memandikan juga merupakan air yang hangat. Selain baik untuk kulilt, air hangat juga akan membuat tubuh anak menjadi lebih rileks.

3. Sabun Mandi yang Sesuai

Saat memandikan bayi juga perhatikan sabun yang Anda pilih untuk memandikan anak. Pastikan jika sabun yang Anda miliki adalah sabun dengan kadar pH yang rendah. Kadar pH ini penting karena dengan pH yang terlalu tinggi akan membuat kulit nampak kering dan bahkan juga bisa mendapatkan iritasi pada anak. Sabun dengan kadar pH yang baik untuk bayi adalah sabun dengan kadar di kisaran 4,5 hingga 5.

4. Ganti Popok

Bukan hanya pada bagian kulit anak yang terlihat saja yang memang harus orangtua perhatikan supaya tetap halus dan sehat. Tetapi pada bagian bokong anak juga sangat penting untuk diperhatikan. Bagian bokong anak menjadi bagian yang tertutup dan sering terjadi infeksi seperti ruam. Hal ini dikarenakan bayi harus menggunkan popok yang akan menyebabkan udara tidak bisa masuk dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa mencegahnya dengan cara terus mengganti popok anak setelah buang air kecill ataupun air besar.

5. Keringkan Kulit Bayi Setelah Mandi

Setelah bayi selesai dimandikan maka yang Anda lakukan berikutnya adalah mengeringkan bayi dengan cara yang benar. Menggunakan handuk yang bersih dan lembut menjadi cara yang tepat untuk mengeringkan kulit bayi. Selain itu, cara untuk mengeringkan kulit bayi adalah dengan cara ditepuk-tepuk dan bukan diusap atau dengan cara digosok. Jika digosok atau diusap dikhawatirkan akan membuat kulit bayi menjadi tergores atau iritasi karena bayi masih memiliki kulit yang sangat sensitif.

6. Jangan Menggosok Vernix Caseosa

Pada bayi yang masih berusia dibawah 1 bulanan akan terdapat lapisan Vernic Caseosa pada sebagian tubuhnya. Bagian ini bukanlah bagian yang harus dihilangkan dengan cara digosok tetapi biarkan saja hingga bagian tersebut hilang secara sendirinya. Sebenarnya Vernic Caseosa ini malah justru lapisan yang melindungi kulit bayi yang masih sensitif tersebut.

7. Cuci Perlengkapan Anak Dengan Baik

Pakaian bayi, selimut bayi, handuk bayi dan berbagai peralatan yang berhubungan dengan kulit bayi harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan oleh bayi. Meskipun memang peralatan tersebut merupakan peralatan yang baru tetapi barang-barang ini pasti menjadi  barang yang akan terkena debu dan berbagai hal lainnya. Mengingat kullit bayi yang masih sangat sensitif maka sebaiknya cuci terlebih dahulu berbagai perlengkapan dan peralatan tersebut.

8. Pilih Produk Perawatan yang Tepat

Selain dari perlengkapan bayi, berbagai produk untuk perawatan juga harus Anda pilih dengan kualitas yang terbaik dan juga aman untuk bayi. Saat ini ada berbagai produk dengan berbagai merek yang menjadi produk untuk perawatan bayi, dari berbagai perawatan ini maka Anda harus memilih manakah yang paling tepat untuk Anda pilih. Hindari produk dengan pewangi buatan dan juga menggunakan produk-produk tertentu yang aman untuk bayi.

Dengan menerapkan berbagai cara diatas tentu akan membuat bayi bisa mendapatkan kullit yang halus. Kulit bayi yang masih sensitif memang harus diperhatikan dan harus dirawat dengan cara yang tepat. Kulit bayiu pun akan menjadi halus dan tidak akan  mendapatkan kulit yang iritasi sehingga anak akan tetap nyaman dan tidak rewel.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top