Career Tips

Tips Membuat CV yang Menarik

Curriculum Vitae atau juga disebut sebagai Daftar Riwayat Hidup merupakan salah satu dokumen yang sangat penting yang harus anda lengkapi ketika anda ingin melamar pekerjaan. Dari CV inilah nantinya para pewawancara kerja akan menentukan apakah anda akan masuk untuk ke jenjang proses berikutnya ataukah tidak. Dari CV ini jugalah, para pewawancara dan orang yang anda lamar akan mengetahui tentang gambaran singkat tentang pribadi anda. Mereka juga akan menilai dari sisi kepribadian, pengalaman  hingga kualifikasi yang anda miliki. CV juga merupakan satu cara bagi anda untuk bisa memprosomosikan anda dan mengenalkan anda terhadap perusahaan atau pihak pewawancara yang lamar.

Sponsored by: pemutih wajah

tips-membuat-cv-yang-menarik

Oleh karena itulah, CV harus anda buat sebaik mungkin untuk menjadi media promosi yang terbaik untuk diri anda. CV yang juga merupakan tempat bagi anda untuk menunjukan akan kemampuan dan juga hal yang membuat anda berbeda dibandingkan dengan yang lainnya tentunya haruslah anda perhatikan dengan sungguh-sungguh setiap isi dan juga hal yang ada didalamnya. Dengan membuat CV yang menarik dan bisa diterima oleh perusahaan atau pihak penyeleksi pekerja, maka anda akan menjadi salah satu kandidat paling didominasikan pada perusahaan tersebut. Berikut ini Tips Membuat CV yang menarik yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan CV terbaik, menarik dan membawa anda kesuksesan.

1. CV yang Menggambarkan Diri Anda

CV yang terbaik adalah CV yang bisa untuk menjadi tempat yang bisa untuk menggambarkan akan siapa diri anda. Dari CV ini juga bertujuan untuk lebih mengekspresikan tenang segala hal yang perlu anda ceritakan kepada perusahana yang anda lamar. Pastikan jika berbagai hal yang anda miliki yang sekiranya bisa menjadi hal yang menarik bagi perusahaan anda tuangkan dalam CV anda. Berbagai keahlian , pengalaman dan juga pendidikan harus anda jelaskan dengan sebaik mungkin demi untuk menjadi salah satu pertimbangan yang nantinya akan dijadikan tolak ukur bagi perusahaan yang anda lamar. Namun, dalam memasukan tentang berbagai hal tersebut pastikan juga jika anda tidak memasukkannya dengan terlalu berlebihan dan pastikan hanya hal-hal yang sekiranya dibutuhkan dan bisa menarik dari perusahaan yang anda tuju.

2. Format Profesional

Format penulisan dan juga gaya dari format CV juga terkadang tidak begitu diperhatikan oleh para pelamar pekerjaan. Padahal format dalam CV anda juga akan menjadi salah satu penilaian yang akan dilihat oleh para penyeleksi pekerja yang anda lamar. Format yang baik adalah format yang tertata dan tersusun dengan rapi dimana hal ini akan memberikan kesan kerapian dan juga kesungguhan dari penulisan CV anda. Sedangkan hal kedua yang harus anda perhatikan adalah bahasa yang akan gunakan dalam menulis CV tersebut, anda harus menulis dengan bahasa yang mudah dipahami, singkat dan juga lugas. Hal ini akan mempermudah bagi peneleksi dalam membaca dan juga bisa dengan mudah untuk mendapatkan inti dari CV yang sudah anda buat.

3. Hindari Kesalahan

Setelah selesai membuat CV cobalah untuk melakukan pengecekan kembali pada CV anda. Sebisa mungkin anda harus meminimalisir kesalahan yang bisa anda buat dalam CV tersebut. Berbagai kesalahan seperti salah penulisan, kurang memberikan keterangan ataupun hal lainnya harus sebisa mungkin untuk anda kurangi. Dengan menulis dengan lebih cermat dan melakukan pengecekan kembali akan membuat CV anda terlihat menjadi lebih baik lagi. Tanpa adanya kesalahan pada CV juga akan menjadi nilai tambah untuk diri anda. Anda akan mendapatkan citra yang baik dan tim rekruitmen juga akan berpendapat jika anda memiliki kesungguhan dalam melamar pekerjaan ini.

4. Jangan Berbohong

Demi untuk terlihat mengesankan dan ingin memiliki berbagai macam keahlian terbaik, anda sangat tidak disarankan untuk berbohong. Tulis saja apapun yang benar-benar sudah anda kerjakan dan benar-benar anda miliki. Jangan sampai anda menambahkan keterangan palsu yang nantinya juga akan membuat anda malah justru mendapatkan nilai yang buruk pada CV anda. Pihak rekruitmen pasti akan mengetahui manakah keterangan yang asli dan manakah keterangan yang anda buat-buat dan anda tambahkan atanpa ada kenyataan sedikitpun.

5. Masukan Informasi yang Penting Saja

Sama halnya dengan berbohong, memasukkan berbagai hal dan keterangan secara berlebihan juga berdampak tidak baik pada penilaian CV anda nantinya. CV yang paling baik adalah CV yang dibuat dengan sangat padat dan langsung berisi hal-hal yang penting saja dalam CV tersebut. Informasi yang padat ini akan membuat CV anda menjadi lebih mudah untuk diproses dan dilihat oleh pihak rtim rekruitmen. Ditambah, semakin padat CV yang anda buat akan semakin disukai oleh tim rekruitmen karena memang tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan seleksinya.

6. Boleh Membuat Lebih dari Satu Lembar

Biasanya pelamar yang baru akan sangat takut untuk menambah pembuatan Cv hingga dua lembar atau lebih. Padahal hal ini bukan kesalahan yang harus dihindari. Asalkan informasi yang anda tambahkan merupakan invorasi yang valid dan juga tidak menggunakan bahasa yang terlalu berbelit-belit maka anda bisa mendapatkan CV yang tiadak hanya satu lembar melainkan lebih dan hal ini sah saja untuk dilakukan.

Nah, dengan melakukan beberapa Tips Membuat CV yang menarik diatas anda sudah bisa untuk melamar ke perusahaan yang anda inginka. CV memang menjadi salah satu dokumen yang sangat penting untuk anda perhatikan untuk anda buat, sebab dengan CV ini anda bisa memberikan gambaran akan diri anda. Semakin baik dan semakin menarik CV anda tentunya akan semakin cepat proses seleksi dari tim rekruitmen. Semakin baik juga CV yang anda buat tentunya akan menjadi nilai tambah dan membuat anda menjadi kandidat terbaik untuk perusahaan tersebut.

Baca juga: Tips Untuk Tetap Produktif Dalam Bekerja

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top