Tips & Trik Parent

Tips Membuat Anak Rajin ke Sekolah

Salah satu permasalahan yang sering timbul ketika anak mulai masuk di usia sekolah adalah anak yang tidak senang dan rajin untuk kesekolah. Ada tipe anak yang sangat malas untuk ke sekolah karena berbagai alasan yang dirasakannya. Untuk mengatasi anak yang tidak mau datang ke sekolah, tentu mama harus menggunakan Tips Membuat Anak Rajin ke Sekolah yang mudah dan jitu supaya anak bisa bersekolah dengan baik.

Tips Membuat Anak Rajin ke Sekolah

Sponsored by: cream perawatan wajah

Jika tidak segera ditangani dengan benar maka anak akan bisa secara terus menerus mengulangi kebiasaan malasnya untuk pergi ke sekolah. Meskipun untuk anak yang baru masuk sekolah pertama kali hal ini menjadi hal yang lumrah, namun jika tidak diatasi anak bisa keterusan untuk tidak mau sekolah lagi. Anak perlu dukungan dari orang tua supaya anak mau untuk terus pergi ke sekolah secara giat. Padahal, dengan kesekolah anak tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan saja, tetapi dari sekolah anak juga akan berlatih untuk berinteraksi dan beradaptasi di tempat yang baru. Berbagai cara mengatasi anak untuk bisa rajin dan senang sekolah seperti berikut ini tentu akan sangat membantu mama.

1. Ajak Anak Berbicara

Bisa saja anak awalnya sangat bersemangat untuk sekolah, namun setelah 1-3 hari tiba-tiba anak mogok untuk sekolah dan tidak mau untuk kesekolah lagi. Untuk membuat anak kembali rajin dan mau untuk sekolah, tanyakan terlebih dahulu sebenarnya apa yang terjadi disekolahnya. Ajak anak untuk berbicara dan bercerita segala hal yang dia alami disekolahnya tersebut. Cari tahu apakah ia bermasalah dengan teman, guru ataupun hal lainya dimana nantinya bisa Anda selesaikan dengan cepat.

2. Menulis yang Disukai dan Tidak

Jika anak masih sulit untuk berbicara dan tidak mau untuk berkata jujur sebenarnya apa yang membuatnya tidak mau untuk sekolah, maka Mama bisa mengajaknya untuk bermain apa yang ia sukai dan tidak. Mama bisa menyuruh anak untuk menuliskan berbagai hal yang sekiranya ia sukai dan apa yang tidak ia sukai. Setelah ia selesai menulis, analisa satu persatu permasalahan yang dihadapinya. Kemudian mama bisa memberikan solusi bagaimana mengatasi hal yang tidak ia sukai. Cara ini akan membuatnya bisa merasa lebih baik dan mau kembali sekolah dengan rajin.

3. Bangunan Sekolah

Untuk anak yang akan masuk ke PAUD ataupun TK, mama perlu memilihkan sekolah yang memang memiliki kualitas yang sangat bagus. Cara ini akan membuat anak bisa tertarik dan membuatnya untuk terus rajin datang kesekolah. Sebelum mama mendaftarkan anak ke salah satu sekolah, mama lebih baik melakukan riset terlebih dahulu manakah sekolah yang cocok untuk anak. Usia anak yang masih dini, biasanya akan senang jika melihat bangunan sekolah yang menarik dengan banyak lukisan atau warna-warni. Lingkungan sekolah yang bagus dan juga menarik tentu akan membuat anak menjadi jatuh cinta dengan sekolahnya, hal ini nantinya yang akan menjadi alasan bagi anak untuk terus rajin pergi ke sekolah.

4. Terapkan Aturan

Alasan yang paling mudah untuk selalu dipakai oleh anak yang tidak mau sekolah adalah alasan sakit. Anak pasti akan memiliki cara tersendiri untuk membuat diri mereka seolah-olah sakit dan tidak mampu untuk berangkat sampai kesekolah. Untuk mengatasi hal ini, mama bisa mulai untuk menerapkan aturan dimana jika anak tidak sakit seperti demam, muntah ataupun diare anak harus tetap sekolah tanpa kecuali apapun. Hal ini akan membuat anak kapok untuk tidak mencari alasan sakit untuk tidak pergi ke sekolah.

5. Reward

Cara yang paling menarik untuk membuat anak mau untuk melakukan apa yang orang tua inginkan adalah dengan memberikan hadiah atau penghargaan. Begitu juga tentang kehadirannya disekolah. Tak perlu memberikan hadiah yang selalu mahal ataupun berlebihan, mama bisa memberikan mainan, peralaan menggambar ataupun lainnya untuk menjadi daya tarik bagi anak. Anak harus berjanji untuk rajin sekolah kemudian mama berjanji untuk memberikan hadiahnya tersebut. Cara ini tentu jauh lebih menarik dan membuat anak mau untuk rajin datang ke sekolahnya.

6. Bekerja Sama dengan Sekolah

Masalah kecemasan pada anak karena terlalu takut untuk tidak bisa berinteraksi ataupun tidak merasa aman juga bisa menjadi satu hal yang membuatnya tidak rajin untk sekolah. Untuk mengatasi hal yang satu ini, orang tua memerlukan peran sekolah secara langsung untuk mengatasinya. Bicarakan kepada pihak sekolah akan apa yang dirasakan anak dan minta pihak sekolah untuk membantu anak dalam berinteraksi. Dengan dihadapi dengan baik oleh gurunya, iapun tak lagi memiliki alasan untuk tidak sekolah.

7. Menemukan Teman Dekat

Salah satu hal yang akan membuatnya bersemangat untuk datang kesekolah adalah ketika ia menemukan teman dekatnya disekolah. Adanya teman baru ini akan membuatnya merasa senang dan merasa jika ia aman saat berada disekolah. Teman yang selalu ada disampingnya juga akan membuatnya tidak merasa kesepian disaat dia harus terus beradaptasi dan berinteraksi dengan teman barunya yang banyak. Oleh karena itulah, mama bisa mencarikan teman dekat untuknya yang sangat membantu untuk membuat anak kembali rajin ke sekolah.

Berbagai cara diatas tentu sangat membantu untuk membuat anak bisa kembali rutin dan rajin pergi kesekolah. Jangan lupa, proses adaptasi anak di sekolah memang akan memakan waktu apalagi untuk anak dengan kriteria yang pemalu. Orang tua dan juga guru sangat dibutuhkan perannya untuk membuat waktu sekolah anak menjadi lebih baik dan lebih rajin saat sekolah lagi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top