Parenting Info

Tips Membuat Anak Bisa Membaca Di Usia 4 Tahunan

Tips Membuat Anak Bisa Membaca Di Usia 4 Tahunan

Anda salah satu orang tua yang tengah memiliki anak balita? Mungkin tips membuat anak bisa membaca di usia 4 tahunan ini bisa membantu. Mengajarkan membaca kepada anak merupakan tugas yang wajib untuk dilakukan oleh setiap orang tua terhadap buah hatinya. Membaca adalah kegiatan dimana anak dapat membaca sebuah tulisan serta memahaminya.

Sponsor: pemutih wajah

Karena membaca sangat penting bagi anak ada baiknya Anda mengajarkan kepada buah hati sejak masih usia dini bahkan ketika buah hati Anda masih berumur 4 tahun. Berbagai kendala pastinya akan dihadapi ketika mengajarkan anak yang masih belum mengetahui apa-apa tersebut sehingga diperlukan triktrik khusus agar mudah diterima oleh anak dan tidak memberatkannya. Berikut tips lengkapnya;

Tips Membuat Anak Bisa Membaca Di Usia 4 Tahunan

  • Tidak Memaksakan

Tips pertama mengajarkan membaca kepada anak yang masih berusia 4 tahunan adalah dengan tidak memaksakannya. Lakukan kegiatan belajar tersebut dengan senyaman mungkin dan tidak ada unsur paksaan di dalamnya. Apabila belajar karena adanya paksan dari orang tua maka yang terjdi adalah anak tidak akan pernah mau untuk belajar atau jika mau belajar maka anak akan susah untuk memahami dan mengerti apa yang telah di ajarkan. Mood atau perasaan buah hati Anda sangatlah menentukan sehingga ada baiknya mengajaknya untuk belajar membaca dan memahami huruf abjad dilakukan ketika moodnya sedang bahagia dan mau belajar dengan sendirinya.

  • Tidak Memasangkan Target

Selain harus tidak ada unsur paksaan di dalamnya cara selanjutnya untuk mengajarkan membaca kepada anak adalah dengan tidak memasang target. Kesalahan terbesar dari orang tua yang sering dilakukan adalah selalu memasangakn target kepada buah hatinya yang diajarkan. Misalnya saja dalam sehari harus bisa menghafal atau memahami satu atau dua kata. Hal tersebut tidak boleh dilakukan karena dengan adanya target maka anak akan merasa sangat terbebani mentalnya sehingga hal ini justru akan berdampak kurang baik bagi perkembangan otak serta kemauan buah hati untuk belajar. Ada baiknya Anda melakukan kegiatan belajar ini dengan santai mengalir dan tidak ada target yang harus dipenuhi. Jika cara ini dilakukan bukan tidak mungkin proses belajar justru akan sagat mudah karena anak tidak akan merasakan beban di dalamnya.

  • Bersifat Alamiah

Cara yang paling mudah untuk mengajarkan anak agar bisa membaca di usia balita adalah dengan mengajarkan beberapa kata yang alamiah dan sering didengar. Ada baiknya ketika Anda mengajarkan tersebut secara alamiah dan spontanitas, misalnya saja ketika menonton televisi atau sedang berjalan-jalan Anda dapat menanyakan atau mengajarkan beberapa hal yang terdapat di dalamnya seperti pohon, kendaraan, dan lain sebagainya yang sering ditemukan. Dengan cara ini anak dapat dengan mudah memahami dan mengerti tentang nama-nama benda yang ada disekelilingnya sehingga kemampuan untuk membaca dapat dengan mudah didapatkan.

  • Bersifat Menyenangkan

Cara terakhir dan yang paling sering dilakukan oleh orang tua dalam mengajarkan sesuatu apapun kepada buah hatinya adalah belajar dalam keadaan yang menyenangkan atau dalam istilahnya bermain sambil belajar. Dengan suasana yang santai dan ceria maka mood anak juga merasakan yang demikian sehingga anak dapat dengan mudah memahami atas apa yang telah Anda ajarkan kepadanya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top