Tips & Trik Parent

Tips Membuat Anak Bertambah Nafsu Makan

Masalah nafsu makan yang berkurang memang akan menjadi satu hal yang sangat mengkhawatirkan. Apalagi jika anak mengalami nafsu makan yang menurun dan kemudian membuat anak tidak akan mendapatkan asupan gizi yang cukup. Diperlukan Tips Membuat Anak Bertambah Nafsu Makan yang tepat supaya anak bisa mendapatkan asupan gizi dan juga nutrisi yang tepat. Saat diatasi dengan menggunakan cara yang tepat tentu akan membuat anda bisa mendapatkan anak dengan asupan gizi yang pas. Dari asupan gizi dan juga nutrisi ini tentu akan membuat anak terlihat lebih sehat dan memiliki badan yang juga segar.

Tips Membuat Anak Bertambah Nafsu Makan.2

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Ada berbagai faktor yang menyebabkan anak kehilangan nafsu makannya. Segala faktor ini bisa diatasi dengan sangat baik asalkan diatasi dengan cara yang tepat. Cara ini tentunya akans angat membantu bagi mama untuk membuat anak tidak kekurangan asupan makanan pada dirinya. Sebab, jika kekurangan asupan makanan secara terus menerus akan membuat anak kurang tumbuh dengan baik dan juga membuat anak tidak bisa mendapatkan asupan tenaga yang cukup. Dengan cara ini, maka anak bisa terus mendapatkan asupan gizi yang cukup.

1. Suapi Anak

Jika anak masih dalam usia balita, mama bisa mengambil alih aktivitas makan anak dengan menyuapinya. Ketika anak sudah mulai tidak mau makan, biasanya ia akan malas untuk mengkonsumsi makanan ataupun juga tidak akan menghabiskan makanannya dan kabur meninggalkan makanannya dimeja. Oleh karena itulah, bantu si kecil untuk menghabiskan makanannya dengan cara disuapi. Bujuk secara halus dan lakukan dengan telaten untuk terus mengikuti segala kegiatannya meskipun sedang makan. Tak apa-apa untuk membiarkannya makan sembari bermain dan terus untuk Anda suapi.

2. Biarkan Anak Memilih Menu Makannya

Cara yang paling ampuh untuk membuat nafsu makan anak kembali adalah dengan memberikan makanan yang sesuai dengan apa yang ia inginkan. Anda bisa menawarkan beberapa pilihan makanan yang sesuai dengan apa yang bisa Anda buat ataupun yang ada disekitar rumah Anda. Dengan memilih makanan yang ia sukai ini akan membuat dirinya merasa sangat senang dan mau untuk nafsu kembali dalam mengkonsumsi makanan yang diinginkannya tersebut.

3. Libatkan Anak dalam Menyiapkan Makanan

Bukan hanya memilih makanan saja, jika yang dia inginkan merupakan makanan yang bisa dibuat dengan cara yang mudah, Anda juga bisa mengajak anak untuk ikut serta dalam membuatnya. Proses membuat makanan yang Anda buat secara seru dan menyenangkan ini akan membuat nafsu makan dari anak timbul dan tentunya benar-benar membuat Anak sangat tertarik dengan makanan yang akan dikonsumsinya tersbut. Beri saja cara yang mudah dan aman untuk anak seperti memotong pisang, mengupas kacang, atau juga mencetak makanan yang Anda buat tersebut. Dengan cara ini mereka pun juga akan penasaran dengan makanan yang sudah mereka buat tersebut.

4. Berikan Makanan yang Bervariasi

Hal yang paling bisa untuk menarik nafsu dan perhatian anak adalah dengan memberikan makanan secara bervariasi untuk anak. Memberikan makanan yang berbeda akan menghindarkan anak dari rasa bosan hanya karena mengkonsumsi makanan yang itu itu saja. Anak bisa saja saat ini bisa mengkonsumsi buah atau sayur dengan begitu senangnya, namun kemudian bisa saja besok ia tidak mau lagi untuk mengkonsumsinya. Oleh karena itulah, diperlukan makanan yang bervariasi untuk membuat anak tidak kembali merasa bosan dan mau untuk menjaga nafsu makannya.

5. Berikan Camilan Sehat

Nafsu makan anak sangat perlu untuk dirangsang dengan cara memberikan camilan yang sehat untuk ia konsumsi secara rutin. Memberikan makanan ringan yang memiliki nutrisi dan juga gizi yang cukup membantu anak juga tetap memiliki asupan gizi dan juga nutrisi dengan ukuran yang pas. Misalnya saja siapkan camilan seperti buah, roti, agar-agar ataupun jeli yang bisa ia camil setiap saat untuk membuatnya tetap mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup.

6. Makanan di Sajikan dengan Menarik

Tampilan dari makanan yang menarik juga akan membuat nafsu makan dari anak menjadi lebih baik lagi. Berikan makanan dengan tampilan yang lucu dan juga warna yang berwarna-warni untuk membuat anak bisa mendapatkan nafsu makan yang bertambah. Mama juga bisa membuat makanan dengan bentuk layaknya seperti pahlawan ataupun karakter kesukaannya. Dengan cara ini tentunya akan semakin membuat anak mau untuk mengkonsumsinya makanan yang dihidangkan.

7. Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Akan sangat menarik bagi anak ketika ia berada dikondisi makan yang menyenangkan. Biasanya anak akan menjadi susah untuk makan karena ia sedang asyik bermain ataupun lebih sibuk dengan aktivitas menyenangkan lainnya. Ia berpikir jika akvitias makan hanya akvitas yang tidak menyenangkan dan membosankan. Oleh karena itulah, ajak anak untuk makan disituasi yang menyenangkan demi mendapatkan nafsu makan anak yang baik dan membuatnya mau untuk mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Dengan berbagai cara diatas tentu akan membuat Anak bisa lebih meningkatkan nafsu makannya. Cara ini juga menjadi cara yang lebih baik jika dibandingkan harus terus memaksa anak untuk bisa makan dengan jumlah yang cukup. Justru dengan terus memaksa anak malah akan membuatnya menjadi semakin tidak mau untuk mengkonsumsi makanan. Sehingga, anak pun tidak akan mendapatkan asupan nutrisi dan juga gizi yang cukup.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top