Tips & Trik Parent

Tips Membiasakan Anak Olahraga

Olahraga menjadi salah satu akvitias penting yang harus dibiasakan oleh orang tua pada anaknya dengan menggunakan berbagai Tips Membiasakan Anak Olahraga. Anak yang memiliki kebiasaan olahraga dengan baik ia akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan bisa mendapatkan kondisi  kesehatan yang lebih baik lagi. Kebiasaan untuk olahraga secara rutin tidak bisa datang dengan sendirinya. Melainkan anak juga memerlukan tips khusus supaya anak menjadi pribadi yang senang untuk melakukan olahraga secara rutin setiap hari.

Tips Membiasakan Anak Olahraga

Sponsored by:  cream perawatan wajah

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari rajin berolahraga terutama bagi ana-anak yang masih dalam masa keemasannya. Mulai dari anak yang bisa mendapatkan peerkembangannya dengan maksimal, anak menjadi lebih bugar dan sehat dan berbagai manfaat lainnya. Apalagi jika kebiasaan ini terus dilakukan anak hingga ia dewasa nanti yang tentunya akan membuat ia terus menjadi pribadi yang hidup dalam tingkat kesehatan dan kebugaran yang tinggi. Berikut ini berbagai tips dan cara untuk membuat anak bisa lebih terbiasa untuk melakukan olahraga dengn lebih giat dan rutin.

  1. Kenali Aktivitas Fisik yang Sesuai

Saat anak-anak dan masih dalam usia yang kecil tentu tidak bisa jika langsung mendpatkan aktivitas yang tinggi atau berat. Ada beberapa aktivitas yang harus disesuaikan dengan usia dari si anak. Anak TK akan berbeda dengan anak yang SD dan begitu juga seterusnya. Untuk anak yang masih berusia TK bisa diajak untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan seperti bermain bola, melempar bola, menendang ataupun berlarian kecil disekitar taman. Saat ia sudah menganjak SD hingga SMA tentu ia akan mendapatkan aktivitas yang berbeda. Memilih aktivitas yang tepat ini akan membuat anak bisa mendapatkan gerakan yang sesuai.

  1. Jadilah Contoh

Hal yang juga bisa membantu untuk membuat anak terbiasa untuk mendapatkan pola hidup yang sehat dan juga bisa melakukan olahraga secara rutin adalah berikan contoh kepadanya. Kebiasan yang terus dilakukan oleh orang tuanya tentu akan menjadi satu hal yang kemudian ia contoh dan ingin untuk mereka lakukan. Sebaiknya, sebelum memulai untuk menuntut anak untuk melakukan olahraga secara rajin dan rutin maka orang tua harus melakukannya terlebih dahulu. Lama kelamaan nanti anak akan penasan dan kemudian mencoba untuk melakukannya.

  1. Ciptakan Olahraga yang Menyenangkan

Anak-anak tentu masih akan merasa malas jika melakukan hal yang terlalu serius. Ia pun akan merasa bosan dengan gerakan yang begitu-begitu saja hingga ia pun akan berhenti untuk melakukannya. Oleh karena itulah jika masih dalam usia anak-anak sebaiknya ciptakan suasana olahraga yang menyenangkan. Lebih baik menggunakan olahraga dengan aktivitas fisik yang sedikit namun dengan variasi yang banyak. Setiap gerakan yang diberikan variasi yang menyenangkan ini akan membuat si kecil merasa senang dan lebih berkesan dengan kegiatan olahraga tersebut. Ia pun akan terus ketagihan untuk melakukan olahraga secara rutin.

  1. Ajak Anak Keluar Rumah

Sejak awal anak bisa dikenalkan pada olahraga dengan cara mengajaknya keluar kemudian melihat bagaimana orang berolahraga. Saat akhir pekan misalnya, Anda bisa langsung mengajak anak ke taman bermain ataupunt empat lainnya yang bisa digunakan untuk olahraga dan juga banyak orang melakukan olah raga. Saat ini juga ada banyak sekali acara car free day yang bisa digunakan untuk ajang berolahraga. Selain olahraga anak juga akan menikmati udara pagi yang masih segar. Ditambah dengan tambahan berbagai jajanan yang ada pada acara tersebut juga tidak salah untuk menajdi satu daya tarik yang diberikan kepada si anak.

  1. Biasakan Untuk Berjalan

Supaya anak tidak malas, anak sejak kecil juga bisa diajarkan untuk berjalan jika memang hanya pergi ke tempat-tempat yang dekat. Dengan kebiasaan ini maka anak pun tidak akan malas dan bisa menjadi sangat gemar untuk berjalan nantinya. Kebiasaan ini bahkan juga bisa menjadi kebiasaan baik jika terus ia lakukan hingga ia besar nantinya. Buah hati pun akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat bahkan tanpa harus berolahraga berat sekalipun.

  1. Ajak Berolahraga Bersama

Olahraga secara bersama-sama dengan keluarganya akan menjadi satu kegiatan yang lebih menarik dan lebih ia inginkan. Untuk itulah, sebaiknya selalu sempatkan untuk melakukan olahraga bersama anak paling tidak seminggu sekali. Olahraga secara bersama-sama dengan keluarga akan dirasa lebih seru dan ramai sehingga ia pun tidak akan merasa bosan karena harus melakukan olahraga sendirian. Hal ini juga akan menjadi satu hal yang menunjukan jika memang dalam keluarganya olahraga merupakan satu hal yangs angat penting.

  1. Dukung Olahraga yang Ia Sukai

Untuk lebih meningkatkan keinginan dan minat anak untuk berolahraga, Anda juga bisa mengajak anak untuk ketempat olahraga yang ia sukai. Misalnya saja, jika anak senang untuk berenang maka ajak saja dia atau jika ia cenderung suka dengan olahraga tertentu maka salurkan kegemarannya tersebut hingga menjadi hoby. Justru dengan ia sudah suka dengan satu jenis olahraga akan membuat dirinya menjadi lebih mudah untuk menghargai setiap olahraga yang ia lakukan. Bahkan, dengan menyalurkannya di wadah yang tepat ia bisa juga tidak hanya sekedar hoby berolahraga tetapi juga jadi mahir hingga menjadi atlet olahraga.

Berbagai cara diatas tentunya menjadi cara terbaik untuk membuat anak bisa lebih senang dan gemar untuk melakukan olahraga. Olahraga yang sangat penting dan menyehatkan tubuh ini harus menjadi satu kebiasaan penting yang terus diterapkan pada anak. Anak pun akan tumbuh menjadi lebih sehat dan bugar.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top