Tips & Trik Parent

Tips Melatih Anak Rajin Sikat Gigi

Salah satu kebiasaan penting yang harus diperhatikan dan dilatih untuk anak adalah kebiasaan anak untuk bisa rajin sikat gigi setiap hari. Tips Melatih Anak Rajin Sikat Gigi diperlukan supaya anak bisa menjadi lebih rajin dan tidak malas untuk menyikat gigi. Cara yang benar juga harus diajarkan sehingga membuat anak bisa lebih baik dalam menjaga kesehatan gigi. Gigi yang tidak dijaga akan mengalami kerusakan yang tentunya bisa sangat menganggu dari proses pertumbuhan anak tersebut.

Tips Melatih Anak Rajin Sikat Gigi

Sponsored by: cream perawatan wajah

Supaya anak bisa lebih sehat dan bisa menjaga gigi dengan benar maka yang perlu diperhatikan adalah selalu ajarkan anak untuk melakukan sikat gigi. Cara sikat gigi yang benar akan membuat anak tumbuh menjadi seorang anak yang sehat dan tidak lagi mendapatkan permasalahan. Jika anak malas untuk melakukan gosok gigi, bisa-bisa anak akan mengalami gigi berlubang, gigi sensitif dan bisa gigi yang tidak tertata dengan rapi. Akibatnya nanti akan kerepotan sendiri ketika ia besar karena sakit gigi yang bisa sangat mengganggu. Oleh karena itulah, segera ajarkan anak untuk gosok gigi hingga nanti ia bisa lebih rajin dan benar dalam menjaga kebersihan gigi.

  1. Ajarkan Sejak Dini

Tidak ada kata terlalu dini ketika mengajarkan anak akan berbagai hal yang berhubungan dengan kebiasaan yang baik, termasuk juga dengan mengajarkan anak untuk menyikat gigi. Anak bisa diajarkan untuk bisa menyikat gigi sejak ia sudah memiliki gigi meskipun belum tumbuh seutuhnya. Dengan membuat ia mengenal dengan aktivitas ini sejak dini tentu akan membuat dirinya bisa menjadi lebih dekat dan bisa lebih terbiasa untuk bisa melakukan sikat gigi lebih rajin nantinya.

  1. Berikan Sikat Gigi yang Lembut

Untuk anak-anak memilih sikat gigi yang tepat sangat penting untuk tetap menjaga kondisi gigi dan gusi anak tetap sehat. Jika sikat gigi yang dipilih terlalu kasar takutnya akan menyakiti bagian gigi dan gusi anak menjadi sakit dan bisa saja ia menjadi kapok untuk melakukan sikat gigi lagi. Selain itu, dengan struktur sikat gigi yang lembut akan menghindarkan gigi dan gusi anak dari abrasi yang justru akan menjadi sarang bakteri hingga membuat gigi menjadi terkikis dan rusak.

  1. Ajarkan Gerakan Menyikat Gigi yang Benar

Hal yang snagat penting untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi yang bagus dan tidak sakit adalah dengan memberikan gerakan sikat gigi yang tepat pada saat menyikat gigi. Gerakan yang tepat adalah dengan menggunakan sikat gigi atau cara menggosok gigi dengan bagian luar dan bagian atas gigi harus digosok dengan posisi 45 derajat. Gerakan ini tujuannya adalah untuk membuat kotoran yang ada pada sela-sela gigi menjadi hilang dan bersih.

  1. Menyikat Gigi Sambil Bernyanyi

Menggosok gigi bisa menjadi rutiitias yang membosankan untuk anak. Oleh karena itulah, orang tua harus bisa menemukan cra yang paling tepat untuk membuat anak tidak merasa bosan ketika harus menyikat gigi secara rutin. Caranya adalah dengan melakukan cara menyikat gigi sembari menyikat gigi. Ajak anak untuk menyanyikan lagu yang menjadi favoritnya saat ini. Dengan cara ini akan membuat anak merasa senang dan tidak merasa bosan ketika harus menyikat gigi sepajang harinya.

  1. Gunakan Mainan Kesayangannya

Saat anak juga memilikki mainan kesayangan, mainan ini juga bisa menjadi satu cara untuk melatih anak supaya lebih mengenal dan rajin untuk melakukan sikat gigi. Mainan ini bisa Anda ajak untuk juga sikat gigi meskipun hanya berpura-pura tetapi cara ini akan menjadi cara ampuh untuk merayu anak sehingga bisa menarik untuk melakukan sikat gigi secara lebih rajin lagi. Kegiatan ini nantinya akan menjadi kegiatan yagn menyenangkan karena ia juga bisa menggosok gigi bersama mainan kesayangannya.

  1. Berikan Contoh

Hal yang paling penting ketika anak ingin belajar satu aktivitas tertentu adalah anak harus diberi contoh akan berbagai hal baik tersebut termasuk dalam merawat dan menyikat gigi. Selalu berikan contoh jika memang Anda melakukan sikat gigi  dengan benar dan senantiasa merawat gigi dengan baik. Anak pasti ingin meniru kegiatan yang dilakukan oleh orang tuanya sehingga dengan memberikan contoh maka akan membuat anak mendapatkan akvitias yang baik yang juga akan dilakukan oleh anak.

  1. Beritahu Pentingnya Menggosok Gigi

Orangtua juga harus aktif untuk memberikan informasi tentang manfaat dan juga risiko yang diterima anak jika anak tidak bisa rajin menggosok gigi. Berikan contoh jika anak tidak rajin menggosok gigi maka bisa jadi akan mengganggu gigi dan gusi yang kemudian membuat anak bisa kesakitan. Berikan juga contoh berikutnya tentang risiko jika anak tidak menggosok gigi dengan baik, pastinya dengan berbagai hal ini akan menimbulkan niat yang lebih dalam dari anak.

  1. Download Video

Hal yang memnarik perhatian anak juga lebih bisa Anda dapatkan dengan memberikan pelajaran bagi anak untuk melakukan aktivitas kegiatan menyikat gigi yang menyenangkan. Saat ini di youtube ada banyak sekali video anak kecil yang menggosok gigi sehingga hal ini juga bisa menarik perhatian dari anak. Selain membuat anak bisa lebih tertarik dengan video ini juga lebih membantu untuk melihatkan bagaimana melakukan sikat gigi yang benar dan tepat.

Berbagai cara diatas tentunya menjadi cara terbaik untuk anak bisa menyikat gigi dengan benar. Menyikat gigi bukanlah hal yang sulit asalkan dengan cara yang tepat maka cara tersebut bisa dilakukan dengan baik. Dengan mendidik anak sejak dini dengan cara-cara yang tepat maka menyikat gigi bukan lagi menjadi hal yang membosankan untuk anak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top