Tips & Trik Parent

Tips Manjakan Anak Tanpa Efek Negatif

Kita semua pasti setuju bahwa anak adalah sumber kebahagiaan bagi kedua orang tuanya. Ia merupakan buah hati yang dinanti pasangan yang baru saja menikah. Dengan memiliki anak, tentu saja kebahagiaan mereka akan menjadi semakin lengkap. Adalah merupakan tantangan bagi setiap orang tua untuk dapat mendidik anaknya dengan baik sehingga menjadi seorang anak seperti yang ia inginkan. Dalam hal ini, memang ada hal khusus yang harus diperhatikan bagi setiap orang tua saat mendidik anaknya. Terkadang, anak akan memiliki sifat manja yang berlebihan. Ia sering merengek meminta sesuatu dan menangis jika tidak dituruti. Hal semacam ini tentu sangat mengganggu tetapi di sisi lain, orang tua pasti tidak tega dan akan memanjakan anak dengan memberikan apa yang diminta. Nah, berikut kita akan membahas tentang beberapa tips manjakan anak tanpa efek negatif yang dapat Anda lakukan di rumah. Apa saja tipsnya?

Tips Manjakan Anak Tanpa Efek Negatif.2

Sponsor : perawatan wajah

  1. Mengajak komunikasi

Komunikasi antara anak dan orang tua merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dengan menjaga komunikasi, tentu saja kita dapat menjadi tahu apa yang sebenarnya anak kita inginkan. Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya bahwa anak terkadang meminta sesuatu yang harus dituruti. Nah, jika Anda menghadapi saat yang seperti ini, maka berkomunikasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ajaklah anak Anda berbicara dari hati ke hati. Gunakan bahasa yang halus dan mudah dimengerti. Jangan sekalipun memarahi anak Anda karena ini akan membuat mereka semakin keras. Selain itu, komunikasi juga dapat mengajarkan anak Anda untuk mengetahui karakter dari orang tuanya.

  1. Melihat kondisi dan situasi

Tips kedua untuk memanjakan anak tanpa memiliki efek yang negative adalah dengan melihat kondisi dan situasi terkini dari apa yang terjadi pada anak Anda. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat anak melakukan suatu kesalahan atau berkelahi dengan temannya. Jika Anda memanjakan anak Anda, tentu saja Anda akan berusaha untuk membela anak Anda dari rasa salah, bukan? Akan tetapi, sebagai orang tua, kita tidak sepatutnya melakukan hal yang demikian. Hal yang seharusnya di lakukan adalah berusaha memahami apa yang sedang terjadi dan juga kondisi yang sebenarnya. Ajak anak Anda bercerita dan usahakan ia jujur. Anda juga harus percaya penuh pada cerita yang disampaikan oleh anak Anda. Jika ternyata anak Anda bersalah, maka ajarkan tanggung jawab kepadanya seperti meminta maaf dan lainnya. Jadi, mendukung anak tidak berarti sama dengan mendukung saat dia berbuat kesalahan.

  1. Menemani anak tidur

Salah satu hal yang termasuk cara untuk memanjakan anak yang tidak berefek negative adalah menemani anak tidur. Seringkah Anda menemani anak Anda tidur? Anda perlu tahu bahwa ini merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk Anda perhatikan. Menemani anak Anda saat tidur memberikan bukti bahwa Anda sangat menyanyangi anak Anda. Sebelum anak Anda tidur, tentu Anda dapat memberikan beberapa cerita pengantar tidur yang diambil dari buku cerita. Selain itu, saat-saat akan tidur merupakan waktu yang tepat untuk mendengarkan cerita dari anak Anda perihal beberapa hal yang ia lakukan seharian. Berusahalah menjadi teman bercerita yang baik untuk anak Anda. Hal ini juga penting untuk membangun karakter anak Anda menjadi lebih baik.

  1. Cepat memberikan respon

Membutuhkan perhatian memang merupakan hal yang wajar bagi anak Anda. Dan sebagai orang tua yang baik, tentu saja memberikan respon yang cepat adalah suatu kewajiban. Anda harus menjadi seorang orang tua yang memiliki tingkat kepekaan yang tinggi bagi situasi yang terjadi pada anak Anda. Dengan kepekaan yang tinggi inilah Anda dapat memahami apa yang sedang dirasakan anak Anda dengan sangat cepat. Jangan terbiasa memberikan respon yang lama terhadap anak anda. Hal ini cukup berbahaya karena kepekaan orang tua yang kurang dapat menjadi sebab mereka beranggapan bahwa Anda tidak menyanyanginya. Tentu saja, seperti yang sudah di jelaskan di awal, untuk memberikan respon pada anak, perhatikan dulu situasi dan kondisi yang sebenarnya.

  1. Memberikan hadiah

Hal terakhir yang dapat menjadi tips untuk memanjakan anak tanpa memberikan dampak negative adalah memberikan hadiah atas apa yang telah dicapai. Sebagai contoh, saat anak Anda mendapatkan nilai 10 pada mata pelajaran di sekolahnya, Anda mengajaknya pergi membeli makanan kesukaannya. Ini merupakan salah satu cara memanjakan anak yang positif. Memberikan hadiah sama dengan memberikan apresiasi bagi anak.  Anak yang diberikan apresiasi terhadap apa yang sudah ia lakukan dengan benar tentu saja akan menjadi lebih bersemangat dan berusaha untuk lebih baik lagi. Hanya saja, Anda memang tidak boleh terlalu sering memberikan hadiah pada anak karena nanti orientasi pola pikir anak adalah hadiah. Sebagai orang tua, tentu Anda paham kapan Anda harus memberikan hadiah kepada mereka dan kapan tidak.

Beberapa cara di atas merupakan hal yang ideal untuk memanjakan anak Anda tanpa memberikan efek negatif dalam perkembangannya. Nah, lakukan beberapa hal tersebut dengan proporsional demi perkembangan anak yang lebih optimal. Dan yang paling penting adalah berilah kasih sayang yang lengkap pada buah hati Anda agar mereka mengerti bahwa mereka adalah bagian dari diri Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top