Tips dan Trik

Tips Make Up Long Lasting

Aktivitas di luar ruangan membuat riasan jadi cepat luntur dan harus sering touch up berkali kali .Tidak hanya wanita yang beraktivitas diluar ruangan, Anda yang sering beraktivitas di dalam ruangan pun tentunya juga ingin mendapatkan riasan wajah yang tahan lama tanpa perlu sering mengaplikasikan ulang . Simak tips make up long lasting .

Tips Make Up Long Lasting

sponsor: dr rochelle skin expert.

Namun, terkadang meski sudah menggunakan produk yang berlabel long-lasting atau waterproof bahkan yang berbandrol mahal,  seiring berjalannya waktu dan aktivitas yang padat, riasan bisa saja luntur dan memudar.

Bagaimana membuat riasan tahan hingga seharian meski beraktivitas di luar ruangan?

  1. Membersihkan Sel Kulit Mati

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah kondisi kulit wajah yang prima. Lakukan scrubbing atau peeling paling tidak 2-3 kali dalam seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Tata rias make up yang sering tertinggal, khususnya foundation, dapat menempel dengan sempurna di kulit yang bersih dan sehat. Apabila kulit kering dan kasar, makeup cenderung lebih mudah luntur.

2. Gunakan Pelembab Tidak Berlebihan

Takar krim pelembab harian Anda agar tidak berlebihan dalam pemakaiannya. Pemakaian yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi licin dan makeup tidak dapat saling menyesuaikan yang mantap di kulit wajah sehingga mudah luntur. Hindari penggunaan moisturizer pada T zone wajah yang biasanya akan mengeluarkan minyak berlebih seiring berjalannya waktu. Beri jeda paling tidak selama 15 menit sejak mengaplikasikan pelembap sampai akan merias wajah. Biarkan pelembap meresap ke dalam kulit. Baru aplikasikan bedak dengan menekan nekan spons pada wajah agar memastikan bedak benar benar menempel pada wajah . Apabila dalam 15 menit masih terdapat sisa pelembap yang belum meresap sempurna, tepuk dengan tisu secara perlahan. Hal yang sama juga berlaku pada bagian bibir saat mengaplikasikan lipstik agar tetap bertahan lama .

3. Gunakan Primer

Aplikasikan primer merupakan langkah paling ampuh dalam berias karena akan membantu Anda mendapatkan riasan yang tahan lama hingga seharian. Primer biasanya mengandung bahan seperti silikon yang akan mencegah minyak pada wajah yang akan merusak riasan Anda. Bahan ini juga akan menghaluskan tampilan pori-pori dan kerut halus sehingga nantinya foundation tidak menggumpal pada bagian tersebut yang membuat warna kulit jadi tidak rata. Sebelum mengaplikasikan foundation, baurkan primer ke seluruh bagian wajah terutama bagian T zone wajah  termasuk kelopak mata. Kini juga sudah banyak produk primer khusus mata, namun primer untuk wajah juga bisa Anda gunakan karena lebih hemat .

4. Mempunyai Pandangan  Less Is More

Tahukah Anda, semakin tebal riasan yang Anda aplikasikan, maka akan semakin mudah riasan tersebut memudar, smudge, bahkan menggumpal. Hal ini terutama berlaku pada foundation. Aplikasikan foundation menggunakan kuas yang akan menciptakan lapisan rias lebih tipis dibandingkan mengaplikasikannya dengan jari. Kemudian, ratakan alas bedak menggunakan spons atau beauty blender dengan gerakan menepuk secara perlahan. Spons berguna untuk membaurkan foundation dan mengangkat sisa foundation yang berlebihan sehingga hasilnya lebih rata dan natural.

5. Gunakan Concealer

Prinsip less is more pada foundation kadang bikin beberapa spot pada wajah tidak tertutupi dengan sempurna. Untuk itu, gunakan concealer alih-alih menambahkan ketebalan foundation.

6. Pilih Jenis Bedak

Apabila anda ingin lebih praktis tanpa harus memilih banyak pilihan dan tidak mau direpotkan bahkan tak perlu menggunakan alas bedak, pilih bedak berjenis two way cake untuk daya cover yang lebih tinggi. Bedak padat biasanya menjadi pilihan favorit karena lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.

7. Jangan Diusap

Kesalahan perempuan dalam memakai bedak adalah ketika menggunakan bedak dengan cara diusap. Memang, ini menjadi kebiasaan begitu banyak perempuan. Padahal, agar bedak tahan lama dan merata di wajah, pengaplikasikan yang benar adalah dengan menekan-nekan lembut ke seluruh permukaan wajah. Dengan begitu bedak akan menempel dengan sempurna pada kulit wajah .

8. Pilih Jenis Bedak Yang Menyerap Minyak

Agar bedak tahan lama dan membuat wajah segar sepanjang hari, pilih bedak yang teksturnya bisa menyerap kelebihan minyak. Selain membuat wajah tetap segar, fungsi lain adalah mencegah komedo yang dapat muncul ketika pori-pori tersumbat minyak berlebih di wajah.

9. Touch Up Yang Baik Dan Benar

Suatu hari saat Anda ada keperluan penting di sore hari dan perlu touch up alias mengaplikasikan kembali makeup, bedak adalah salah satu riasan wajah yang bisa diandalkan. Ini karena bedak bisa membuat wajah kembali segar sekaligus menghilangkan efek wajah berminyak dan wajah yang mengkilap . Sebelum mengaplikasikan bedak, gunakan dulu tisu wajah atau kertas minyak untuk menghilangkan minyak-minyak yang berada di wajah, baru gunakan kembali bedak. Pasalnya, saat wajah berminyak ditimpa bedak, maka akan menjadi biang jerawat dan komedo. Dan juga dapat mempengaruhi hasil riasan yang tidak maksimal,  karena apabila masih terdapat minyak yang tertinggal maka pada saat menggunakan bedak nantinya akan menggumpal

10. Gunakan Sunscreen

Sebenarnya, musuh utama kulit wajah adalah sinar matahari. Tidak menggunakan tabir surya bisa menimbulkan bintik-bintik hitam bahkan kusam dan gelap pada wajah di kemudian hari. Maka, gunakan sunscreen sebelum menggunakan bedak. Atau bila ingin lebih praktis, Anda bisa memilih bedak yang mengandung UV protection .

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
100%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top