Tips

Tips Makan Sehat Saat Di Kantor

Makan Sehat Di Kantor

Kesibukan bekerja tidak boleh menjadi alasan untuk meninggalkan konsumsi makanan yang sehat sebagai nutrisi berkualitas bagi tubuh kita. Bekerja merupakan aktivitas yang menguras sejumlah energi dari tubuh yang diwujudkan dalam aktivitas fisik dan otak dalam berpikir. Makanan sehat bukan berarti dilihat dari jumlahnya, namun lebih kepada kualitas dari apa yang kita konsumsi. Kita masih tetap bisa diet jika menginginkan berat badan yang ideal namun dengan asupan nutrisi sehat. Justru makanan yang tidak sehat itulah yang bisa menambah berat badan sehingga timbangan badan menjadi naik.

Lalu bagaimana solusi agar tubuh tetap terjaga nutrisinya dengan makanan yang sehat meskipun dengan rutinitas pekerjaan padat? Kuncinya adalah pada niat yang tertanam pada diri pribadi. Makanan yang sehat merupakan makanan yang seimbang dalam hal porsi karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seimbang berarti tidak berlebihan. Walaupun terlihat sibuk dan sulit, jika ada niat maka pola makan sehat tetap bisa terjaga, caranya adalah:

  1. Tidak meninggalkan sarapan sehat

Sarapan merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum berangkat bekerja. Tidak cuma orang dewasa, sarapan sehat juga penting bagi siapa saja termasuk anak-anak kita. Dengan mengisi nutrisi tubuh melalui sarapan, produktivitas dapat meningkat karena dapat mengurangi kelelahan, rasa lesu, kantuk dan membantu otak dalam berkonsentrasi. Dengan sarapan juga akan mengurangi rasa “kalap” pada makanan karena sangat lapar saat makan siang. Jadi jika ingin melakukan diet pun jangan sampai melewatkan jadwal sarapan, tentunya dengan menu yang sehat, yaitu makanan yang mudah dicerna misalnya dengan susu atau jus buah, roti gandum, dan telur.

  1. Tidak melewatkan makan siang

Makan siang dapat dilakukan sebagai cara untuk beristirahat sejenak dan mengembalikan kembali rasa mood bekerja yang telah menurun. oleh karenanya sangat penting jika makan siang dilakukan dengan meninggalkan sejenak meja kerja. Menu makan siang harus diperhatikan agar tetap sehat dengan porsi berimbang, yaitu 50% sayur dan buah (serat), 25% protein dan 25% karbohidrat. Jika ingin bisa makan sehat di kantor alangkah baiknya jika membawa bekal makanan sendiri dari rumah, pastinya dengan menu favorit yang terjaga kebersihannya saat memasaknya.

  1. Cemilan sehat

Kebiasaan ngemil boleh saja, tapi tetap harus memperhatikan jumlah kalorinya. Hindari makan cemilan yang digoreng, dan ganti dengan potongan buah, makanan yang direbus (seperti ubi dan pisang rebus), biskuit gandum, atau yoghurt.

  1. Perhatikan minum teh atau kopi

Agar lebih bergairah, minum teh atau kopi mungkin menjadi kebiasaan yang tidak terlewatkan di tempat kerja. Mengkonsumsi teh atau kopi juga tidak terlalu banyak, tidak boleh melebihi 2 cangkir per hari. Agar lebih terjaga kalori yang masuk ke dalam tubuh, minum teh atau kopi ini bisa dengan tanpa gula dan tanpa creamer.

  1. Memperhatikan menu makan malam

Saat malam mulai menjelang, lebihbaik mengurangi asupan karbohidrat dalam porsi makan malam, mengingat tidak banyak aktivitas yang menguras tenaga pada waktu ini. Jika memang sempat untuk makan malam di rumah, sebaiknya bisa makan malam dengan menu buah, sayuran, dan protein.

Mengkonsumsi makanan sehat akan membantu kita untuk tetap memiliki cukup energi dalam menjalani aktivitas pekerjaan sehari-hari, membantu menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit, dan tentunya menjaga berat badan agar tetap ideal.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top