Career Tips

Tips Lakukan Perjalanan Dinas Tanpa Bos

Sebagai karyawan sebuah perusahaan, tentu saja Anda harus siap menjalankan seluruh perintah bos untuk menunjang kebutuhan perusahaan dan juga karir Anda. Salah satu perintah yang sering diterima karyawan adalah mengadakan perjalanan dinas di luar kota. Perjalanan dinas ini merupakan salah satu agenda penting bagi setiap perusahaan yang biasanya digunakan sebagai salah satu cara memperoleh kerja sama yang baru, meningkatkan pengalaman, study banding ataupun meningkatkan omzet dari perusahaan. Sebagai karyawan yang baik, tentu saja Anda harus selalu siap jika disuruh bos untuk menjalankan perjalanan dinas ini. Terkadang, Anda harus melakukan perjalanan dinas ini seorang diri tanpa dibarengi oleh bos Anda. Nah, berikut ada beberapa tips lakukan perjalanan dinas tanpa bos yang perlu Anda ketahui agar urusan bisnis dan perusahaan Anda dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan. Bagaimana saja tipsnya? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Tips Lakukan Perjalanan Dinas Tanpa Bos.2

Sponsor : dr rochelle skin expert

  1. Mempersiapkan agenda dengan baik

Salah satu keuntungan dinas luar kota dengan bos adalah Anda tidak perlu memikirkan tentang agenda yang akan Anda lakukan. Hal ini dikarenakan seluruh agenda bos biasanya sudah disiapkan dan Anda hanya perlu menemani bos Anda saja saat dinas. Akan tetapi, dengan hanya melakukan dinas luar kota seorang diri, maka Anda wajib mempersiapkan agenda yang akan Anda lakukan dengan sangat baik. Hal ini sangat penting karena Anda akan menggantikan peran dari bos Anda selama perjalanan dinas luar kota yang Anda lakukan. Dapat disebut bahwa kesuksesan perusahaan akan ada di tangan Anda. Wah, sebuah tanggung jawab yang cukup besar, bukan?

  1. Mengatur waktu dengan baik

Selain mempersiapkan agenda dengan baik, Anda juga harus mengatur waktu kunjungan agar perjalanan dinas berjalan efektif. Biasanya, bos akan membatasi waktu dinas Anda jadi Anda tentu saja tidak bisa melakukan kunjungan dinas luar kota semaunya sendiri. Nah, mengatur waktu adalah hal yang sangat penting demi kelancaran agenda yang akan Anda lakukan. Salah satu solusi yang tepat untuk Anda lakukan dalam mengatur waktu adalah dengan membuat semacam random acara atau jadwal agenda. Dengan membuat daftar agenda ini, tentu saja Anda akan mengetahui batasan waktu dari beberapa agenda yang akan Anda lakukan. Tentu, batasan waktu ini berperan penting untuk membuat waktu dinas Anda menjadi lebih efektif untuk dijalankan.

  1. Pahami peran dan tanggung jawab

Sebagaimana dijelaskan di awal tadi bahwa melakukan perjalanan dinas luar kota tanpa bos berarti Anda harus menggantikan peran sentral bos dari setiap agenda yang akan Anda lakukan. Selain mempersiapkan agenda dengan baik, Anda juga harus memahami peran dan tanggung jawab Anda dengan sangat baik. Hal ini penting karena berkat peran Andalah kesuksesan perusahaan akan meningkat. Perlu dipahami bahwa kunjungan dinas biasanya bukan hanya kunjungan biasa saja, terutama ketika Anda ingin memasarkan produk perusahaan atau menjalin kerja sama yang baru. Anda harus mempresentasikan beberapa hal, menjelaskan visi dan misi perusahaan, serta lainnya sehingga Anda harus paham harus seperti apa Anda ketika melakukan kunjungan dinas tersebut.

  1. Memperbaiki mental diri sendiri

Hal lain yang sangat penting untuk Anda lakukan untuk melakukan kunjungan dinas luar kota tanpa bos adalah memperbaiki mental. Memperbaiki mental adalah salah satu bentuk persiapan yang sangat penting. Mental yang bagus sangat dibutuhkan terutama saat Anda ingin mendapatkan relasi baru dalam kunjungan dinas tersebut. Misalnya, di suatu perusahaan rekanan, Anda harus mempresentasikan produk atau program baru dari perusahaan Anda. Dengan mental yang kuat, tentu Anda dapat menyampaikan materi presentasi di hadapan beberapa pemiliki perusahaan lain dengan sangat baik. Coba bandingkan jika Anda tidak memiliki mental yang baik. Presentasi Anda tidak akan lancar dan tentu saja perusahaan rekanan akan sulit mempercayai apa yang Anda sampaikan.

  1. Jaga komunikasi dengan pimpinan

Tips terakhir yang sebaiknya Anda lakukan selama kunjungan dinas di luar kota tanpa adanya bos adalah tetap menjaga komunikasi, terutama dengan bos Anda. Menjaga komunikasi adalah salah satu hal yang penting demi kelancaran perjalanan dinas Anda. Adalah wajar bila Anda merasa bingung atau kurang paham mengenai beberapa agenda yang hendak Anda lakukan. Jangan malu dan takut untuk bertanya dengan bos demi kelancaran agenda. Selain itu, dengan komunikasi yang intense tentu saja Anda dapat berkonsultasi mengenai step atau tips agar misi perusahaan mendapatkan omzet yang lebih banyak atau rekan bisnis yang baru dapat terealisasi dengan sangat baik.

Beberapa penjelasan di atas dapat menjadi tips dan persiapan yang sangat tepat bagi Anda yang akan melakukan perjalanan dinas keluar kota tanpa bos. Dengan persiapan yang matang, tentu saja Anda dapat melakukan tugas yang diberikan pada Anda dengan sangat baik. Jangan pernah merasa pesimis atau takut untuk melakukan perjalanan dinas sendirian karena hal ini sangat penting untuk memberikan pengalaman yang baru bagi Anda yang sangat berpengaruh pada kemajuan karir Anda di perusahaan. Jika Anda dapat melakukan tugas perjalanan dinas dari bos dengan sangat baik, bukan tidak munkin Anda akan cepat naik jabatan, bukan?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top