Career Tips

Tips Kenali Pelecehan Seks Saat Kerja

Bagi seorang wanita karir, memiliki lingkungan kerja yang kondusif tentu merupakan keinginan yang sangat manusiawi. Hal ini dikarenakan lingkungan kerja yang tepat dan juga kondusif akan cenderung menunjang kinerja mereka. Kita tentu paham bahwa lingkungan memberikan dampak dan pengaruh yang cukup besar pada seseorang. Dengan lingkungan kerja yang nyaman, kinerja Anda tentu saja akan cenderung baik. Namun, ada yang terjadi di dunia nyata seringkali berbeda. Tidak semua lingkungan kerja memberikan kenyamanan yang ekstra pada karyawannya, terutama bagi wanita.

Wanita cenderung lebih riskan untuk mengalami beberapa gangguan, utamanya adalah pelecehan seksual yang dilakukan oleh rekan kerja mereka sendiri. Tentu saja, hal ini sangat merugikan dan akan mengganggu kinerja Anda di tempat kerja. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa tips kenali pelecehan seks saat kerja agar Anda bisa lebih berhati-hati dan menjaga diri. Nah, apa saja tips yang harus Anda ketahui terkait hal ini? Simak paparan selengkapnya di bawah ini.

tips kenali pelecehan seks saat kerja

Sponsor : halojasa.com

  1. Pelecehan secara fisik

Pelecehan seksual yang cukup sering didapatkan oleh wanita karir di lingkungan kerja adalah pelecehan fisik. Sebagaimana namanya, adanya kontak fisik menjadi bukti dari pelecehan ini. Pelecehan fisik bisa berupa sentuhan atau gerakan dari orang lain yang mengarah pada perbuatan seksual, seperti menepuk, mencubit, melirik, menatap penuh nafsu, hingga mencium. Tentu saja, mengalami hal semacam ini merupakan tekanan batin dari wanita. Biasanya, pelecehan ini muncul sebab wanita tampil terlalu mencolok dan menonjolkan bagian tubuh mereka sehingga membuat orang lain terutama pria, menjadi penasaran dan akhirnya melakukan pelecehan tersebut. Hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan tidak mengenakan baju yang terlampau seksi dan terlihat menantang.

Tips Kenali Pelecehan Seks Saat Kerja.3

  1. Pelecehan secara lisan

Jenis pelecehan seksual selanjutnya yang harus Anda ketahui dan juga waspadai adalah pelecehan secara lisan. Pelecehan secara lisan biasanya berupa rayuan, komentar, atau pendapat yang tidak Anda inginkan berkaitan dengan kehidupan Anda sehari-hari ataupun bagian tubuh dan penampilan Anda. Hal yang sering dialami oleh wanita karir di lingkungan tempat kerja mereka yang tidak kondusif adalah pelecehan yang diterima sebab bagian tubuh mereka. Payudara dan bokong sering menjadi objek pelecehan. Beberapa rekan kerja terkadang tanpa malu mengatakan bahwa Anda memiliki payudara yang besar dan kencang atau lainnya. Tentu saja hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat bekerja.

Tips Kenali Pelecehan Seks Saat Kerja.4

  1. Pelecehan isyarat

Pada beberapa kasus yang sering muncul, pelecehan seksual terjadi dengan isyarat dari pelaku. Bagaimana cara pelecehan seksual ini di lakukan? Nah, ada beberapa rekan kerja yang cenderung ingin ‘bermain’ dengan aman sehingga ia tidak melakukan sentuhan fisik pada Anda tetapi menggunakan isyarat. Isyarat atau gerakan tubuh pada kasus pelecehan seksual adalah isyarat yang mengarah pada perbuatan seksual. Beberapa isyarat yang sering menjadi cara pelecehan adalah kerlingan mata yang berulang-ulang, isyarat jari, gerakan tangan yang membentuk payudara atau gerakan menjilat bibir. Pada wanita yang tidak memiliki mental yang kuat, mendapatkan isyarat seperti ini tentu akan membuat diri mereka cenderung tertekan dan kinerja mereka akan cenderung memburuk.

Tips Kenali Pelecehan Seks Saat Kerja.5

  1. Pelecehan tertulis dan gambar

Pelecehan seksual lain yang bisa saja Anda terima dari lingkungan kerja yang kurang kondusif dengan rekan kerja yang kurang professional adalah pelecehan tertulis dan gambar. Pelecehan ini memang terjadi tidak secara langsung tetapi dengan menggunakan media. Contoh dari pelecehan ini adalah seseorang yang mengirimkan beberapa tulisan yang bernada seksual pada Anda melalui sms atau surat. Selain itu, pelecehan ini juga bisa terjadi saat seseorang mengirimkan beberapa gambar yang tidak pantas pada anda. Terlebih, di era yang serba modern ini, mengirimkan gambar merupakan hal yang sangat mudah sehingga ada kecenderungan kasus pelecehan seksual jenis ini meningkat dari hari ke hari. Tentu Anda tetap harus waspada dengan hal tersebut.

Tips Kenali Pelecehan Seks Saat Kerja.6

  1. Pelecehan psikologis

Pelecehan psikologis merupakan jenis pelecehan terakhir yang harus Anda waspadai dan perhatikan. Bagaimana pelecehan seksual ini bisa terjadi? Pelecehan seksual secara psikologi dapat terjadi karena adanya ajakan kencan dari rekan kerja Anda berulang-ulang padahal Anda sama sekali tidak menginginkannya. Tentu, ajakan ini sangat mengganggu karena Anda merasa tidak nyaman dan rekan Anda mengganggu waktu Anda untuk bekerja. Selain itu, pelecehan secara psikologi juga dapat terjadi karena adanya celaan pada Anda yang bersifat seksual, seperti ketika rekan Anda mengatakan bahwa payudara Anda terlalu kecil atau lainnya. Secara langsung, pelecehan ini tentu akan mempengaruhi psikologi Anda. Bagi Anda yang tidak kuat menerima celaan dari rekan, Anda tentu akan menjadi drop dan hilang kepercayaan diri.

tips kenali pelecehan seks saat kerja

Pelecehan seksual yang sering diterima oleh wanita di lingkungan kerja tentu merupakan sebuah hal yang miris dan harus menjadi catatan penting bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan adanya pelecehan tersebut tidak hanya akan merugikan karyawan tersebut tetapi juga akan mencemari nama perusahaan. Jika terjadi pelecehan pada Anda, cara yang paling tepat adalah segera melaporkannya pada atasan. Namun, jika atasan tidak melakukan tindak lanjut dan pelecehan masih sering terjadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan cara lain.

Salah satu cara lain yang bisa kita lakukan ialah dengan memperhatikan dandanan kita saat bekerja. Dandanan yang kurang pantas, tentu saja akan mengundang hal-hal yang tidak diinginkan. Bila tidak memiliki keahlian untuk merias wajah dan mendandani diri, tak ada salahnya lho Anda mengundang jasa kecantikan. Di jaman serba praktis ini, menemukan jasa kecantikan tak akan sulit. Anda hanya perlu buka halo jasa. Halo jasa adalah pilihan yang tepat dalam membantu kebutuhan wanita masa kini.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top