Motivation

Tips Jitu Menjaga Kekompakan Tim Dalam Startup

Tips Jitu Menjaga Kekompakan Tim Dalam Startup

Merintis sebuah bisnis membutuhkan kerja keras dan usaha nyata. Termasuk bisnis yang berbasis digital atau startup, membutuhkan sebuah tim yang handal dan kompak. Tanpa tim yang handal maka mustahil membangun startup, karena tim adalah modal penting agar usaha yang dirintis bisa berjalan dan berkembang.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Tips jitu menjaga kekompakan tim dalam startup bisa diawali dengan hadirnya seorang pemimipin yang cekatan. Peran pimpinan adalah mampu membangun tim yang dimilikinya tetap kompak sehingga menjadi pendukung keberhasilan seluruh rencana saat berbisnis. Tim juga mampu mendatangkan target, jadi semakin awal target dapat tercapai maka semakin cepat kesuksesan dicapainya. Namun sayangnya tak semua leader dapat menjalankan atau menjaga kekompakan tim, alhasil usaha hanya akan berakhir pada kegagalan. Supaya hal tersebut tidak terjadi pada diri Anda, berikut teknik yang harus dilakukan agar terus menjaga kekompakan tim di setiap pekerjaan.

Tips Jitu Menjaga Kekompakan Tim Dalam Startup

1. Menciptakan Kultur Berkelas

Agar kekompakan antar tim startup berjalan sempurna maka mulai dengan menciptakan budaya yang berkelas. Maksudnya melakukan segala pekerjaan secara profesional dan berkelas. Hal ini berguna agar kepercayaan dari banyak pelanggan tertuju pada bisnis Anda. Selain itu, menciptakan lingkup yang profesional akan membuat tim atau rekan kersa serasa betah dan lebih bersemagat. Bagi Anda yang seorang founder startup sudah seharusnya membangun kultur kerja sama yang solid, kuat, menyenangkan dan penuh akan motivasi kerja tim di dalamnya.

2. Rapat dan Diskusi Secara Rutin

Komunikasi adalah landasan utama terjalinnya kekompakan tim. Sebuah perusahaan akan berkembang ketika komunikasi dijadikan poin viral antara tim dan founder demi terciptanya bisnis yang tumbuh. Komunikasi wajib dilaksanakan antara leader dan timnya sendiri secata rutin baik dalam bentuk diskusi ataupun evaluasi. Diskusi wajib dilakukan saat rapat sekalipun dan memang menjadi hal yang penting dilakukan agar kekompakan tim senantiasa terjaga. Tak hanya itu, komunikasi rutin saat rapat dapat menunjukkan perhatian seorang pemimpin akan keberadaan suatu tim, membuat tim makin sejahtera, membuat kerja jadi mudah diselesaikan bersama.

3. Jadwalkan Makan Siang Bersama Tim Secara Reguler

Tak ada salahnya mengajak tim melakukan hal-hal luar biasa saat istirahat jam siang tiba. Misalnya mengajak makan siang bersama. Tak perlu lakukan setiap hari, namun beberapa minggu atau seminggu sekali. Hal ini bermanfaat untuk menjalin komunikasi lebih intens, mengetahui bagaimana lelahnya tim sehingga menjadikan Anda sebagai orang yang nyaman untuk diajak ngobrol. Meski menu makan siang yang disajikan hanya sederhana, tapi hal tersebut justru dapat meningkatkan ikatan leader dengan tim sehingga mampu memancing persaudaraan yang begitu kuat.

4. Libatkan Tim Dalam Segala Hal Terkait Bisnis

Meskipun Anda adalah pemimpin dalam perusahaan startup, bukan berarti tak ada tim yang Anda libatkan dalam berbagai kegiatan. Berikan banyak kesempatan bagi mereka untuk memiliki ruang dalam setiap bisnis perusahaan. Artinya, tim mendapat kesempatan untuk memberikan perkembangan perusahaan terbaru kepada tim. Dengan begitu, mereka akan merasa bahwa Anda menghargai dan menganggap mereka ada. Mereka akan merasa bangga sebab Anda percaya dengan kerjasama tim, dimana masing-masing dari mereka mampu memberikan pengaruh kuat untuk bisnis perusahaan. Terakhir, yakni lakukan banyak hal bersama demi langkah maju. Baik itu menjaga kekompakan saat menjalankan startup, beriringan dan bersama-sama.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top