Inspiration

TIPS HIDUP SEDERHANA ALA WARREN BUFFET

Apabila kita menjadi orang terkaya di dunia sekali pun, bukan alasan untuk menghambur-hamburkan uang dan juga menghabiskan uang tersebut pada hal yang tidak begitu penting. Walaupun saat ini kita memiliki kekayaan yang tak akan pernah habis, kita pun diharuskan untuk hidup dengan gaya hidup yang sederhana. Karena kita sendiri pun tidak akan tahu apa yang terjadi di masa yang akan datang. Mungkin saja hal yang tidak diinginkan menimpa keuangan kita, lalu bangkrut dan kita berbalik arah menjadi orang tidak mampu. Maka dari itu mulai sekarang kita belajar bagaimana cara hidup sederhana, contohnya yang di lakukan oleh Warren Buffet. Walaupun sebenarnya ia memiliki kekayaan lebih dari 500 milyar US$, namun ia lebih memilih hidup dengan  sangat sederhana dan tidak menghambur-hamburkan uang yang ia miliki, meski sebenarnya kekayaannya tidak akan mati selama sepuluh turunan.

Warren Buffet tetap teguh dengan keyakinannya ia memilih untuk hidup dengan cara yang  sederhana, bersahaja dan bijaksana. Begitu banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari tips hidup sederhana Warren Buffet. Berikut adalah cara hidup yang diterapkan oleh Warren Buffet, yang bisa kita ambil hikmahnya.

tips hidup sederhana

  1. RUMAH YANG SESUAI KEBUTUHAN DAN KEMAMPUAN

Semenjak tahun 1958, Warren Buffet telah menempati sebuah rumah sederhana yang bertepatan di kawasan sekitar Omaha Nebraska. Rumah yang di diami oleh Warren Buffet itu mempunyai 5 bilik kamar yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu mewah tapi itu sesuai kebutuhannya. Pada awal membeli rumah itu Warren Buffet mengeluarkan dana hanya US$ 31.500, harga yang cukup murah pada waktu itu dan saat ini kemungkinan rumah tersebut bernilai sekitar US$ 255.000, cukup murah dan sederhana sekali bagi orang besar sekelas dia. Jika kita membandingkannya dengan kebanyakan orang Indonesia yang memiliki rumah mewah yang dengan harganya lebih mahal dari rumah Warren Buffet.

Pendapat dari Warren Buffet sendiri ialah dengan membeli rumah yang tidak begitu mewah dan sesederhana mungkin tetapi nyaman dan layak huni adalah cara yang paling ampuh mengelola keuangan yang kita miliki. Dengan begitu sisa uangnya bisa kita menyimpannya, membelanjakan kebutuhan lainnya atau didonasikan.

  1. INVESTASI DENGAN CERMAT

Hal yang diutamakan dan selalu di pegang teguh oleh Warren Buffet adalah bagaimana caranya agar dapat berinvestasi. Selain dipergunakan untuk kegiatan amal, investasi yang dilakukannya juga termasuk prioritas utama dalam hal pengeluaran uangnya. Patokan yang dijalankan oleh Warren Buffet adalah jangan sampai kehilangan uang berinvestasi tetapi jangan berinvestasi dengan cara berhutang dulu, lalu investasikan uang kecuali benar-benar yakin bahwa akan mendapatkan keuntungan agar dapat balik modal.

  1. HINDARI BARANG MEWAH YANG TAK SESUAI KEBUTUHAN

Banyak survey yang dilakukan para orang terkaya di dunia, bahwa hasil dari survey tersebut membuktikan ternyata Warren Buffet tidak memiliki mainan dan barang mewah seperti kapal pesiar, mobil sport bahkan jet pribadi sekalipun. Menurutnya memiliki barang mewah yang tidak diperlukan seperti itu malah membuat uang akan selalu terkuras habis.

  1. MEWUJUDKAN TUJUAN KEUANGAN

Warren Buffet adalah orang yang sangat menyayangi dan mencintai apa saja yang ia kerjakan. Bahkan ia pun rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang tak sedikit, namun tidak mengeluarkan banyak uang untuk pergi berlibur dan membeli mainan mewah dan bisa di bilang bahwa Warren Buffet sangat mencintai pekerjaannya sampai rela mengeluarkan banyak uang namun demi pekerjaannya.

  1. UTAMAKAN DONASI DAN SEDEKAH

Nasehat dari Warren Buffet ialah selalu mengedepankan sedekah dan donasi, bahkan tak tanggung-tanggung, ia pernah mengeluarkan setengah hartanya untuk kegiatan amal. Ini ia lakukan karena akan memberikan sesuatu yang bermanfaat dan dapat membuat orang bahagia.

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top