Info Kedokteran

Tips Diet Sehat Sambil Berpuasa

Tips Diet Sehat Sambil Berpuasa

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kegiatan berpuasa memiliki banyak manfaat. Baik itu manfaat dalam segi rohani hingga manfaat dalam segi jasmani. Khusus untuk segi jasmani banyak orang yang masih meragukannya. Karena masih banyak yang beranggapan bahwa berpuasa hanya membuat seseorang yang menjalaninya hanya merasakan lemas dan lelah sepanjang hari. Padahal pada kenyataan banyak sekali manfaat yang dimiliki dari kegiatan berpuasa itu sendiri. Yakni seperti lebih menyehatkan lambung hingga membersihkan banyak sekali kotoran maupun racun yang selama ini ada di tubuh. Namun ternyata dari manfaat yang selama ini diketahui oleh banyak orang tersebut masih ada sebagian orang yang memanfaatkan momentum dari kegiatan puasa itu sendiri. Yakni untuk melakukan program diet. Karena seperti yang diketahui bahwa kegiatan berpuasa akan membuat seseorang tidak makan maupun minum dalam beberapa jam kedepan. Sesuatu yang pastinya akan sangat cocok sekali apabila kemudian disambungkan dengan kegiatan berdiet. Karena inti dari kegiatan berdiet sendiri hampir serupa dengan kegiatan berpuasa. Yakni dengan mengurangi makan dan minum dalam jangka waktu tertentu. Namun sayangnya selama ini masih banyak orang yang gagal dalam melakukan hal ini. Yakni kegiatan berdiet sambil berpuasa. Hingga hasilnya juga pastinya mengecewakan. Yaitu berat badan mereka tidak kunjung menurun namun malah terus bertambah. Hal tersebut tentunya sudah menjelaskan bahwa ada yang salah dengan kegiatan diet sambil berpuasanya tersebut. untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan tips diet sehat sambil berpuasa.

sponsor: cream pemutih wajah.

  1. Berbuka Dan Makan Sahur Secukupnya Saja

Tips Diet Sehat Sambil Berpuasa

Seperti yang diketahui bahwa kegiatan berpuasa bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani. Apalagi kegiatan berpuasa tidak serta merta membuat seseorang lantas menghentikan seluruh aktifitasnya sehari-hari. Hal tersebutlah yang kemudian membuat kegiatan berpuasa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Sesuatu yang kemudian seringkali disikapi salah oleh banyak orang. Yakni dengan makan berlebihan baik ketika makan sahur maupun ketika makan berbuka. Hal tersebut biasanya dilakukan dengan satu tujuan yakni agar bisa kuat berpuasa dan tidak cepat lapar. Namun pada kenyataan hal tersebut malah sebuah kekeliruan. Karena makan dan minum yang secara berlebihan baik ketika sahur maupun berbuka hanya akan membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu. Bahkan kemungkinan terburuknya adalah kegiatan berpuasa menjadi terasa semakin berat karena tubuh yang gagal terasa terlalu penuh. Apalagi apabila kegiatan berpuasa kemudian sambil dilakukan dengan kegiatan berdiet. Maka dipastikan makan sahur maupun makan berbuka yang secara berlebihan hanya akan membuat kegiatan berdiet menjadi gagal karenanya. Karena meskipun hanya makan dua kali dalam sehari namun apabila kuantitasnya dalam jumlah besar maka sama juga bohong. Untuk itulah, bagi mereka yang ignin melakukan kegiatan berpuasa sambil berdiet maka sangat disarankan untuk memperbaiki dulu makan sahur dan makan berbukanya. Yakni hanya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang secukupnya saja. Jangan sampai melewati batas yakni kekenyangan. Karena hal tersebut hanya akan menganggu metabolisme tubuh dan membuat kegiatan berdiet dipastikan gagal total.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Tips Diet Sehat Sambil Berpuasa

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa air putih memiliki banyak kandungan yang bermanfaat  bagi tubuh. Maka dengan mengetahui begitu melimpahnya manfaat yang dimiliki oleh air putih maka meninggalkanya sama saja dengan pilihan yang salah. Tidak terkecuali pada bulan puasa ini. Bahkan bisa dibilang pada bulan puasa ini seharunys mengonsumsi air putih harus ditingkatkan dari sebelum-sebelumnya. Hal tersebut tidak lepas karena air putih adalah minuman yang mampu mengganti cairan tubuh yang hilang ketika sudah seharian berpuasa. Sedangkan untuk kegiatan berdiet sendiri mengonsumsi air putih juga tidak kalah bermanfaatnya. Yakni dengan mengonsumsi air putih maka cairan tubuh akan cepat terganti dan juga menahan nafsu makan yang berlebihan. Sesuatu yang pastinya sangat berguna bagi mereka yang sedang melakukan kegiatan berdiet. Yakni agar tetap menjaga asupan makanan namun di sisi lain tetap menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar. Untuk bisa mendapatkan semua hal tersebut maka mengonsumsi air putih secara tepat adalah jawaban terbaiknya.

  1. Jangan Lewatkan Sahur

Tips Diet Sehat Sambil Berpuasa

Tips terakhir bagi mereka yang melakukan kegiatan berpuasa sambil berdiet adalah dengan tidak melewatkan makan sahur. Dimana hal ini seringkali dilakukan oleh mereka yang ingin berdiet sambil berpuasa. Hal tersebut tidak lepas karena dianggap dengan tidak makan sahur maka berat badan mereka juga akan turun secara cepat. Apalagi ditambah dengan kegiatan berpuasa seharian. Maka tentunya banyak yang beranggapan bahwa melewatkan makan sahur akan semakin cepat merealisasikan tujuan tersebut. namun sayangnya anggapan ini adalah sebuah kekeliruan. Karena dengan melewatkan makan sahur hanya akan membuat kegiatan berpuasa menjadi lebih berat dari seharusnya. Bahkan kemudian metabolisme tubuh yang seharusnya bisa terjaga pada akhirnya hanya akan terganggu. Maka untuk bisa menghindari hal tersebut tetaplah makan sahur namun dengan porsi yang secukupnya saja. Karena hal ini akan membuat kegiatan diet sambil berpuasa tetap bisa berjalan dengan lancar.

Dengan menjalankan tiga tips seperti yang telah dijelaskan diatas maka tidak ada lagi kekeliruan dalam menjalankan puasa sambil berdiet. Agar nantinya tujuan untuk menurunkan berat badan dapat diraih sekaligus kegiatan berpuasa tidak terganggu tentunya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top