Olahraga

Tips Dalam Membeli Alat Olahraga Untuk Di Rumah

Melakukan olahraga memang sangat penting demi kebugaran dan vitalitas tubuh. Berolahraga tidak perlu harus dilakukan setiap hari, karena jika berlebihan akan menyebabkan tubuh terlalu merasa kelelahan. Bagi mereka yang bekerja, perlu pengaturan jadwal waktu yang pas untuk berolah raga agar tidak berbenturan dengan kesibukan pekerjaan, serta efek kelelahan tubuh. Kita bisa memilih olah raga sesuai dengan minat dan kesenangan agar lebih bersemangat dan meningkatkan mood.

Berolahraga bisa dilakukan sendiri atau bersama dengan orang lain, bisa teman, pasangan (suami / istri), saudara, atau orang tua. Berolahraga bisa dilakukan di dalam atau di luar rumah. Di luar rumah bisa dilakukan di lingkungan sekitar, di taman, atau bahkan di pusat kebugaran (fitness centre). Namun terkadang orang lebih memilih berolahraga di rumah dengan alasan lebih menghemat waktu. Terbatasnya waktu memang tidak boleh menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga meskpun sebentar.

Salah satu solusi berolahraga di rumah adalah dengan menggunakan alat olahraga. Jika kita berniat membeli alat olahraga sendiri di rumah mungkin masih terdapat rasa kebingungan dalam mennetukan alat olahraga seperti apa yang harus dimiliki, mulai dari merk dan jenisnya.

Tips Dalam Membeli Alat Olahraga

Seperti yang diketahui, umumnya alat olahraga berharga cukup mahal. Agar kita tidak salah pilih dan tidak menyesal karena membeli alat olahraga yang mahal, namun ternyata tidak bagus, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Mencari referensi

Sebelum benar-benar menentukan untuk membeli alat olahraga, alangkah baiknya untuk mencari referensi dari beberapa alat olahraga, dilihat dari merk, jenis dan variasi latihannya. Referensi bisa dicari secara online melalui internet, mengunjungi pusat-pusat kebugaran, mengunjungi toko penjualan alat olahraga atau majalah. Referensi yang perlu dicari adalah alat kebugaran yang aman, nyaman, dan kuat digunakan berulang kali.

  1. Banyak bertanya

Sambil mencari referensi, perlu pula mengunjungi toko penjualan olahraga untuk menanyakan seputar alat olahraga serta fasilitas apa saja yang diperoleh ketika membelinya. Tanyakan kelebihan dan fungsi alat-alat olahraga yang ada yang patut dijadikan pilihan. Perlu pula meminta sales toko untuk mendemokan semua fitur dari produk-produk alat yang ditawarkan.

  1. Pemakaian mudah

Alat olahraga yang baik adalah yang mudah digunakan oleh siapa saja. Untuk itu, biasanya dilengkapi manual book (buku petunjuk) penggunaan alat. Jika ada monitor feedback, maka pastikan pula kita bisa mengerti saat membacanya.

  1. Feedback hasil latihan

Feedback hasil dari latihan bisa ditunjukkan melalui monitor, misalnya waktu penggunaan, jarak tempuh, kecepatan, denyut jantung dan jumlah kalori yang terbakar. Dengan adanya feedback, penggunanya bisa termotivasi untuk lebih meningkatkan olahraga.

  1. Nyaman digunakan

Alat kebugaran yang yang patut dimiliki adalah yang nyaman digunakan saat latihan olahraga, misalnya nyaman saat dipegang, nyaman diduduki, nyaman dipijak, dan tidak mencederai.

  1. Memiliki gerakan natural sesuai dengan gerakan tubuh manusia

Teknologi yang ada dalam alat olahraga yang baik adalah yang sesuai dengan gerakan tubuh manusia.

  1. Memiliki variasi latihan

Perlu sekali menanyakan variasi latihan dalam alat kebugaran yang ingin dimiliki. Perlu sekali mempertimbangkan untuk memiliki alat olahraga yang memiliki variasi latihan yang banyak.

  1. Kekuatan

Alat olahraga yang patut dibeli untuk dimiliki adalah yang kuat jika digunakan berulang kali. Hal ini berhubungan dengan usia pakai saat digunakan berolahraga di rumah.

  1. Garansi

Pastikan alat olahraga yang ingin dibeli memiliki masa garansi. Tanyakan garansi dari produsen ini kepada pihak penjual. Kita tidak akan khawatir saat menggunakan alat untuk berolahraga karena jika rusak dalam masa garansi, maka akan dilakukan garansi perbaikan atau penggantian baru.

  1. Pelayanan purna jual

Pelayanan ini berupa jasa resmi perbaikan alat olahraga dari produsennya. Semakin banyak tempat resmi perbaikannya, maka alat olahraga ini memiliki pelayanan baik kepada konsumen. perlu pula menanyakan tentang penggantian spare part jika terjadi kerusakan. Pilihlah alat olahraga yang mudah spare part-nya.

2
50%
like
2
50%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top