Tips & Trik Parent

Tips Bermain Dengan Anak Phobia

Pernahkah Anda mendengar kata phobia? Ya, phobia atau ketakutan yang ekstrem terhadap suatu hal tentu harus menjadi perhatian khusus, terutama jika hal ini terjadi pada anak Anda. Phobia yang terjadi pada anak seringkali akan mengganggu aktivitas yang ia lakukan dan juga akan menghambat perkembangan dirinya. Sebagai orang tua, Anda harus menyadari sedini mungkin jika ternyata anak Anda memiliki phobia terhadap sesuatu, seperti phobia pada ketinggian, phobia pada benda, dan lainnya. Dengan menyadari bahwa anak Anda memiliki phobia sejak dini, tentu Anda akan lebih mudah mengatasi hal semacam ini. Nah, berikut kita akan membahas beberapa hal terkait tips bermain dengan anak phobia yang sekaligus bisa membuat mereka melupakan phobia yang ia derita perlahan. Mengatasi phobia anak dengan bermain adalah salah satu cara yang cukup efektif terlebih dunia anak adalah dunia permainan.

Tips Bermain Dengan Anak Phobia.2

Sponsor : produk pemutih wajah

  1. Ketahui alasan anak takut pada suatu hal

Sebelum Anda menjustifikasi bahwa anak Anda mengalami phobia yang harus diatasi, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu alasan dari anak Anda. Seringkali, orang tua tidak memahami apa keinginan atau perasaan dari anak mereka dan langsung menentukan jenis permainan atau hal lain yang harus dilakukan anak Anda. Jika anak mengalami phobia, tentu saja ia akan merasa tertekan dan tersiksa saat melakukan apa yang Anda perintahkan. Hal ini akan berdampak buruk pada kondisi psikologi dari anak Anda. Oleh karena itu, dengarkan alasan anak terkait phobia yang ia rasakan. Dengan mengetahui alasan dari anak Anda, tentu saja Anda bisa menjadi lebih bijak dan memahami anak Anda dengan lebih baik.

Tips Bermain Dengan Anak Phobia.3

  1. Ajak teman untuk bermain bersama anak

Salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi phobia yang terjadi pada anak dengan media permainan adalah dengan mengajak teman-temannya untuk bermain bersama. Phobia sering terjadi karena seseorang merasa sendiri dan ia merasa tidak nyaman karena kesendiriannya. Begitu pula dengan anak Anda. Bisa saja anak Anda mengalami phobia karena mereka merasa takut melakukan sesuatu hal sendirian. Dengan ditemani oleh beberapa teman sebaya mereka, tentu mereka cenderung akan merasa lebih nyaman dan tenang. Permainan juga akan menjadi lebih menarik sehingga anak Anda tertantang untuk terus melakukannya dan phobia lambat laun akan dapat diatasi dengan baik.

Tips Bermain Dengan Anak Phobia.4

  1. Mengajak anak untuk berdiskusi bersama

Tidak ada salahnya jika Anda mengajak anak Anda untuk berdisuksi tentang jenis phobia yang Anda alami. Berdiskusi dengan anak dapat menjadi sarana yang tepat untuk mengetahui apa yang sebenarnya dirasakan oleh anak Anda. Dalam dunia psikologi, hal ini disebut juga sebagau terapi kognitif. Terapi kognitif terbukti cukup ampuh karena dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku anak Anda yang menderita phobia. Untuk membuat terapi kognitif nampak lebih menyenangkan, tentu Anda bisa mengkolaborasikannya dengan sebuah permainan. Permainan yang diselipkan tentu saja akan membuat anak Anda merasa tidak terlalu nervous saat berdiskusi dan mengikuti terapi kognitif yang Anda lakukan.

Tips Bermain Dengan Anak Phobia.5

  1. Buat anak merasa nyaman saat bermain

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya bahwa phobia yang terjadi pada anak Anda cenderung disebabkan karena anak merasa tidak nyaman atas apa yang hendak ia lakukan. Oleh karena itu, tingkatkan kenyamanan anak Anda saat mengikuti sebuah permainan yang tertentu. Anak yang merasa tidak nyaman akan cenderung menolak terhadap apa saja yang Anda sarankan, termasuk permainan yang sudah Anda siapkan. Di sisi lain, saat anak merasa nyaman terhadap sesuatu, maka ia cenderung suka untuk melakukannya. Untuk meningkatkan kenyamanan anak Anda saat bermain, Anda bisa mengkolaborasikan beragam permainan yang menarik dan juga memberikan hadiah kepadanya.

Tips Bermain Dengan Anak Phobia.6

  1. Lakukan berulang-ulang bersama anak

Tidak ada cara yang lebih efektif untuk menghilangkan phobia anak dengan metode permainan kecuali dengan pengulangan dalam waktu yang sudah ditentukan. Ya, anak cenderung akan lebih mudah diatur dengan sesuatu yang nampak lebih familiar kepadanya. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghilangkan phobia pada anak Anda dengan cara bermain, maka lakukan permainan tersebut berulang-ulang agar anak menjadi terbiasa dan menguasai. Anak yang lebih menguasai akan merasa lebih berani sehingga ia tidak akan merasa takut untuk melakukannya. Tentu, di sisi yang lain, Anda harus melakukan beberapa variasi agar permainan yang ia lakukan senantiasa menarik sehingga anak Anda tetap bersemangat untuk melakukan program yang hendak Anda capai.

Tips Bermain Dengan Anak Phobia.7

Beberapa cara di atas merupakan hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi phobia pada anak Anda. Permainan dipilih sebagai sarana untuk mengatasi phobia karena anak-anak cenderung menyukai hal ini. Di sisi lain, permainan juga akan membebaskan anak Anda untuk bereskpresi. Anda tentu harus paham bahwa phobia adalah gangguan psikologi yang harus segera diatasi sedini mungkin guna meningkatkan kepercayaan diri anak Anda dan memaksimalkan perkembangannya. Jika dirasa usaha yang Anda lakukan kurang maksimal dan anak tetap pada ketakutannya, tentu Anda bisa meminta bantuan pada psikolog yang Anda percaya. Lakukan hal tersebut dengan penuh cinta sebagai tAnda Anda menyayangi anak Anda sepenuh hati. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top