Career Tips

Tips Berhasil Wawancara Online

Saat ini dengan semakin majunya dan berkembangnya zaman maka segala hal bisa dilakukan secara praktis. Bahkan untuk wawancara kerja pun juga bisa dilakukan secara online melalui internet. Meskipun tidak akan bertemu secara langsung dengan pewawancara namun tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya adna bisa melalui seleksi wawancara ini dan bisa berhasil. Tips Berhasil Wawancara Online seperti berikut ini akan menjadi cara terbaik untuk berhasil dan bisa mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

Tips Berhasil Wawancara Online

Sponsored by: produk pemutih wajah

Memperhatikan beberapa tips saat wawancara kerja akan sangat membantu bagi Anda untuk bisa melewati tes wawancara dengan lebih baik lagi. Wawancara online biasanya dipilih oleh banyak perusahaan karena ingin menghemat waktu. Jarak dari perusahaan dan peserta yang jauh juga bisa menjadi salah satu faktor kenapa wawancara secara online lebih dipilih untuk dilakukan. Berikut ini beberapa tips untuk bisa berhasil melampaui wawancara online.

  1. Pastikan Alat Elektronik Berfungsi Baik

Salah satu faktor yang harus Anda persiapkan demi menjamin kelangsungan tes wawancara yang berhasil dan bisa berjalan dengan baik adalah pastikan alat elektronik yang Anda miliki bisa berfungsi dengan baik. Jika Anda akan melakukan tes wawancara melalui komputer tentu Anda harus memastikan jika komputer dalam kondisi yang bagus dan siap untuk melakukan proses wawancara tersebut. Baik itu komputer atau laptop juga harus dipastikan memiliki kamera yang jelas sehingga tidak akan mengganggu ketika digunakan. Jangan sampai mengalami gangguan seperti kendala laptop yang tiba-tiba menjadi lemot saat ditengah wawancara kerja.

  1. Persiapkan Ruangan

Saat akan melakukan wawancara kerja secara online pastinya juga akan terlihat dari background tempat Anda berada. Sebaiknya pilih ruangan yang tepat dan juga pastikan jika ruangan dalam keadaan yang baik. Jangan sampai Anda memperlihatkan bagaimana kamar Anda ataupun ruangan yang justru berantakan. Dengan pemandangan yang bagus dan juga rapi bisa menjadi salah satu penilaian tersendiri yang akan dilakukan oleh pewawancara kerja. Pilih juga ruangan yang sepi dan tidak penuh dengan lalu lalang orang karena hal ini bisa menyebabkan pemandangan pewawancara akan terganggu dan juga akan memecah fokus dari wawaancara yang sedang Anda jalani.

  1. Perhatikan Pakaian yang Digunakan

Meskipun memang Anda tidak perlu untuk datang kekantor dan juga tidak perlu untuk bertemu secara langsung kepada pewawancara namun bukan berarti Anda juga bisa menggunakan pakaian yang terlalu santai. Jika memang pihak pewawancara akan memberikan aturan untuk menggunakan pakaian casual tetapi juga jangan menggunakan pakaian yang terlalu santai seperti kaos. Tetap gunakan pakaian yang resmi dan juga terlihat rapi. Warna yang akan Anda gunakan juga harus diperhatikan. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu mencolok tetapi Anda bisa menggunakan baju dengan warna yang netral seperti hitam, biru tua atau juga abu-abu. Percaya atau tidak, bagaimana tampilan Anda terutama dalam pakaian akan menjadi salah satu penilaian yang diberikan oleh pihak pewawancara.

  1. Pastikan Koneksi Lancar

Sebelum memulai untuk menggunakan komputer dan internet digunakan untuk melakukan tes wawancara kerja, Anda juga harus memastikan jika koneksi yang Anda miliki dalam kondisi yang baik dan tidak akan terputus. Cari tempat yang memiliki koneksi dan jaringan yang lancar untuk bisa mendapatkan proses wawancara dengan baik. Jika tersendat nanti ketika Anda ditanyai oleh pihak wawancara maka akan terhenti dan tersendat. Hasilnya segala pertanyaan ataupun jawaban tidak akan tersampaikan dengan baik sehingga proses wawancara pun akan tersendat dan tidak bisa berjalan dengan lancar.

  1. Perhatikan Posisi Kamera

Masalah teknis juga harus tetap Anda perhatikan dengan baik karena ketika Anda menggunakan media online berarti Anda harus paham betul jika berbagai perangkat dibutuhkan dan harus diperhatikan. Kamera menjadi satu alat penting yang harus diletakkan dengan baik. Sebelum memulai tes wawancara Anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu dengan bersiap meletakkan kamera di posisi yang tepat. Letakkan kamera dengan posisi yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Posisikan di bagian yang pas sehingga akan membuat Anda bisa terlihat dengan jelas oleh pewawancara. Jangan sampai Anda justru sibuk membenarkan kamera ketika wawancara berlangsung oleh karena itu sebaiknya persiapkan sebelum tes wawancara berlangsung.

  1. Berbicara Dengan Jelas

Tes wawancara online tidak akan memberikan kesempatan Anda untuk bisa berbicara langsung kepada pihak pewaweancara secara face to face. Sehingga jika ada pembicaraan yang kurang jelas tidak akan bisa dipertanyakan secara gamblang seperti jika Anda berbicara langsung dengan orang yang memawancari Anda. Oleh karena itulah, ketika Anda berbicara pastikan Anda akan melakukan pembicaraan yang jelas. Pastikan juga jika speaker atau microphone pada laptop Anda bisa berfungsi dengan baik. Dengan masalah teknis yang sudah dipersiapkan maka Anda akna mendpaatkan proses wawancara yang bisa berjalan dengan baik dan apstinya tidak akan membuat Anda gagal dalam tes tersebut.

Dengan memperahtikan berbagai hal dan mempersiapkannya dengan baik maka proses untuk interview pun bisa Anda lakukan dengan cara yang baik. Interview secara online juga akan memberikan pertanyaan yang sama sehingga selain dari mempersiapkan masalah teknis Anda juga harus mempersiapkan mental dan juga jawaban untuk setiap pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh pihak pewawancara.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top