Shopping

Tips Belanja Hemat Di Bulan Puasa

Tips Belanja Hemat Di Bulan Puasa

Bulan puasa tentunya disambut dengan berbagai hal. Mulai dari disambut dengan suasana yang berubah, disambut dengan kegiatan sehari-hari yang disesuaikan hingga perubahan berbagai harga barang. Sudah seperti bukan rahasia umum lagi bahwa ketika bulan puasa maka berbagai barang terutama yang kebutuhan pokok melambung tinggi. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang yang kehabisan banyak sekali dana atau pemasukan ketika bulan puasa. Karena seperti yang diketahui bahwa ketika bulan puasa tiba maka banyak sekali kebutuhan yang menuntut untuk dipenuhi. Bahkan bisa dibilang, ketika bulan puasa tiba maka kebutuhan yang harus dipenuhi meningkat dari yang sudah-sudah. Hal tersebut belum ditambah bahwa ketika bulan puasa tiba banyak sekali harga-harga yang melambung tinggi. Sesuatu yang pastinya kemudian membuat banyak orang merasa dilematis ketika sedang berada di bulan puasa terutama dalam hal belanja. Tidak berbelanja namun di sisi lain kebutuhan juga meningkat pesat namun apabila memenuhi semua kebutuhan tersebut maka dipastikan pengeluaran akan sangat banyak. Sesuatu yang pastinya kemudian sangat menganggu daya financial setiap orang. Namun sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi apabila melakukan beberapa tips yang tepat. Dimana tips tersebut berkorelasi langsung terhadap kegiatan berbelanja di bulan puasa agar tetap terkontrol dan tidak melebihi budget yang ada. Berikut ini tips belanja hemat di bulan puasa.

sponsor: cream pemutih wajah.

  1. Membuat Daftar Menu Selama Satu Bulan

Tips Belanja Hemat Di Bulan Puasa

Seperti yang diketahui bahwa ketika bulan puasa maka kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh seseorang hanya dilakukan dua kali. Yakni ketika makan sahur dan berbuka puasa. Alih-alih hemat, nyatanya hal tersebut malah membuat pengeluaran menjadi melonjak. Disebabkan karena seringkali menu yang digunakan ketika sahur maupun berbuka itu beragam dan berada dalam jumlah yang banyak. Sesuatu yang pastinya secara tidak langsung membuat pengeluaran menjadi membengkak. Untuk itulah, tips untuk menghemat pengeluaran ketika bulan puasa adalah dengan membuat daftar menu selama satu bulan. Dimana seringkali banyak orang yang membuat menu berbuka ataupun sahur setiap harinya tergantung mood saja. Padahal hal ini adalah sebuah kekeliruan. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Alasannya adalah karena membuat menu buka atau sahur tergantung mood seringkali dilakukan tanpa perhitungan. Dan hanya tergantung pada selera dan tanpa memikirkan panjang tentang biaya yang perlu dikeluarkan untuk memenuhi semua keinginan maupun selera tersebut. Untuk itulah, gunanya membuat daftar menu selama satu bulan. Dimana hal ini dilakukan semata-mata untuk membuat pengeluaran ketika bulan puasa menjadi lebih terkendali. Hal tersebut tidak lepas karena dengan membuat daftar menu selama satu bulan membuat seseorang bisa menyiapkan dana sekaligus apa saja untuk membuat menu tersebut bisa terpenuhi. Namun di satu sisi, pengeluaran bisa terkendali sekaligus tetap berada dalam batas kewajaran.

  1. Menyetok Barang Belanja

Tips Belanja Hemat Di Bulan Puasa

Tips berikutnya yang bisa dilakukan untuk bisa menghemat ketika belanja di bulan puasa. Adalah dengan cara menyetok barang-barang belanja ketika bulan puasa sedang berlangsung. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Seperti yang diketahui bahwa ketika bulan puasa sudah tiba maka berbagai barang yang dibutuhkan bukan hanya harganya melonjak tajam namun juga menjadi langka. Hal tersebutlah yang kemudian seringkali menjadi masalah baru. Karena untuk bisa mendapatkan barang tersebut maka harus merogoh kocek yang lebih dalam seperti biasanya. Sesuatu yang kemudian secara tidak langsung membuat pengeluaran lebih besar dari biasanya dan menganggu financial. Hal tersebutlah yang kemudian harus diatur dengan melakukan berbagai tips. Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah dengan cara menyetok barang belanja. Dimana hal ini bukanlah sesuatu yang remeh dilakukan. Karena apabila dilakukan dengan benar maka sudah dipastikan pengeluaran akan menjadi lebih teratur. Dimana menyetok barang belanja ini bisa dilakukan dua minggu atau satu bulan sebelum datangnya bulan puasa. Tentu yang bisa disetok barang belanjanya adalah barang yang dibutuhkan ketika menyambut bulan puasa sekaligus barang tersebut awet atau tahan lama. Hal tersebut tentunya dilakukan agar penyimpanan barang tersebut tidak akan menjadi sia-sia pada akhirnya.

  1. Tahan Keinginan Berbelanja

Tips Belanja Hemat Di Bulan Puasa

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatur financial ketika bulan puasa tiba adalah dengan tidak membebaskan keinginan berbelanja begitu saja. Karena seperti yang diketahui ketika bulan puasa banyak sekali barang yang dijual dengan berbagai diskon menarik. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang yang tertarik sekaligus tergila-gila untuk bisa membelinya. Namun karena terlalu banyaknya barang yang menarik tersebut malah seringkali membuat keinginan berbelanja menjadi begitu berlebihan. Bahkan seringkali kemudian terjadi pembelian barang yang sebenarnya tidak perlu bahkan juga tidak dibutuhkan. Sehingga tentunya hal tersebut seringkali membuat pengeluaran menjadi berlebihan. Untuk menyiasati hal tersebut maka bisa digunakan dengan cara menahan keinginan berbelanja yang berlebihan. Yakni dimana dana untuk berbelanja tersebut bisa dialihkan pada kantung yang lebih membutuhkan.

Bulan puasa memang tidak bisa dipungkiri seringkali menggoda untuk melakukan berbagai hal. Dimana berbagai hal tersebut seringkali membutuhkan banyak dana. Sesuatu yang kemudian membuat financial terkuras habis. Untuk itulah tiga tips yang telah dijelaskan diatas bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top