Gosip

Tips Begadang Yang Baik Dan Tepat

Tips Begadang Yang Baik Dan TepatTerkadang karena suatu hal yang mendesak seperti persiapan ujian, pekerjaan dan yang lainnya menuntut kita untuk begadang atau tidak tidur semalaman. Begadang boleh saja, namun Anda harus tahu bagaimana tips begadang yang baik. Apapun alasannya, tidak sema orang terbiasa dan mampu untuk begadang, oleh sebab itu di bawah ini terdapat tips begadang yang baik dan tepat yang mungkin dapat Anda terapkan:

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Jangan Stress

Sebelum begadang ada baiknya Anda mandi terlebih dahulu untuk menyegarkan badan. Anda dapat melakukan pekerjaan Anda pada malam hari untuk mengejar sesuatu seperti deadline pekerjaan atau yang semisalnya. Menonton film horror juga dapat membantu kita untuk terjaga, namun jangan sampai lupa waktu sehingga kita lupa akan tujuan begadang. Setidaknya cukup hanya sebagai selingan saat Anda beristirahat selama 5 hingga 20 menit.

  1. Matikan segala perangkat elektronik

Saat begadang sebaiknya matikan segala perangkat elektronik seperti handphone, televisi dan yang semisalnya yang dapat mengganggu konsentrasi pekerjaan Anda saat begadang. Jangan sampai Anda tergoda untuk main game, browsing, atau hal apapun yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan Anda. Usahakan tetap fokus dan disiplin, beda hal jika tujuan begadang Anda hanyalah untuk bersenang-senang seperti menghabiskan malam bersama teman-teman misalnya.

  1. Sediakan camilan yang kaya protein

Anda dapat menyediakan makanan atau camilan yang kaya protein saat Anda begadang. Makanan tersebut seperti keju, susu, roti isi dan sebagainya. Makanan manis juga dapat menjadi pilihan yang tepat, karena dapat membantu kita untuk terjaga dan memberikan tambahan tenaga namun tetap perhatikan kadar gulanya jangan sampai berlebihan. Jika Anda menyukai buah-buahan Anda dapat memilih buah apel yang dapat membantu menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil sehingga tidak membuat Anda mengantuk. Bahkan ada pendapat yang mengatakan apel lebih baik dari pada kafein atau kopi. Bagaimanapun juga buah-buahan adalah pilihan yang terbaik jika dibandingkan dengan makanan manis yang mengandung gula yang tinggi.

  1. Hindari minum teh hitam

Teh hitam memang dapat menjadi solusi untuk menemani begadang Anda namun hanya sesaat. Keesokan harinya Anda mungkin akan merasakan pusing karena efek begadang malam sebelumnya. Sebaiknya Anda memilih air dingin untuk persediaan minum Anda, setidaknya setiap 30 menit sekali Anda harus minum saat begadang.

  1. Pastikan alasan begadang adalah suatu hal yang penting

Yang paling harus diperhatikan adalah untuk apa Anda begadang, lakukanlah jika memang karena suatu hal yang penting dan mendesak. Begadang untuk belajar bukan merupakan pilihan yang baik. Karena saat tidur adalah waktu yang sempurna untuk menyerap seluruh memori yang kita coba simpan di hari sebelumnya. Ketika Anda begadang, justru tubuh dan fungsi otak akan melemah. Ketika Anda memang terpaksa harus begadang, Anda harus mengganti dengan istirahat yang cukup di hari berikutnya.

  1. Usahakan jangan sampai menguap

Anda akan menguap ketika otak kekurangan oksigen, jadi usahakan Anda tetap mengatur nafas Anda agar oksigen tetap mengalir dengan baik. Jika Anda terlalu sering menguap saat begadang, Anda dapat mengatasinya dengan tertawa. Istirahatlah dengan menonton video-video lucu ataupun yang semisalnya walaupun hanya sesaat.

  1. Persiapkan dengan baik

Jika Anda memang sudah merencanakan untuk begadang, maka cobalah tidur siang saat sebelum begadang secara cukup agar ada tenaga yang tersimpan. Jika ada waktu, Anda dapat tidur siang selama 2 hingga 3 jam. Jika saat begadang Anda merasa sangat ngantuk, tidurlah selama beberapa menit misalnya 45 menit dan jangan lupa untuk memasang timer agar Anda terbangun kembali. Jika Anda sudah tidur siang, seharusnya Anda tidak akan mengantuk walaupun begadang semalaman.

  1. Carilah selingan yang menarik saat beristirahat

Saat begadang jangan lupa untuk beristirahat setidaknya 20 hingga 40 menit. Anda dapat mencari tontonan yang menarik entah itu video lucu, film horor, atau apaun yang Anda sukai. Tetapi jangan sampai lupa waktu sehingga Anda lupa akan tugas dan pekerjaan Anda.

Mungkin terdengar aneh, tapi pilihan yang terbaik adalah menyaksikan film horor. Anda akan tetap terjaga karena rasa takut akibat film horor tersebut. Tetapi jika Anda memang takut untuk menyaksikan film horor, sebaiknya jangan Anda lakukan. Karena justru Anda tidak akan dapat berkonsentrasi dengan pekerjaan Anda.

  1. Putarlah musik dengan keras

Musik yang memberikan semangat seperti metal atau yang lainnya bisa menemani Anda untuk begadang. Walaupun bukan musik yang Anda suka, namun perlu untuk membantu Anda agar tidak mengantuk. Jika tidak ingin mengganggu orang disekitar Anda, sebaiknya gunakan earphone.

  1. Bukalah jendela

Anda dapat membuka jendela ruangan Anda agar udara tetap masuk. Cuaca ruangan yang sejuk dapat membantu kita untuk tetap terjaga. Jika dengan cara ini Anda masih mengantuk, sebaiknya Anda cuci muka agar segar kembali. Namun sebagian orang justru akan mengantuk jika merasakan cuaca yang sejuk, oleh sebab itu semua tergantung kondisi Anda.

  1. Aturlah tingkat cahaya layar komputer Anda

Jika mata sudah lelah, maka akan berdampak pada seluruh tubuh. Jika sudah demikian, Anda sebaiknya beristirahat sejenak dan istirahatkan mata Anda. Sebaiknya Anda mengatur tingkat cahaya layar komputer Anda seredup mungkin, sehingga tidak membuat mata cepat lelah.

  1. Jangan bekerja dengan tiduran

Sebagian orang akan bekerja sambil berbaring jika sudah merasa lelah, namun sebaiknya hal ini dihindari. Anda akan mudah tergoda untuk tidur sehingga lebih baik kerjakan tugas Anda sambil duduk di kursi.

  1. Hilangkan pikiran menunda pekerjaan

Kebanyakan dari kita adalah menunda pekerjaan dengan adanya pikiran seperti “sedikit lagi selesai”, “mungkin akan kukerjakan sebentar lagi”, atau “nanti saja”. Jika Anda memiliki pikiran seperti itu, sebaiknya buang jauh-jauh karena Saya yakin pekerjaan Anda tidak akan pernah selesai tepat waktu.

Untuk membantu memberikan semangat Anda dapat membuat daftar pekerjaan atau target yang harus diselesaikan, carilah cara agar tidak bosan menurut cara Anda sendiri.

  1. Apapun alasanya tidur dan bangun lebih awal lebih baik dibandingkan begadang

Apapun alasanya begadang tidaklah baik untuk kesehatan, oleh sebab itu jangan begadang jika tidak ada alasan yang penting atau sesuatu yang mendesak.

Demikian tadi tips begadang yang baik dan tepat, perlu diingat jangan setiap malam begadang karena akan mengganggu kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top