Tips & Trik Parent

Tips Anak Berhenti Mengompol

Salah satu permasalahan yang sering timbul pada anak-anak adalah kebiasaan mengompol yang biasanya akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Butuh kesabaran untuk bisa membuang kebiasaan mengompol pada anak. Meskipun ada yang mengatakan jika mengompol bisa berhenti secara sendirinya berdasarkan usia dari si anak, namun ternyata hal ini juga bisa lebih dipercepat dengan menerapkan berbagai cara yang baik dan juga tepat dengan menggunakan Tips Anak Berhenti Mengompol.

Tips Anak Berhenti Mengompol

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Ada berbagai tips dan strategi khusus untuk membuat anak bisa berhenti mengompol dengan cepat. Ad berbagai faktor yang menyebabkan anak menjadi sering mengompol. Salah satunya adalah dikarenakan hormon vasopressin dan juga ada juga masalah pada produksi air kemih. Yang ada permasalahan pada bagian ini maka akan menyebabkan permasalahan pada bagian produksi hormon terutama pada saat malam hari. Dimana jika ada produksi hormon ADH ini tiak normal maka akan membuat produksi urin menjadi  lebih tinggi. Berikut ini berbagai tips untuk bisa menghentikan anak dari kebiasaan mengompol.

  1. Perhatikan Asupan Air Minum

Salah satu penyebab yang bisa menjadikan anak terus mengompol adalah kebiasaan minum yang terlalu banyak saat menjelang waktu tidur. Anak yang terlalu banyak minum bisa mengalami mengompol yang tidak ia sengaja karena anak belum bisa mendapatkan kondisi dan pertahanan tubuh yang baik. Salah satu hal yang menyebabkan kejadian mengompol ini adalah karena otak pada anak belum bisa merespon dengan cepat sinyal jika tubuh ingin membuang air kecil. Alhasil anak pun tidak akan terbangun sehingga ia akan ngompol di tengah-tengah ia tidur.

  1. Minum 30 Menit Sebelumnya

Jika anak memang merasakan haus sebelum tidur maka biasakan untuk memberikan minum 30 menit sebelum anak tidur. Selalu biasakan untuk memberikan anak minum sebelum ia memasuki waktunya tidur. Dengan cara ini tentu akan mencegah anak untuk mengompol karena ia tidak akan langsung tidur. Kandung kemih pada anak juga tetap keadaan kosong karena dalam jangka waktu 30 menit ini nanti ia juga akan  merasakan ingin buang air kencing. Karena ia belum tertidur maka Anda pun bisa mengajaknya untuk buang air kecil di kamar mandi.

  1. Hindari Kafein

Bagi anak yang sudah berusia lebih dari 10 tahun ia sudah bisa untuk mengkonsumsi aneka jenis minuman. Salah satu minuman yang mungkin ia coba-coba untuk konsumsi adalah kopi ataupun minuman yang mengandung kafein. Sebaiknya untuk anak yang masih kecil ini jangan diberikan kafein yang terlalu tinggi dan terlalu banyak. Hal ini disebabkan kafein bisa membuat kantung kemih menjadi iritasi dan hasilnya ia akan terus merasakan ingin buang air kecil. Bukan hanya minuman saja, makanan yang mengandug kafein pun juga jangan diberikan terlalu lama. Dengan memperhatikan hal ini maka anak tidak akan lagi terus-terusan mengompol.

  1. Minum Dibatasi Setelah Pukul 18.00

Untuk membuat anak bisa mendapatkan perlindungan dari rasa mengompol maka yang harus diperhatikan adalah usahakan untuk anak hanya mengkonsumsi air pada pukul 16.00 – 18.00. Waktu-waktu ini anak bisa mengkonsumsi air sebanyak-banyaknya, namun jika sudah lebih dari jam 18.00 lewat maka jangan berikan minuman terlalu banyak. Hal ini akan membantu anak untuk bisa buang air kecil saat ia belum tertidur sehingga mengompol pun bisa untuk dihindari.

  1. Minum Lebih Banyak Saat Siang Hari

Mengkonsmsi cairan memang sangat dibutuhkan oleh anak untuk membuatnya tubuhnya menjadi lebih sehat dan bbisa kebal. Air putih bisa dikonsmsi dalam jumlah sebanyak-banyaknya terutama pada saat siang hari. Air putih ini akan membantu anak untuk membersihkan bagian ginjal dan juga membersihkan kandungan kemih sehingga akan terjaga dan terhindar dari iritasi. Tidak apa-apa jika memberikan jus atau susuh pada anak, namun tetap usahakan untuk memberikan air putih sebanyak 8 gelas per harinya.

  1. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Untuk membuat pencernaan anak dalam kondisi yang baik dan tidak mengompol maka harus mengkonsumsi makanan yang beserat. Kondisi pencernaan yang tidak baik juga akan menyebabkan anak akan mengalami gangguan pada bagian kandung kemih. Pencernaan yang kemudian mengalami kendala akan langsung membuat bagian kemih menjadi tidak normal. Kondisi kandung kemih yang tidak normal maka akan menyebabkan anak menjadi terus menerus kencing hingga saat ia tertidur. Berikan makanan seperti buah, kacang-kacangan, sereal, roti gandum dan lainnya untuk memberikan asupan serat yang baik.

  1. Ciptakan Kondisi yang Kondusif

Hal yang juga sangat penting untuk membuat anak tidak terus menerus mengompol adalah menciptakan kondisi yang kondusif. Yang dimaksud dengan kondisi yang kondusif disini adalah jangan sampai anak merasa takut jika harus kekamar mandi sendiri. Bahkan saat anak bangun malam karena merasa ingin buang air kecil dan akan kekamar mandi ia tidak harus takut karena hal itu. Apalagi saat semua anggota sudah tertidur pun ia tetap harus berani untuk ke toilet sendiri.

Berbagai cara diatas bisa menjadi cara yang terbaik untuk membuat anak tidak lagi mengompol. Kebiasaan ini harus diajarkan sedini mungkin sehingga ia pun tidak akan teribasa untuk terus mengompol. Kebiasaan ini juga harus menjadi kebiasaan yang harus dilakukan dengan baik oleh anak. Dengan cara-cara diatas maka anak pun tidak akan lagi mengompol.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top