Motivation

Tips Ampuh Menahan Emosi Dan Amarah Saat Puasa

Menahan amarah atau emosi terkadang bikin susah terlebih saat puasa. Ada saja hal-hal yang bisa memicu emosi dan membuat kita ingin berkata yang tidak-tidak. Padahal, salah satu  syarat puasa itu sempurna adalah menahan emosi dengan cara bersabar. Bagi Anda yang pekerja, emosi juga bisa muncul karena beban kerja yang berat atau bisa karena orang lain di tempat kerja. Agar ibadah puasa Anda bisa sempurnya meski di tempat kerja, berikut tips ampuh menahan emosi dan amarah saat puasa yang bisa dilakukan.

Sponsor: pemutih wajah

tips ampuh menahan emosi dan amarah saat puasa

1. Hindari situasi yang menyulut emosi

Penting bagi Anda untuk memiliki kepekaan dan kesadaran serta dampak yang muncul jika kita emosi saat kerja. Misalnya jika Anda tahu kalau jika rasa marah dapat muncul dalam suasana  terburu-buru, maka hindari situasi yang memicu emosi Anda muncul. Atau jika Anda suka kesal karena terlambat kantor maka lebih baik atur jadwal berangkat kerja 10-30 menit lebih awal.

Tips Ampuh Menahan Emosi Dan Amarah Saat Puasa

2. Jangan terlalu dianggap serius

Perbanyaklah melakukan humor atau canda selama puasa. Cara ini berguna untuk membantu Anda menghadapi hal-hal yang bisa menyulut emosi. Jika kebetulan Anda bertemu dengan teman yang suka bergosip di kantor, maka hindari percakapan dan bergegaslah mencari waktu sibuk di kantor seperti menyelesaikan tugas. Hindari juga berita seputar gosip, atau masalah-masalah umum yang berkaitan dengan kebencian. Cara itu akan lebih membuat ibadah Anda selama puasa menjadi lebih optimal tanpa emosi.

Tips Ampuh Menahan Emosi Dan Amarah Saat Puasa

3. Latih diri untuk tetap rileks

Latihlah diri Anda agar berada dalam kondisi rileks atau santai. Cara ini bisa membantu mencegah dan menahan emosi saat  puasa. Agar cara ini bisa sukses, latih pernapasan saat hal-hal pemicu emosi datang tiba-tiba. Lalu hembuskan nafas dan bersikaplah santai, tenang, dan rileks. Alternatif lain bisa dengan tidur,  mendengarkan musik, atau melakukan gerakan relaksasi.

Tips Ampuh Menahan Emosi Dan Amarah Saat Puasa

4. Olahraga ringan di kantor

Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa olahraga penting untuk menjaga tubuh tetap bugar saat puasa. Tak hanya itu, olahraga di waktu puasa bisa mencegah perasaan emosi muncul. Selama olahraga tubuh akan mengelurkan hormon stress. Jika tiba di kantor Anda merasakan kekesalan, maka cobalah lakukan gerakan olahraga ringan seperti jalan-jalan diwaktu istirahat kantor.

tips ampuh menahan emosi dan amarah saat puasa

 

5. Jadilah orang yang suka memaafkan

Bukan cara mudah melatih kebiasaan suka marah terlebih jika puasa tiba. Tak ada cara paling mudah selain menjadi orang yang suka memaafkan. Banyak masalah bisa muncul kapanpun itu baik dari rekan ataupun pekerjaan yang padat. Buatlah diri Anda tenang dengan membuang semua amarah dan perasaan negatif. Kurangi hal-hal tersebut dengan kegiatan dan pikiran positif. Tanamkan dalam pikiran bahwa menjadi orang pemaaf jauh lebih baik dibanding harus menjadi seseorang yang emosional. Selain mencegah dampak buruk, menjadi pribadi pemaaf juga bisa menambah pahala ibadah.

Itulah beberapa tips bagaimana mencegah emosi datang disaat puasa. Disamping memberi rasa nyaman, menahan emosi juga bisa membuat kualitas kerja jadi lebih baik. Daripada Anda sibuk dengan marah-marah, coba luangkan waktu mencari informasi seputar jasa pekerjaan yang dapat memberi Anda kesempatan hidup yang lebih baik di masa depan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top