Motivation

Tips Adaptasi di Tempat Kerja Baru

Tips Adaptasi di Tempat Kerja Baru

Sebagai karyawan baru, mungkin Anda akan sedikit mengalami kesulitan untuk beradap tasi. Tidak masalah, pasalnya hal tersebut hanya akan berjalan beberapa hari saja. Saat memasuki tempat kerja baru, artinya Anda harus siap dengan segala bentuk perubahan iklim di tempat kerja. Di hari pertama kerja, juga menjadi waktu yang cukup membuat Anda cemas, grogi dan gelisah. Namun, dengan cara sederhana ini, tips adaptasi di tempat kerja baru bisa Anda gunakan untuk mengawali hari-hari baru di tempat kerja baru Anda.

Sponsor: cream pemutih wajah

Agar menghilangkan segala kecemasan di awal kerja, kemampuan beradaptasi dengan baik adalah hal sangat Anda perlukan. Semakin cepat Anda bisa beradaptasi, maka akan semakin cepat juga Anda bisa bekerja dengan sangay maksimal. Untuk memotivasi kerja, berikut inu tips yang akan melatih dan membantu Anda beradaptasi di tempat kerja dengan nuansa barunya.

1. Fokuskan perhatian di awal perkenalan

Awalnya, para pekerja baru akan mendapat bimbinga langsung dari tim HRD selama minggu-minggu pertamanya bekerja. Waktu tersebut bisa menjadi momen penting untuk Anda mengenal lebih dalam seluk beluk perusahaan beserta anggota yang terlibat didalamnya. Anda juga akan dikenalkan dengan informasi internal perusahaan seperti struktur organisasi, aktivitas bisnis perusahaan, visi dan misi perusahaan, dan lingkungan departemennya.Tujuan mereka memperkenalka hampir semua aspek di perusahaan yaitu agar Anda mengerti sisi baik perusahaan sehingga membuat Anda menjadi lebih familiar dengan budaya perusahaan sekaligus gaya kerja. Karena kesempatan itu tidak datang untuk kedua kalinya, maka inilah waktu tepat bagi Anda menggali informasi dengan bertanya sebanyak-banyaknya jika ada hal yang kurang dipahami. Jadi dengan begitu, Anda akan terhindar dari masalah yang nanti akan mengganjal. Agar hari pertama Anda makin bersemangat, maka usahakan untuk tidak tidur larut malam agar kualitas tidur menjadi lebih baik dan fikiran jadi lebih segar.

2. Tenanglah dan amati

Menjadi orang yang baru di kantor kadang membuat Anda terlalu antusias yang berlebihan. Meskipun hal ini cukup normal sebab Anda ingin dikenal oleh banyak orang. Tetapi, terlalu antusias yang berlebihan juga tak baik sebab Anda akan mudah dinilai  berlebihan atau lebay. Kondisi ini bisa jadi nantinya dapat membatasi Anda berbaur dengan tim. Lebih baik Anda menjadi pengamat terlebih dahulu, dibandih harus terus bicara, lebih baik kerjakan pekerjaan sebaik mungkin dengan waktu cepat. Anda boleh berbicara saat jam istirahat untuk mengambil kesempatan mengamati perilaku atau sifat rekan kerja.

3. Perhatikan gaya bicara

Sebagian orang ingin mendapat banyak simpati dari rekan kerja baru atau atasan. Agar bisa beradaptasi, berbicaralah dengan nada bicara yang sama dengan keadaan tempat kerja. Jika orang-orang berbicara dengan suara pelan, tidak boleh banyak berisik, jangan mencoba berbicara dengan keras atau berteriak. Sebaliknya, jika di lingkungan kerja berbicara dengan volume tinggi diperlukan, maka lakukanlah. Jadi, perhatikan situasinya dan kontrol besar kecilnya volume suara Anda.

4. Kesempatan menjalin pertemanan

Agar bisa dikenal banyak rekan kerja, Anda tidak bisa hanya duduk dan diam menunggu untuk ditanya oleh orang lain. Jadi persiapkan dengan baik langkah agar Anda bisa mencari sebanyak-banyaknya bahan untuk perbincangan. Cari bahan obrolan sederhana dan menarik yang dapat digunakan untuk membangun hubungan pertemanan baru. Cara ini adalah langkah efektif agar Anda berhasil dalam beradaptasi di tempat kerja baru. Untuk membantu, Anda bisa perhatikan berita atau isu hangat apa yang sedang terjadi. Anda bisa juga menanyakan tentang hobi, film, atau lagu favorit. Percakapan-percakapan ini dapat membangun hubungan dan membangun citra positif baru Anda.

5. Bersikap sopan pada semua orang

Anda tidak perlu merasa khawatir atau minder saat berpapasan dengan bos, manager atau rekan baru Anda. Lebih baik bertindak sebelum Anda dikenal sebagai orang yang acuh dan tak bersimpati. Sapa dengan sopan dan tunjukkan sikap sopan santun terhadap semua orang baru yang Anda temui. Saat berpapasa sebisa mungkin hindari membuanh muka  dan beri senyuman terbaik Anda. Jika Anda merasa kurang nyaman untuk memulai interaksi tetaplah tenang dan lakukan interaksi senyaman mungkin dengan tindakan dan sikap yang sopan. Bisa jadi, hal tersebut adalah peluang bagi Anda untuk meraih hubungan baik sesama rekan kerja.

6. Tunjukkan kualitas Anda

Agar Anda merasa memiliki kualitas yang baik, maka tunjukkan jati diri dengan hal-hal yang membuat Anda terkenal. Jika Anda ingin terkenal sebagai pekerja keras, ambius namun solutif,  maka berusahalah sejak pertama bekerja. Tunjukkan citra diri dengan hal yanv positif seperti mengerjakan pekerjaan tepat watu, aktif dalam befbagai tugas dan pandai memberikan solusi. Cara-cara tersebut adalah langkah awal bagi Anda menarik perhatian banyak orang, sehingga bisa jadi mereka akan membutuhkan Anda di lain waktu.

7. Hindari komplain

Saat Anda mulai bekerja di perusahaan baru, tidak semua hal sama dengan apa yang pernah Anda kerjakan sewaktu bekerja di perusaan lama. Kadang di awal kerja, ada saja hal yang membuat Anda tidak nyaman, hingga Anda mulai membandingkan. Komplain sebaiknya Anda simpan dulu agar tidak terjebak dengan suasana tak nyaman.

9. Atur tempat kerja

Untuk mencairkan suasana hati Anda yang sedang cemas, tak ada salahnya mencoba mendekor tempat kerja senyaman mungkin. Atur tempat kerja Anda dengan gaya yang membuat semakin bersemangat dalam bekerja. Letakkan perkakas kantor di tempat yang mudah dijangkau.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top