Career Tips

Tipe Rekan Kerja yang Harus Dihindari

Dalam satu hari hampir seluruh waktu pasti akan Anda habiskan untuk bekerja dan menghabiskan waktu di tempat kerja membuat Anda juga harus menghabiskan waktu dengan teman atau rekan kerja Anda tersebut. Ada berbagai tipe rekan kerja yang mungkin akan Anda temui ditempat kerja Anda. Berbagai tipe ini harus segera Anda sadari dan kemudian Anda pilih manakah rekan kerja yang memang harus Anda hindari dan mana rekan kerja yang bisa Anda jadikan sebagai seorang rekan yang baik. Tipe rekan kerja yang harus dihindari menjadi satu tipe rekan yang kemudian bisa untuk  Anda hindari untuk membuat Anda tetap bisa mendapatkan suasana kerja yang lebih kondusif dan Anda pun tidak akan terganggu dengan adanya teman Anda tersebut.

Tipe Rekan Kerja yang Harus Dihindari.1

Sponsored by: cream pemutih wajah

Masalah rekan kerja yang memiliki sikap atau perilaku yang kurang baik bisa membuat Anda kurang produktif dalam bekerja. Hal ini juga bisa menjadikan kendala yang kemudian akan membuat Anda bahkan merasa tidak nyaman ketika Anda bekerja dan tinggal di kantor Anda. Bukan berarti teman dengan karakter yang kurang baik harus Anda musuhi, namun berbagai karakter ini harus Anda hindari demi membuat Anda bisa mendapatkan suasana kerja yang terbaik dan membuat Anda tetap produktif dalam bekerja. Lebih baik menghindar demi mendapatkan suasana dan juga situasi kerja yang produktif dibandingkan harus meladeni namun tidak ada manfaatnya bagi Anda.

1. Sok Senior

Mungkin Anda baru saja masuk pada satu perusahaan atau kantor. Pasti Anda akan menemukan berbagai karyawan dari generasi ke generasi. Salah satu rekan kerja yang kurang baik dan mungkin membuat Anda kurang nyaman adalah rekan kerja yang sok senior. Hal ini sebenarnya bisa langsung dirasakan pasti akan menimbulkan ketimpangan antara karyawan pada saat di kantor. Tak jarang, para karyawan yang sudah lebih lama bekerja untuk perusahaan tersebut bersikap semaunya dan mengharapkan rasa hormat dari para juniornya. Jika Anda menemukan rekan kerja dengan tipe seperti ini sebaiknya untuk Anda hindari demi mendapatkan kelancaran kerja yang lebih baik lagi.

2. Tukang Gosip

Pasti akan ada saja satu orang di perusahaan atau kantor yang selalu senang dan sangat suka untuk bergosip akan berbagai hal. Orang ini merupakan sumber dari berbagai gosip yang ada di kantor atau perusahaan tersebut mulai dari siapa yang menjalin cinta hingga berbagai hal lainnya pasti akan selalu diketahui dan orang ini menjadi sumber utama dari berita tersebut. Hal yang kurang baik yang bisa Anda rasakan ketika Anda terlalu terjebak dengan rekan kerja dengan tipe ini adalah Anda akan terjebak dalam drama kantor hingga Anda akan mendapatkan cap yang sama dengan si tukang gosip ini. Sebaiknya hindari dengan cara halus dan jangan terlalu banyak mendengarkan ceritanya karena jika diteruskan bisa saja Anda malah akan terbawa oleh omongan tidak masuk akalnya.

3. Si Sok Tau

Dia merasa dirinya adalah orang yang paling pintar di kantor atau perusahaan tempat Anda bekerja. Apapun yang ia lakukan ia merasa paling benar dan tidak ada orang lain yang bisa mengalahkan kepintarannya. Bahkan ketika ada orang lain memberikan ide, ia tidak mau untuk mendengarkan justru dia sibuk untuk terus mengoreksi kesalahan orang lain. Dia juga menjadi salah satu orang yang selalu memberikan kritik bahkan tanpa Anda memintanya sekalipun. Tipe rekan kerja yang seperti ini akan membuat Anda mendapatkan rekan kerja yang tidak bisa untuk membangun kerja dalam tim. Untuk mengatasi orang seperti ini Anda bisa memberikan pendapat Anda juga ketika ia sudah mulai untuk sok pintar dan sok tau. Namun, Anda juga harus tetap untuk memperhatikan tingkah laku Anda untuk tetap sopan dalam menanggapinya.

4. Penusuk Dari Belakang

Tipe yang satu ini memang menjadi tipe rekan kerja yang sangat berbahaya. Tidak menyerang secara langsung tetapi ia mencari aman untuk melakukan segala triknya dibelakang anda. Dia akan dengan mudahnya untuk bersosialisasi dan juga ramah terhadap orang lain, tetapi tingkah lakunya ini tidak didasari dengan niat yang tulus. Dia bisa tega untuk melakukan berbagai hal asalkan dia mendapatkan segala hal yang ia inginkan termasuk dengan mengecewakan dan mematikan karakter dari rekan kerjanya yang lain. Berkomentar yang buruk hingga menyalahkan orang lain bisa saja Ia lakukan asalkan ia bisa mendapatkan apa yang ia mau. Tipe rekan kerja yang seperti ini yang harus Anda hindari dan Anda waspadai untuk membuat kinerja Anda lebih maksimal lagi.

5. Lari dari Tanggung Jawab

Ketika ada sebuah tanggungan pekerjaan yang harus Anda lakukan bersama rekan kerja atau tim, dia adalah salah satu orang yang paling mudah untuk melemparkan tanggung jawab dari tugas tersebut. Awalnya mungkin dia sudah siap dan mau untuk menuruti segala tugas yang diberikan untuknya. Namun, ketika dirasa sudah tidak mampu atau hasil yang diharapkan tidak sesuai, maka ia akan melempar segala kesalahan tersebut kepada orang lain sehingga ia bisa selamat untuk tidak dimarahi si bos.

Berbagai tipe rekan kerja seperti yang disebutkan diatas bukan tak mungkin bisa Anda temui dimanapun Anda bekerja. Memang, memiliki rekan kerja dengan tipe tersebut akan sangat menjengkelkan dan mungkin perlu ekstra hati-hati demi menyelamatkan karir kerja Anda. Lebih baik untuk sebisa mungkin harus menghindar dibandingkan harus beradu argumen yang mungkin juga bisa mengakibatkan hal yang kurang baik untuk Anda dan karir Anda.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top