Career Tips

Tipe Bos yang di Inginkan Karyawan

Dalam sebuah perusahaan ataupun kantor pasti peran bos sangat penting untuk bisa membimbing karyawan menjadi karyawan yang hebat. Bos dan karyawan sebaiknya bukan menjadi pemimpin dan bawahan tetapi menjadi satu tim yang bahu membahu untuk membuat tim bisa memenuhi target yang sudah ditentukan. Bos adalah kunci dimana jika bos memiliki sifat yang baik maka karyawan juga bsa etah dan melakukan perkembangan yang baik untuk timnya. Sebagai seorang atasan harus bisa memenuhi Tipe bos yang di inginkan karyawan supaya suasana kantor menjadi lebih kondusif.

Tipe Bos yang di Inginkan Karyawan

Sponsored by: cream pemutih wajah

Atasan yang baik akan membuat sebuah tim menjadi lebih kuat dan bisa mendapatkan seluruh target menjadi lebih mudah. Bos yang bisa membuat suasana menjadi semakin kondusif dan nyaman tentu akan membuat suasana kantor menjadi lebih baik lagi dan membuat kantor menjadi lebih bagus lagi. Suasana yang menjadi lebih kondusif ini tentu akan membuat kinerja menjadi semakin meningkat.

1. Bisa Berteman Dengan Bawahan

Situasi kekeluargaan menjadi hal yang paling penting untuk membuat suasana kantor menjadi lebih baik dan kondusif lagi. Situasi dari kekeluargaan ini bisa didapatkan dengan memberikan suasana akrab antar bawahan dan juga atasan. Meskipun memiliki kedudukan sebagai bos namun bukan berarti harus memberikan sekat terhadap karyawan untuk bisa berteman dengan baik bersama dengan karyawan yang ada di kantor. Justru karyawan akan lebih hormat jika bos bisa lebih akrab dengan karyawan. Setidaknya kenali karyawan satu persatu dan berusaha dekat dengan mereka. Suasana nyaman ini akan menjadikan satu hal yang membuat kinerja karyawan juga akan terus meningkat setiap saat.

2. Berikan Ucapan Terimakasih

Terlihat sangat sederhana, namun hal ini tentu akan menjadi satu hal yang bagus untuk perkembangan dari para karyawan. Setelah karyawan bekerja keras dengan sangat baik demi mendapatkan kinerja yang memuaskan, tak salahnya sesekali mengucapkan terimakasih kepada karyawan. Dengan hal ini, karyawan akan merasa jika memang setiap usaha dan kinerja mereka diakui dan dihargai di tempat mereka bekerja. Semakin kinerja dihargai maka akan semakin semangat dan bisa bekerja dengan keras pula mereka. Ucapan terimakasih juga bisa menjadi satu bentuk untuk memuji yang tentunya menjadi satu apreasiasi sederhana namun mengesankan ketika didapatkan oleh para karyawannya.

3. Tidak Menunjukan Gaya “Super Bossy”

Tipe orang seperti ini memang bisa menjadi teipe bos yang sangat mengganggu bagi para karyawan. Bos dengan sikap yang seperti ini membuat karyawan mereka merasa tidak nyaman dengan setiap pekerjaan yang dilakukannya. Bos dengan tipe yang selalu memerintah dan penuh tekanan bukannya akan membuat karyawan menjadi semakin bersemangat tetapi justru akan membuat para karyawan menjadi terbebani dan tertekan dengan apa yang dilakukan oleh bos tersebut. Memang wajar jika bos bisa memerintah, tetapi bukan berarti segala hal harus diperintahkan kepada bawahan. Apalagi jika hal yang dilakukan merupakan hal-hal yang sulit dan melanggar etika, oleh karena itu selalu perlakukan karyawa dengan baik dan jangan bertindak superior jika ingin tetap disayang oleh karyawan.

4. Mau untuk Memberi Masukan

Bukan hal yang sulit dan bedsar bagi seorang atasan untuk memberikan wejangan dan masukan kepada bawahannya. Berbagai hal bisa selalu dibicrakan dengan anak buah dan atasan dan membuka diri untuk berdiskusi dalam berbagai kesempatan terutama hal-hal yang berhubungan dengan tugas dan juga kinerja akan membuat karyawan bisa lebih terbuka dan bisa meningkatkan performa dirinya pada perusahaan tersebut. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, sebagai seorang bos juga bukan berarti harus menutup diri dan menganggap jika dirinya selalu benar. Tetapi, jika ada masukan dari karyawan tetap diterima dengan baik dan mau didengarkan. Tentu karyawan akan menjadi lebih merasa dihargai dan membuat tim bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

5. Memberi Hak Karyawan

Jika Anda ingin untuk karyawan bisa memberikan segala kemampuannya untuk diri Anda, maka yang Anda harus lakukan adalah dengan memberikan segala hak yang diinginkan oleh karyawan. Terutama soal jam kerja dan sistem kerja yang sesuai dengan SOP dalam kontrak perjanjian yang sudah dibuat. Berikan segala hal yang memang sudah menjadi perjanjian antara Anda dan karyawan. Dengan hal ini maka karyawan akan merasa dihormati dan justru membuat Anda bisa mendapatkan karyawan denganb baik.

6. Perhatikan Soal Gaji

Pentingnya lagi bagi seorang karyawan adalah mendapatkan upah dari setiap pekerjaan yang mereka berikan. Bekerja hanyalah untuk mencari upah yang seimbang dengan usaha yang mereka lakukan. Sebagai bos atau atasan yang baik pastikan jika gaji yang mereka terima itu pas dan cocok dengan apa yang mereka kerjakan. Jangan sampi antara gaji dan pekerjaan yang dilakukan tidak seimbang sehingga bisa membuat karyawan menjadi tidak bersemangat dalam bekerja. Selain itu, perhatikan juga waktu gajian. Usahakan jangan sampai molor karena masalah yang tidak jelas. Hal ini tentu akan membuat karyawan tidak nyaman dan bisa jadi tak betah bbekerja bersama Anda.

Menjadi seorang bos memang terlihat menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Namun, jika tidak dijaga dengan baik dengan menggunakan cara-cara yang baik maka malah justru akan membuat pekerjaan tersebut menjadi tidak baik untuk dilakukan. Menjadi bos yang baik dengan kriteria yang sesuai dengan harapan dari karyawan tentu akan menjadi satu nilai tambah untuk membuat Anda mendapatkan pekerja yang loyal terhadap Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top