Travelling

Tidak Usah Khawatir Kantong Jebol Saat Berlibur, Berikut Tips Liburan yang Murah

Siapa yang tak ingin liburan dengan biaya minim? Pasti banyak orang yang ingin mendapatkan liburan menyenangkan namun mengeluarkan biaya murah. Namun masalahnya kadang-kadang banyak yang bingung bagaimana upaya menyiasati liburan supaya tak perlu mengeluarkan banyak uang, tetapi liburan tetap berjalan riang. Nah, Anda tidak usah risau. Supaya anda terbantu, kami akan berikan berbagi tips liburan yang murah, yang tidak membuat kantong anda jebol:

tips liburan yang murah

Sponsor: kezia skin expert

  1. Cobalah Kunjungi Tempat Wisata di Hari Non Libur

Bukan tanpa alasan mengapa anda lebih baik berlibiur di hari non libur. Biasanya pada moment liburan orang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata. Sehingga bikin jalanan macet, membuat suasana liburan tidak nyaman. Di samping itu, harga tiket tempat rekreasi pun ikut melonjak. Karena harga tiket di hari libur lebih mahal dibandingkan dengan hari biasa. Jadi jika ingin berlibur tidak ada salahnya anda mencobanya pada hari biasa. Iya, ih kita harus izin dari tempat kerja untuk melaksanakannya. Tetapo Anda bisa liburan dengan suasana yang lebih tenang. Dan yang pasti bisa menghemat budget.

  1. Kalau Bisa Lebih Baik Menginap di Rumah Teman atau Saudara

Seperti yang kita ketahui bersama, jika menginap di Hotel membutuhkan biaya yang cukup banyak. Apalagi kalau anda menginginkan hotel bintang lima. Dapat dipastikan ini hanya akan membuat pengeluaran liburan akan semakin banyak/meningkat. Upaya menyiasatinya ialah dengan menginap di rumah saudara atau teman yang dekat dengan kawasan wisata. Dengan menginap di rumah saudara atau teman, anda tidak perlu mengeluarkan biaya hotel. Tapi pastikan anda mendapat ijin terlebih dahulu, ya. Anda harus meminta ijin menginap di jauh-jauh hari.

Atau barangkali anda tidak punya saudara/teman yang rumahnya berdekatan dengan kawasan wisata, alternative kedua yakni menyewa rumah penduduk. Terkadang terdapat rumah penduduk sekitar tempat wisata yang disewakan untuk wisatawan. Biasanya juga biaya lebih murah dibanding hotel

  1. Berlibur Bersama dengan Teman-Teman

Tips berlibur hemat selanjutnya adalah berlibur secara bersama/rombongan. Anda bisa mengajak teman, saudara, keluarga, atau kawan baru dari komunitas tertentu. Karena biasanya ada pihak penyelenggara tempat wisata atau pihak jasa travelling menawarkan paket liburan yang lebih murah sesuai dengan banyaknya peserta wisatawan. Meskipun begitu, cara ini dianggap kurang cocok bila Anda ingin liburan sendiri atau hanya dengan orang terdekat.

  1. Gunakan Strategi Tertentu dalam Memesanan Tiket Pesawat

Ssst. Sebenarnya banyak yang tidak tahu mengenai strategi ini. Pernahkan anda memperhatikan kalau memesan tiket pesawat di hari Selasa harganya lebih murah? Dilansir dari salah satu artikel bahwa memesan tiket pesawat pada hari selasa, harga tiket akan lebih murah dibanding hari biasanya.

Cara kedua adalah usahakan pesan tiket terpisah, kalau anda pergi dengan berombongan. Jangan memesan tiket secara kolektif. Seba kemungkinan mendapat harga promo jauh lebih besar. Selain itu, pesanlah tiket dari jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan, sebab itu bisa beda harga. Harga pesan tiket yang berjauhan dengan tanggal berangkan  lebih murah daripada membeli tiket beberapa hari sebelum berangkat.

  1. Memilih Paket Wisata

Memilih paket wisata bisa menajdi salah satu cara untuk menikmati liburan yang murah. Saat ini sudah banyak, kok jasa travel yang menawarkan paket wisata dengan harga terjangkau atau cukup murah. Misal paket wisata menuju kepulauan seribu dengan harga di bawah Rp1 juta. Dengan harga segitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya makan, biaya transport, biaya tiket masuk tempat wisata dan biaya menginap. Sebab seluruhnya sudah termasuk dalam paket wisata tersebut. Manfaat selainnya, anda tidak perlu repot-repot memesan tiket masuk wisata, mencari dan memesan penginapan, mencari transportasi, bahkan urusan makanan tak perlu cari-cari lagi. Anda hanya perlu pesan paket wisata, kemudian duduk dalam kendaraan, semuanya beres. Anda hanya perlu membandingkan paket wisata mana yang lebih murah dengan fasilitas yang lengkap.

  1. Tidak Ada Salahnya Anda Mengunjungi Tempat Wisata yang Baru Buka

Tidak ada salahnya anda mencari tempat wisata yang baru dibuka atau baru didirikan. Karena biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan selalu menawarkan harga murah. Bisa juga mereka menyediakan promo yang super murah. Beda sekali dengan tempat wisata yang telah terkenal. Mereka pasti akan menaikkan harga tiketnya saat dikenal banyak orang. Atau sewaktu liburan berlangsung. Anda tidak perlu ragu memanfaatkan peluang ini. Selain murah, anda akan tahu atau pernah mencoba tempat wisata yang baru dibuka.

  1. Makan di Tempat yang Murah

Saat anda berkunjung ke tempat rekreasi, satu hal yang jangan luput dari perhatian anda adalah biaya makan. Sebab harga makanan di rumah makan sekitar tempat wisata dapat dipastikan harganya selalu lebih mahal. Maka, untuk menyiasatinya, Anda bisa makan bekal dari rumah. Pun bisa dengan membeli jajanan kecil di toko swalayan seperti alfamart dan indomaret. Sebab tempat swalayan seperti itu memilki harga yang tetap, bahkan di kawasan wisata sekalipun. Anda juga perlu menghindari makan di restoran mewah. ketika berada di sana.

Ada lebih baiknya anda menjajal makanan lokal/khas dari daerah wisata tersebut. Anda bisa membelinya di luar tempat wisata. Biasanya ketika mengunjungi kota tertentu, di kota tersebut banyak tempat yang menjajakan makanan khas dengan harga masih terjangkau. Dengan begitu, selain kenyang, anda juga mendapat wawasan aru mengenai kuliner.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top