Motivation

Teknik Pomodoro, Cara Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

Teknik Pomodoro, Cara Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

Cara managemen waktu dengan teknik pomodoro sebenarnya merupakan sebuah hal yang cukup sulit dilakukan banyak orang. Padahal, apapun profesi dan pekerjaannya, mengatur waktu merupakan hal wajib dilakukan supaya pekerjaan lebih produktif. Dan salah satu teknik manajemen waktu adalah Pomodoro ini. Jadi, apa sebenarnya Pomodoro itu? Dan apa manfaatnya untuk kita?

cara managemen waktu dengan teknik pomodoro

Sponsor: halo jasa

Tentang teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro pertama kali ditemukan oleh seorang pengusaha sekaligus penulis, Francesco Cirillo. Teknik yang diawali pada 1992 ini berasal dari bahasa Italia yang artinya buah tomat. Ketika kuliah Cirillo mencoba menggunakan Timer Pomodoro untuk membagi waktu.

Pomodoro adalah sebuah metode yang mengatur manajemen waktu dengan cara membagi tugas kedalam blok waktu. Misal setiap blok waktu diisi dengan waktu 25 menit dan diantara setiap blok itu diberi jeda 5 menit untuk istirahat. Sedangkan untuk melewati 4 blok waktu, Anda bisa mengambil banyak waktu untuk beristirahat.

Teknik ini bermanfaat bagi mereka yang sulit berkonsentrasi saat melakukan pekerjaan. Misalnya bagi seorang pebisnis online yang banyak menghabiskan waktu di depan layar bisa kehilangan konsentrasinya sebab sering teralihkan oleh hal lain yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Jadi, teknik Pomodoro akan membantu melalui managemen waktu sehingga waktu kerja tidak terbuang sia-sia.

Keunikan menggunakan metode Pomodoro:

Teknik Pomodoro, Cara Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

1. Mampu Bekerja Sesuai Waktu

Banyak orang menganggap bahwa waktu itu musuh dalam selimut. Artinya, banyak pekerjaan dilakukan dengan memacu waktu sehingga pada akhirnya membuat kita merasa kewalahan yang akhirnya fokus pekerjaan terpecah. Padahal, inti dark tekni ini adalah bekerja sesuai waktu bukan malah bekerja melawan waktu. Pomodoro bisa disebut metode revolusioner sebab dalam prakteknya bisa tingkatkan produktifitas kerja.

Teknik Pomodoro, Cara Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

2. Mencegah Kepanikan Ketika Bekerja

Banyak yang merasa bahwa saat bekerja rasa panik kerap kali muncul sehingga membuat pekerjaan tak sesuai dengan batas waktu alias bekerja tidak tepat waktu, padahal bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu merupakan hal penting. Akibatnya, membuat pekerjaan lama dan terulur. Melalui teknik, Pomodoro Anda masih dapat bekerja dengan tepat waktu dan bebas masalah. Disamping itu, teknik ini masih tetap memberikan Anda waktu untuk berisitirahat sehingga tidak membuat energi terkuras habis dan pikiran menjadi stress karena bekerja ekstra.

Teknik Pomodoro, Cara Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

3. Mampu Mengelola Gangguan

Khusus bagi para pebisnis online tentunya sering dihadapkan dengan berbagai hambatan terlebih jika sudah difasilitasi gadget dan laptop. Gangguan bisa datang melalui perangkat tersebut misal tergoda melihat media sosial, menonton film, bermain pesan sehingga fokuspun terpecah. Tak hanya itu, ada pula berbagai gangguan tak terduga seperti suara berisik atau pekerjaan lain sehingga menyita waktu Anda saat bekerja. Jadi dengan teknik Pomodoro, segala gangguan bisa diolah dengan baik sesuai tingkatan prioritas.

Teknik Pomodoro, Cara Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

4. Pekerjaan dan Kehidupan Lebih Seimbang

Menunda pekerjaan adalah suatu kegiatan yang pernah dilakukan karena lebih memilih bersantai. Karena terlalu menikmati suasana santai akhirnya melupakan waktu menyelesaikan tugas. Akibatnya membuat pekerjaan tidak seimbang dan banyak tugas belum terselesaikan tepat waktu. Kalaupun tugas tersebut telah selesai, kadang masih banyak yang harus diperbaiki. Jadi melalui teknik Pomodoro Anda bisa membuat jadwal menjadi lebih efektif berkat teknik membagi waktu. Keunikan lain teknik ini yakni mampu melatih fokus pikiran saat bekerja sesuai dateline kerja yang ditentukan.

Teknik Pomodoro, Cara Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

Manfaat Menggunakan Teknik Pomodoro
Apapun profesinya, memakai metode Pomodoro pada dasarnya bisa membantu memenegemen waktu sehingga lebih produktif.  Terlebih mereka yang bekerja di belakang layar seperti para blogger, web master, pekerja kantoran dan pebisnis online. Pomodoro mampu membuat Anda bekerja lebih fokus sehingga hasil kerjanya lebih lancar. Teknik ini mampu menghilangkan kebiasaan melakukan multitasking yang mengganggu kerja utama. Pomodoro bisa membuat pekerjaan terselesaikan dengan mudah, membuat nyaman bekerka karena menghilangkan kebiasaan perfeksionis, tingkatkan semangat dan konsentrasi kerja, serta mengurangi stress karena dikejar deadline.

Cara Melakukan Teknik Pomodoro

 

cara managemen waktu dengan teknik pomodoro

Tak sulit menggunakan teknik Pomodoro kuncinya Anda hanya membagi waktu kedalam 4 blok sesi kerja dan setiap sesi kerja dilakukan selama 25 menit. Sementara setiap 25 menit Anda bisa mengambil waktu istirahat selama 5 menit saja. Setelah seluruh sesi blok selesai, saatnya Anda mengambil waktu lebih lama yakni 30 menit.

  • Langkah yang harus dilakukan dengan menyiapkan sebuah timer atau stopwatch. Jika ingin mudah bisa pakai aplikasi jam di smartphone Anda.
  • Langkah berikutnya adalah membuat seluruh daftar tugas yang akan dikerjaan. Tulis seluruh daftar tugas tersebut kedalam buku catatan atau kertas. Jangan lupa tulis daftar tugas menurut skala prioritas. Skala ini bisa Anda buat di hari sebelum waktu pengerjaan tugas.
  • Aturlah waktu selama 25 menit dan mulai kerjakan tugas menurut skala prioritas yang sudah ditentukan. Selalu ingat bahwa Anda harus fokus dengan pekerjaan yang sudah dibagi kedalam waktu 25 menit. Selama waktu itu usahakan tidak menggunakannya untuk melakukan pekerjaan lain.
  • Anda bisa ambil jeda istirahat saat timer berbunyi. Beriatirahatlah selama 5 menit saja dengan melakukan hal hal sederhana seperti makan camilan, minum atau melakukan peregangan.
  • Jika masa istirahat telah usai, lanjutkan kembali tugas Anda dan selesaikan hingga akhir. Jangan lupa beri tanda jika tugas telah selesai dikerjakan. Gunanya agar Anda tidak lupa dan bisa melanjutkan pekerjaan berikutnya.

Itu dia sekilas teknik managemen waktu yang bisa membantu pekerjaan Anda. Setelah memahami teknik Pomodoro ini, selanjutnya bisa menerapkannya. Teknik ini diyakini bisa membantu tingkatkan produktifitas kerja lebih baik dan lebih cepat. Untuk bisa menemukan berbagai teknik managemen waktu yang bermanfaat demi menunjang pekerjaan Anda, silahkan kunjungi Halo Jasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top