Career Tips

Tanda Perusahaan Tidak Menghargai Karyawan

Setiap karyawan pasti mendambakan kantor yang bagus, nyaman dan bisa menjadi cikal perubahan dalam hidupnya. Tetapi saat ini juga harus diakui jika ada banyak sekali perusahaan dengan berbagai tipe, budaya dan sistem kerja yang berbeda. Jenis perusahaan yang memang harus dihindari oleh seorang karyawan ketika mencari pekerjaan adalah perusahaan yang tidak bisa untuk menghargai karyawannya. Sebelum Anda menyesal harus terjebak di perusahaan dengan tipe tersebut, sebaiknya Anda juga harus bis dengan pintar melihat berbagai Tanda Perusahaan Tidak Menghargai Karyawan.

Tanda Perusahaan Tidak Menghargai Karyawan

Sponsored by: cream pemutih wajah

Bukan hanya untuk mendapatkan gaji, tetapi dalam bekerja seorang karyawan pasti juga ingin mendapatkan teman untuk bersosialisasi dan kesempatan untuk mendapatkan karir yang bagus. Tetapi, jika Anda sudah terjebak dalam sebuah perusahaan yang sama sekali tidak bisa menghargai karyawannya bisa jadi Anda malah hanya akan menyia-nyiakan waktu Anda yang berharga. Perasaan jengkel, tidak terima dan bahkan tak dihargai akan menjadi hal yang mengganggu untuk Anda. Oleh karena itulah, kenali berbagai tanda perusahaan yang tidak bisa menghargai karyawan berikut ini dan jika memang benar, lebih baik cari perusahaan yang bisa memperlakukan Anda lebih baik lagi.

1. Kerja Hingga Larut Malam

Di Indonesia sendiri idealnya waktu bekerja bagi seorang karyawan adalah 6 – 8 jam per harinya. Jika memang harus menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai maka jam selanjutnya akan dihitung sebagai jam lembur dan tentu hal ini wajar karena karyawan juga akan mendapatkan gaji tambahan. Tetapi, jikat ternyata perusahaan Anda menuntut Anda bekerja hingga larut malam bahkan saat dihari libur sekalipun maka Anda harus mempertimbangkan lagi apakah benar perusahaan ini akan menjadi tempat Anda seterusnya ataukah tidak. Perusahaan yang baik tentu akan bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku termasuk dari jam kerjanya untuk karyawan.

2. Informasi Baru Tak Pernah Anda Terima

Dalam satu perusahaan pasti akan selalu ada hal baru yang akan terus ter update. Baik itu yang berhubungan dengan peraturan perusahaan, pekerjaan ataupun proyek. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bisa membagikan segala informasi secara terbuka keseluruh karyawannya hingga karyawannya tau akan berita tersebut. Tetapi jika ternyata segala informasi tidak pernah Anda terima dengan baik maka sudah pasti perusahaan tersebut tidak bisa menghargai Anda sebagai seorang karyawan. Sebagai contoh misalnya ketika Anda harus mengerjakan satu proyek, Anda sudah mengerjakan sesuai dengan permintaan awal hingga bekerja dengan keras namun ternyata sampai di tanggal penyerahan proyek ternyata sebenarnya proyek tersebut sudah dipindahkan tangan ke orang lain. Tentu hal ini sudah menjadi tanda jika memang tidak ada sifat menghargai dari atasan.

3. Tak Menghargai Waktu

Waktu adalah uang. Hal tersebut memang benar dalam bisnis ataupun dalam pekerjaan. Tetapi ternyata, perusahaan Anda saat ini terlalu bermain-main dengan waktu. Anda bahkan tidak bisa mendapatkan hak waktu Anda dengan baik ketika bekerja dan malah justru perusahaan terlalu santai menggunakan waktu yang Anda miliki. Seperti contoh, dalam setiap pekerjaan Anda dituntut untuk selalu on time atau bahkan ketika Anda diberikan waktu 120 menit, 15 menit sebelum waktu habis Anda sudah diminta untuk mengumpulkan. Jika hal ini terjadi secara tidak sering tentu malah bagus untuk membuat Anda bisa lebih menghargai waktu. Namun bagaimana ketika ternyata perusahaan tersebut tidak bisa ontime ketika harus memberikan gaji, menarik pekerjaan ataupun lainnya? Perusahaan tersebut hanyalah perusahaan dengan tipe seenaknya sendiri yang memang harus Anda tinggalkan saat ini juga.

4. Tak Mengakui Kerja Keras Karyawan

Pengakuan dari perusahaan, sanjungan hingga bonus bisa menjadi salah satu pemicu bagus bagi karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut. Tetapi, ketika karyawan yang ada pada perusahaan tersebut terus memberikan hal yang terbaik dengan segala kemampuan yang dimilikinya tetapi tidak mendapatkan apa-apa bahkan hanya sekedar pengakuan pun tidak, sudah sangat jelas jika perusahaan tersebut sama sekali tidak menghargai karyawannya. Perusahaan besar karena adanya karyawan yang bagus dibaliknya, jika perusahaan juga tidak bisa menghargai tentu perusahaan tersebut tidak patut untuk dipertahankan.

5. Gaji dan Pekerjaan Tak Seimbang

Karyawan bukanlah mesin yang bisa diperintah sesuka hati tetapi tidak diberikan imbalan yang sesuai. Karyawan bekerja untuk mencari uang demi hidupnya dan mungkin keluarganya. Pihak perusahaan juga harus memperhatikan akan hal tersebut dengan memberikan imbalan berupa gaji yang seimbang. Namun, jika perusahaan Anda saat ini ternyata tidak bisa memberikan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan karyawannya maka perusahaan tersebut tak seharusnya melakukan recruitment dan lebih baik melakukan segalanya sendiri. Pekerjaan yang menguras tenaga dan juga pikiran sangat pantas untuk mendapatkan gaji dan imbalan yang pantas dengan usahanya tersebut.

6. Tak Ada Ruang untuk Berkembang

Perusahaan yang tidak memberikan kesempatan untuk karyawannya mengembangkan karirnya, berarti perusahaan tersebut menutup kesempatan supaya karyawannya menjadi lebih baik. Justru seharunya karyawan yang ada diperusahaan tersebut diberikan pelatihan untuk membuat pekerjaannya menjadi bagus dan bukan menutup akses untuknya berkembang. Jika Anda hanya terus terhenti di perusahaan tersebut maka Anda tak akan bisa berkembang menjadi orang yang lebih berhasil lagi.

Sebagai seorang karyawan memang sudah patutnya untuk patuh terhadap peraturan yang dimiliki oleh perusahaan. Tetapi, ketika peraturan yang ada malah justru tidak bisa memanusiakan karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut maka sudah seharusnya bagi Anda untuk mencari pekerjaan yang lain. Masih banyak perusahaan yang bisa memperlakukan karyawannya dengan lebih baik sehingga Anda bisa terus berkembang dan mendapatkan pekerjaan terbaik untuk karir Anda.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top