Parenting Info

Tanda Kontraksi Akan Melahirkan

Bagi ibu hamil, saat-saat akan melahirkan menjadi satu peristiwa yang sangat ditunggu dan dinanti pastinya. Kontraksi yang terjadi bahkan sudah sangat sering untuk diartikan sebagai tanda jika akan segera melahirkan. Perasaan was-was dibarengi dengan perasaan bahagia karena akan hadirnya sikecil dalam keluarga anda. Bahkan, saking antusias dan dinantinya si buah hati, berbagai aktivitas buah hati pada perut pun dirasakan sebagai kontraksi akan menuju kelahiran. Oleh karena itulah, demi mendapatkan proses kelahiran yang lebih baik dan penuh dengan persiapan yang baik maka anda membutuhkan persiapan dan juga kesiapan yang mantang untuk menyambut si buah hati.

Sponsored by: perawatan wajah

tanda-kontraksi-akan-melahirkan

Proses kelahiran merupakan satu proses yang panjang dan sangat melelahkan dan memerlukan persiapan yang sangat mantang. Anda bisa mulai mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan mengetahui tentang tahapan ataupun tanda-tanda apakah kontraksi yang anda alami tersebut termasuk menjadi tanda melahirkan ataukah tidak. Hal ini tentu perlu untuk dipersiapkan dan diketahui tentang Tanda Kontraksi Akan melahirkan, sebab tidak mesti tanda pada setiap ibu hamil bisa sama. Oleh karena itulah, dengan lebih peka dan bisa mengetahui tanda-tanda ini tentu akan membuat anda lebih siap dalam persalinan. Anda bisa melihat dari segi fisik ataupun tanda lainnya yang bisa saja muncul dalam waktu seminggu ataupun beberapa hari sebelum persalinan.

1. Sakit Punggung

Saat mulai merasakan rasa nyeri dan sakit pada punggung bisa menjadi salah satu tanda jika memang akan segera mengalami kontraksi untuk melahirkan. Meskipun biasanya memang punggung sudah mengalami rasa sakit, namun sakit kali ini menjadi rasa sakit yang terus menerus berulang dan bahkan hampir setiap hari. Tanda ini bisanya terjadi pada beberapa hari sebelum proses persalinan. Rasa sakit  punggung ini nantinya kemudian akan diikuti dengan pecah ketuban yang juga akan menjadi salah satu tanda jika akan segera terjadi persalinan. Oleh karena itu, jika mama sudah mengalami sakit punggung secara terus menerus maka sudah bisa menjadi salah satu tanda jika memang bayi memberikan sinyal untuk segera lahir.

2. Kontraksi Palsu

Sebelum merasakan kontraksi yang sebenarnya, ada beberapa kontraksi yang merupakan kontraksi palsu dari kelahiran. Kontraksi palsu ini juga sering disebut dengan kontraksi Braxton Hicks atau juga disebut dengan peristiwa pengencangan perut. Rasa yang satu ini menjadi rasa diperut yang datang dan pergi begitu saja dan bisanya rasa mengencang pada perut merupakan perasaan yang tidak terlalu kencang atau tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu kuat seperti dengan kontraksi yang asli. Kontaksi ini hanya berlaku selama kurang lebih 30 hingga 120 detik saja dan kemudian menghilang. Hal inilah yang menjadi pembeda dengan kontraksi asli yang merupakan kontraksi tanda jika memang bayi sudah menunjukan waktunya untuk ia hadir di dunia ini. Kontraksi asli akan lebih terasa lebih lama dan juga rasa kontraksi akan terasa hingga pada bagian bawah punggung hingga bagian perut pada bagian depan.

3. Rahim Menjadi Lebih Kencang

Saat bayi sudah mulai begerak dan mulai terdorong pada bagian bawah perut akan terasa cengkraman yang begitu terasa pada bagian rahim. Otot rahim akan terasa menjadi lebih keras dan otot rahi juga akan lebih mengeras. Dengan adanya reaksi dari otot yang satu ini membuat bayi bisa terdorong dan membuat bayi siap untuk terlahir di dunia. Tanda yang paling nyata dengan salah satu tanda kontraksi ini adlaah adanya rasa yang tidak nyaman pada bagian area perut terutama pada bagian bawah ataupun samping kiri dan kanan pada perut.

4. Bentuk Serviks yang Berubah

Serviks juga memiliki tampilan yang berubah seiring dengan kondisi serviks dan kelairan yang berubah pula. Pada bagian serviks akan menjadi lebih melunak dan membuatnya tampil menjadi lebih elastic. Serviks akan menjadi bagian yang mudah untuk menjadi lebar jika anda merupakan orang yang penah melahirkan, namun jika tidak diperlukan penyesuaian terhadap serviks dan tubuh terlebih dahulu. Yang harus anda perhatikan jika anda sedang mengalami kelahiran yang pertama dalah serviks yang membesar hingga dengan satu sentimeter belum bisa menajdi tnada jika anda memang akan egera untuk melahirkan.

5. Kontraksi Seperti Menahan Kentut dan Buang Air Besar

Kkontraksi yang suda menjadi kontraksi yang sring dirasakan oleh mama yang akan segera melahirkan adalah adnaya kontrasi seperti ingin melakukan buang air besar ataupun kentut. Kontraksi ini seperti anda sedang kebelet buang air besar dan kentut namun tidak juga reda dan terus menerus terasa. Jika hal ini sudah terjadi, maka anda perlu bersiap-siap untuk segera mendapatkan kehadiran dari buah hati.

6. Kontraksi yang Kuat dan Tendangan Bayi yang Keras

Kontraksi juga akan terus terjadi apalagi jika anda sudah mengalami dan memasuki semester akhir dalam kehamilan. Ditambah lagi bayi dalam kandungan seperti tidak berhenti untuk terus melakukan aktivitas seperti menendang bagian rahim. Jika hal ini sudah terasa, sebaiknya untuk selalu menyiapkan peralatan bayi yang akan dibawa untuk persalinan.

Kontraksi memang menjadi salah satu cirri bagi seorang mama yang akan segera melahirkan. Dengan mengetahui tanda kontraksi yang benar maka anda bisa mendapatkan situasi melahirkan yang lebih baik dan juga lebih siap dalam menyambut si buah hati. Proses persalinan akan jauh menjadi lebih lancar dan terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan dengan persiapan yang matang seperti halnya diatas.

Baca juga: Efek Buruk Membandingkan Anak

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top