Manfaat Tanaman

Tanaman Yang Menghangatkan Untuk Musim Hujan

Pada saat musim hujan cuaca yang menyertai dengan hujan adalah dingin sehingga tidak jarang banyak menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dapat menyerang. Berbagai masalah kesehatan seperti flu, masuk angin, batuk pilek merupakan berbagai jenis penyakit yang sangat akrab dengan musim hujan. Untuk mengatasi rasa dingin yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada saat musim hujan ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, salah satunya dengan mengkonsumsi jenis-jenis tanaman yang dapat menghangatkan tubuh. Beberapa jenis tanaman menghangatkan untuk musim hujan adalah sebagai berikut;

Sponsor: cream pemutih wajah

  • Jahe

Tanaman Yang Menghangatkan Untuk Musim Hujan

Jenis tanaman pertama yang bermanfaat untuk menghangatkan badan pada saat musim hujan adalah jahe. Sudah tidak dipungkiri lagi jika jahe sangat berguna sebagai obat penghangat badan yang sudah diterapkan sejak zaman dahulu kala. Salah satu jenis tanaman rimpang-rimpangan ini mengandung senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan badan terutama sebagai tanaman yang menghangatkan badan. Jahe banyak dikonsumsi sebagai minuman pada musim hujan atau lebih sering disebut wedang jahe. Cara penyajiannya cukup mudah yaitu jahe ditumbuk lalu dicampur dengan madu atau gula sebagai pemanis dan menyeduhnya dengan air panas. Wedang jahe bukan hanya sebagai penghangat badan saja akan tetapi juga mempunyai banyak manfaat bagai kesehatan badan Anda.

  • Pala

Tanaman Yang Menghangatkan Untuk Musim Hujan

Jenis tanaman penghangat badan yang selanjutnya adalah pala. Pala merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur agar masakan yang diberi campuran pala menjadi lebih lezat. Pala terkenal dengan rasanya yang pedas dan rasa pedas yang terkandung dalam tanaman pala tersebut juga berkasiat sebagai penghangat badan. Senyawa kimia yang terkandung dalam buah pala bukan hanya bermanfaat untuk penghangat badan akan tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan badan.  Untuk itu jika musim dingin atau musim penghujan sedang melanda ada baiknya Anda mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang banyak mengandung bumbu pala di dalamnya agar badan tetap selalu hangat dan juga sehat.

Cara menikmati pala yang asyik saat mudim hujan yakni dengan wedang pala. Minuman ini bisa disajikan dengan campuran apapu sesuai selera. Cara menyajikan pala adalah dengan menyiapkan pala segar atau lebih mudahnya menggunakan manisan pala basah 175 gr siap pakai, air 1.5 liter, gula pasir 200 gram dan gula batu 1 butir. Cara membuatnya yakni dengan merebus air bersama bunga pala, tambahkan gula pasir dan gula batu. Aduk sedikit dan tunggu airnya mendidih. Jika aroma sudah tercium angkat dan saring airnya. Rebus kembali air pala tadi diatas api kecil saja hingga tersisa satu gelas. Angkat, tuangkan rebusan pala dalam gelas, tunggu hingga sedikit dingin dan bisa langsung disajikan

  • Kapulaga

Tanaman Yang Menghangatkan Untuk Musim Hujan

Kapulaga juga merupakan salah satu jenis tanaman yang berguna untuk menghangatkan badan. Sama halnya dengan pala, kapulaga juga termasuk salah satu jenis bumbu-bumbu dapur yang sangat sering dipergunakan untuk memasak. Senyawa kimia yang terdapat dalam tanaman kapulaga ini seperti terpineol, alfaboneol, dan betakamper bukan hanya memberikan rasa hangat bagi badan akan tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan badan. Kapulaga juga mengandung senyawa cineol alami yang mampu meningkatkan suhu tubuh jadi sangat pas untuk mereka yang ingin menikmati sajian di musim hujan. Berbagai masalah kesehatan seperti demam dan batuk mudah untuk diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung bumbu tanaman kapulaga ini secara rutin.

Kapulaga bisa disajikan dalam resep minuman berbagi bentuk sesuai selera. Ada bisa mencampurnya dengan kayu manis, madu, atau susu untuk memberi rasa paling nikmat. Salah satu cara mudah meracik kapulaga yakni dengan menyiapkan bahan berupa 6 buah kapulaga dengan bahan lai yakni 4 butir cengkeh, 30 gram jahe bakar dan memarkan, lalu 6 cm kayu manis, 1 gram secang, kurang lebih 1 liter air, tambahkan 150 gram gula pasir dan 2 sdm madu. Cara membuat rebus kapulaga, dan semua bahan di atas api kecil hingga muncul aromanya. Saring lalu didihkan bersama gula hingga larut dan angat. Wedang cengkeh kapulaga siap disajikan dan dinikmati bersama madu.

  • Serai

Tanaman Yang Menghangatkan Untuk Musim Hujan

Jenis tanaman yang berguna untuk menghangatkan badan yang terakhir adalah serai. Serai merupakan jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dalam pembuatan gulai atau masakan lainnya. Aroma kuat yang terdapat pada daun dan bantang serai akan membuat makanan menjadi lebih menggoda selera serta lezat tentunya. Serai juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dipergunakan sebagai penghangat badan pada musim penghujan. Jika musim hujan atau musim dingin sedang melanda tidak ada salahnya Anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung rempah-rempah serta serai sebagai bumbunya agar badan tetap terasa hangat dan terjaga kesehatannya.

Selain nikmat dijadikan bumbu yang menghangatkan, minyak serai adalah minyak atsiri didapat dengan proses penyulingan. Biasanya minyak serai sering digunakan sebagai pengusir nyamuk, atau sebagai obat gosok. Kandungan serai alami yakni sitronela, dimana kandungan ini sama sekali tidak disukai oleh nyamuk. Tips mengkonsumsi serai bisa dibuat sebagai minuman atau istilahnya wedang. Bahan yang harus dipersiapkan antara lain 4 batang sereh segar, 4 sdm gula pasir dan air secukupnya. Cara membuatnya dengan membersihkan batang serai lalu memarkan. Siapkan panci diatas tungku, masukkan air secukupnya dan masak hingga mendidih. Tahap selanjutnya adalah masukkan serai dan gula pasir, tutup kembali panci dan tunggu hingga matang. Angkat, tiriskan, diamkan dan minum selagi masih hangat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top