Manfaat Tanaman

Tanaman Penurun Kadar Asam Urat

Menderita asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup serius. Hal ini dikarenakan jika asam urat menyerang, maka Anda akan merasa nyeri yang luar biasa pada bagian persendian yang tentu saja akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Masalah asam urat disebabkan oleh produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Produksi yang berlebihan ini dipicu oleh beberapa hal, seperti makanan-makanan manis yang dikonsumsi terlalu banyak, konsumsi makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi yang terlalu sering, dan lainnya. Nah, untuk tindakan pencegahan secara alami, Anda bisa memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar Anda. Ada beberapa tanaman penurun kadar asam urat yang bisa Anda temukan di sekitar rumah Anda dan memanfaatkannya sebagai salah satu obat alami. Nah, simak beragam ulasan berikut terkait pencegahan asam urat dengan cara yang alami.

Tanaman Penurun Kadar Asam Urat .2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Sidaguri

Jenis tanaman pertama yang bisa diandalkan untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh adalah sudaguri. Tanaman ini disebut juga dengan sida rhombifolia. Sidaguri adalah tanaman sejenis perdu liar yang dapat tumbuh dengan sangat subur di daerah yang beriklim tropis, seperti di Indonesia.  Namun, tanaman ini akan tumbuh dengan lebih baik di dataran tinggi dengan ketinggian di atas 1400 meter. Tanaman ini nyatanya sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat alami untuk asam urat. Di dalam tanaman ini terdapat beragam jenis senyawa yang bisa mencegah terjadinya asam urat dan juga rheumatic, seperti alkaloid, tanin, saponin, dan lainnya. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa merebus bunga dari tanaman ini dengan air dan mengkonsumsi air rebusannya minimal 2 kali sehari selama 14 hari.

  1. Daun salam

Tentu Anda sudah cukup familiar dengan daun yang satu ini bukan? Daun salam adalah daun yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak. Nah, siapa sangka ternyata daun ini dapat diandalkan sebagai salah satu obat asam urat yang sangat manjur. Hal ini dikarenakan dalam daun salam terdapat minyak asiri, tanin dan juga flavonoid yang bisa diandalkan untuk menghilangkan rasa nyeri yang timbul di dalam tubuh karena asam urat. Selain itu, daun salam juga bisa diandalkan untuk meredakan beragam gangguan lain, seperti kolesterol tinggi, kencing manis, rematik, dan lainnya. Cara pencegahan asam urat dengan daun salam pun juga cukup mudah. Rebus 7 lembar daun salam dengan 2 gelas air putih. Minum air rebusannya setiap pagi dan sore hari.

  1. Sambiloto

Tanaman lain yang bisa diandalkan untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh yang menyebabkan nyeri sendi adalah sambiloto. Tanaman ini berasal dari India dan sudah mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Nah, tanaman yang tumbuh dengan cepat dan tidak memerlukan penanganan khusus ini memiliki kemampuan yang sangat baik sebagai anti radang, analgetik, dan juga penghilang rasa nyeri pada sendi. Khasiat yang dimiliki oleh tanaman sambiloto ini diperoleh dari beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti lactone, flavonoid, keton, alkane, dan mineral. Hampir semua bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk obat. Nah, jika Anda ingin menggunakan tanaman ini untuk mengobati asam urat, cukup rebus daun sambiloto dan tambahkan sedikit madu. Konsumsi air rebusan ini setidaknya dua kali setiap hari.

  1. Temulawak

Rimpang yang satu ini adalah salah satu herbal terbaik yang biasanya digunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Di samping bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, temulawak juga dapat diandalkan sebagai salah satu obat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Nah, bagi Anda yang sering terkena asam urat dan nyeri yang tidak tertahankan, maka menggunakan temulawak sebagai obat adalah hal yang tepat. Untuk membuat temulawak sebagai obat asam urat, kupas temulawak lalu parut hingga lembut. Peras parutan temulawak dan campurkan dengan sedikit madu. Konsumsi perasan temulawak dan madu ini secara teratur minimal 2 kali sehari setiap pagi dan juga sore.

  1. Kumis kucing

Tanaman terakhir yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah dan gejala asam urat yang mengganggu adalah kumis kucing. Kumis kucing merupakan salah satu tanaman pereda nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat dengan sangat efektif dan mujarab. Kumis kucing selain mampu meredakan nyeri dengan cukup cepat juga dilengkapi dengan kemampuan anti bacterial yang juga cukup efektif. Anda tidak perlu bingung untuk mencari tanaman ini karena kumis kucing termasuk mudah untuk ditemukan. Nah, untuk menggunakannya sebagai obat, Anda bisa merebus kumis kucing, jahe, dan madu pada air yang mendidih. Minum rebusan ini dua kali sehari.

Dengan beberapa tanaman di atas, asam urat tidak lagi akan menjadi penyakit yang menakutkan yang akan mengganggu Anda. Selain itu, tindakan pencegahan dengan bahan alami merupakan salah satu hal yang menguntungkan karena tanaman alami tidak memiliki efek samping yang merugikan bagi tubuh. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh sebab itu, bila di pekarang rumah ada banyak lahan yang belum terisi tanaman, tidak ada salahnya memilih tanaman-tanaman di atas sebagai tanaman pilihan untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit asam urat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top